7+ Beragam Budaya Betawi Dengan Keunikannya yang Dapat Kamu Ketahui

Budaya Betawi – Suku betawi ialah sebutan dari orang asli yang menghuni jakarta sejak lama. Sama halnya dengan suku yang lainnya, tentu kebudayaan harus tetap dilestarikan.

Suku betawi memiliki banyak sekali kebudayaan yang baik unutk menunjang dalam masyarakat.

Sebagai mayarakat tentu harus mempelajari wawasan terkait dengan kebudayaan dari suku betawi. Tidak jarang, dalam setiap suku memiliki kebudayaanya masing-masing. Berbagai kesenian tradisional betawi tentu dapat berkembang lebih baik lagi. Tertarik untuk mengetahui budaya betawi asli?

Simak ulasan lebih lengkapnya mengenai beragam budaya betawi.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa terdapat hasil kebudayaan dari hasil silang. Hal ini dikarenakan penduduk di daerah jakarta sendiri bermacam-macam.

Sebagai jantung pemerintahan, Jakarta memiliki peran yang penting dalam perekonomian. Karena itulah, banyak masyarakat yang mencoba mengadu nasib di jakarta dan cukup berpengaruh dalam kebudayaan. Orang betawi tetap memiliki kebudayaan dari turun temurun maupun hasil silang.

Masyarakat betawi terus mengembangkan kebudayaan agar dapat diturunkan. Kami akan memberikan ulasan lengkap terkait ragam budaya betawi.

Daftar Lengkap Budaya Betawi Yang Perlu Di Ketahui

Berbagai macam kebudayaan dari daerah betawi dapat anda ketahui. Dengan memahami kebudayaan yang ada, tentu akan baik dalam menghormati dan saling toleransi.

Berikut ulasan lebih lengkapnya macam macam kebudayaan betawi.

  1. Bahasa yang Digunakan

Budaya Betawi dalam bahasa

Budaya yang ada termasuk pada bahasa untuk digunakan dalam sehari-hari. Pentingnya komunikasi menjadi bekal dalam membuat masyarakat lebih baik.

Bahasa Suku betawi sendiri yaitu bahasa betawi untuk berkomunikasi antar sesama sukunya.

Meskipun menggunakan bahasa melayu, dialek yang digunakan masih berdasarkan melayu jakarta. Unsur kebudayaan bahasa sendiri masih tetap digunakan oleh masyarakat sekitar. Kebudayaan asing yang datang tidak menjadi masalah dalam berbahasa.

Orang betawi tetap menggunakan bahasa betawi dalam aktivitasnya.

Dialek dari bahasa betawi sendiri tidak terlalu membingungkan. Hanya terdapat perbedaan pada huruf baca “ e” menjadi “ a”.

Hal ini biasa dan merupakan kebiasaan orang betawi dalam kesehariannya.

Untuk berbahasa dengan orang luar betawi sendiri dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai pilihan terbaik bahasