Bermain Di Sungai

pexels.com

Memiliki tempat tinggal yang disekitarnya masih dipenuhi suasana alam, seperti banyak pepohonan, persawahan, sungai, atau kali.tentu merupakan hal yang menyenangkan, apalagi bagi anak-anak, mereka bisa asik bermain. Sungai salahsatu tempat yang menarik untuk bermain, tidak hanya untuk berenang dan mencari ikan saja, tetapi sungai juga bisa menjadi tempat yang menarik.

Dan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman masa kecil, kegiatan yang saya lakukan bersama teman-teman disungai.

 

www.pexels.com

Perjalanan

Sebelum menuju ke sungai kegiatan yang pertama kami lakukan, adalah menuju sungai itu sendiri. Hehe yaa… Perjalan yang kira-kira memakan waktu 10 menitan ini kami tempuh hanya dengan berjalan kaki. Walaupun kondisi jalan berbatuan, licin, yang cukup berbahaya, tetap kami lalui dengan canda tawa.

Tidak jarang juga kami menemui binatang berbahaya seperti ular, serangga-serangga, biawak dan binatang ternak. Dengan gagah berani kami hadapi itu semua tanpa rasa takut sedikitpun. Tapi kalau takut ya kami hindari saja hehehe.

 

pexels.com

Mandi Dan Berenang

Kegiatan yang pertama dan paling sering kami lakukan kalau di sungai, ya tentu saja mandi atau berenang. Tapi itu terjadi kalau kondisi air sungainya tidak terlalu besar ya, ya kalau lagi besar airnya lebih baik jangan berenang. Hehe bisa bahaya juga soalnya.

Awal mula saya bisa berenang itupun belajarnya ya di sungai, di bimbing sama teman dan akhirnya dengan beberapa kali percobaan saya pun bisa. Jadi yang mau atau belajar berenang gratisan, bisa nih belajar disungai. Tapi kalau dirumah ada kolam renang, ya lebih baik dirumah ajalah. Hehe

 

Tribun Jabar – Tribunnews.com

Membuat Rakit

Bermain disungai akan lebih menyenangkan lagi kalau ditambah dengan rakit. Ya saya dan teman-teman membuat rakit yang sederhana menggunakan batang pohon pisang atau batang pohon bambu, diikat dengan tali agar kuat saat dinaiki.

Setelah rakitnya selesai dibuat, lalu dipakai mengalun dari tepi sungai yang saya jumpai kadang-kadang sampai lebih dari 1 KM saya dan teman-teman diatas rakit itu. Perjalan itu juga tidak selalu mulus, kadang-kadang bebatuan besarpun kami lewati. Hehe sudah seperti arung jeram saja ya. Hehe

 

www.pexels.com

Memancing Dan Mencari Ikan

Salahsatu kegiatan favorit saya jika bermain ke sungai, adalah memancing ikan. Dengan pancing yang sederhana juga, ikan bisa dengan mudah kami dapatkan. Tapi ikan yang tidak terlalu besar ya. Hehe dan pancingnya pun kadang-kadang kami buat sendiri dengan batang bambu saja.

Dengan umpan menggunakan cacing saja ikan-ikan sudah pada tertarik. Apalagi dengan semangkok baso kali ya haha. Ya pokoknya mamancing ikan itu salah satu kegiatan yang mengasikkan jika saya dan teman-teman berada disungai.

Tapi saya pernah mengalami kejadian, pada saat saya bermain disungai, saya melihat ikan-ikan dan binatang yang ada disungai itu pada kedasar air. Tenyata menurut teman saya kenapa bisa seperti itu, ada orang yang sengaja memakai obat agar ikan dan lainnya pada hilang kesadaran.

Waduh.. jangan ditiru ya kalau hal kaya gini. Kita sebagai sesama makhluk ciptaan tuhan itu jangan saling menyakiti, ya walaupun saya suka dengan ikan tapi saya tidak suka mencari ikan dengan cara seperti itu.

 

Informasi-wisata.com

Makan Di Tepi Sungai

Makan ditepi sungai?? Suatu hal yang bisa kita lakukan juga nih kalau main disungai. Dengan ikan hasil mancing disungai pasti akan lebih mengasikkan lagi kalau ikan tersebut dibakar dan dimakan ditempat yang sama. Hehehe.

Dengan bahan-bahan seadanya, membuat ikan bakarpun kami lakukan. Tak sangka rasanya pun tetap nikmat, mungkin karena kami menikamatinya bersama-sama kali ya. Hehe. Ya apapun yang kita makan, halal dan menyehatkan itu harus kita syukuri. Karena itu bagian dari nikmat Allah yang harus disyukuri.

Dengan pemandangan sekitaran sungai, suasana alamnya tuh dapet banget dah. Hehe. Pasti jadi kenangan yang tidak mudah buat dilupain juga. Lebih menyenangkan lagi kalau makannya bersama-sama. Dengan menu makanan yang sederhana dan hanya menggunakan alas dari daun pisang, itu menambah nikmatnya makan ditepi sungai.

 

life.viva.co.id

Adu Kuat Menyelam

Adu ketahanan nafas didalam air. Hehe bagi kamu yang ingin melatih pernafasan didalam air, bisa nih dengan cara ini. Karena dilakukan bersama teman, jadi agak termotivasi juga ingin lebih tahan lama didalam air.

Selain berenang, menyelam juga menjadi kegiatan yang bisa kita lakukan disungai. Bisa juga dengan membuat perlombaan mengambil batu didalam air atau sejenisnya. Tidak jarang saya sedikit menyelam pada saat mencari ikan. Hehe. Tapi belum kuat lama-lama menyelamnya. Hehe

Tapi menyelam ini harus bisa dilakukan dibarengi dengan berenang ya, kalau tidak bisa berenang lebih baik jangan menyelam. Hehe bisa-bisa tidak muncul lagi nanti ke permukaan air.

 

pexels.com

Terjun Bebas Bari Tebing Sungai

Wow.. untuk kegiatan ini pernah juga saya lakukan, tapi bukan tebing yang terlalu tinggi juga ya. Dan untuk melakukan ini juga kita harus milih lokasi sungai yang memiliki kedalaman lebih ya. Karena saat terjun bebas dan menyentuh permukaan air, tubuh kita akan menyentuh dengan cepat dan kuat.

Tapi buat kamu yang tidak suka lompat-lompatan ditebing sungai atau tidak memiliki keberanian untuk melakukan hal ini, ya saran saya sih jangan melakukannya. Karena dalam hal melakukan ini, saat mau melompat kita tuh harus yakin bahwa kita bisa melakukannya, dan pastinya tempatnya juga aman.

Dulu pernah juga saya saat main kerumah teman, dan main disungai dekat rumahnya. Ada tebing sungainya tuh tinggi banget, jujur saja saya tidak berani untuk meniru teman saya itu untuk lompat dari tebing tersebut. Ya mungkin karena saya juga belum terbiasa mandi dan berenang disungai tersebut, menjadikan saya mengurungkan niat saya untuk lompat dari tebing itu.

 

Secoret Kertas – WordPress.com

Bermain Perahu-perahuan

Permain ini juga tentunya bisa kita lakukan disungai, dengan membuatnya menggunakan kertas atau daun pohon bambu, kita sudah bisa memainkannya. Sangat sederhana tapi tidak kalah mengasikkan ya.

Kadang-kadang saya dan teman-teman juga mengadakan perlombaan dengan ini. Dengan arus sungai yang sama kami berlomba, perahu siapakah yang lebih cepat. Hehe

Membuat perahu-perahuan ini tidak perlu kemampuan khusus ya, dan tidak harus bersekolah lama-lama. Hehe siapapun bisa membuatnya, kecuali bayi ya. Hehe bagi yang belum bisa, hanya dengan melihat dan menirunya saja, sudah pasti bisa membuatnya.

Nah itu dia kegiatan yang saya lakukan disungai bersama teman-teman, tapi dimanapun kamu bermain usahakan tetap berhati-hati ya, dan jangan lupa izin sama orang tua kalau tempat bermainnya itu terlalu jauh dari lokasi rumah. Ya agar orang tua itu tau dan selalu mendo’akan untuk keselamatan anaknya, dimana anaknya berada.

Sekian dulu ya untuk artikel ini hehe.. terima kasih banyak loh sudah mau menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.

 

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: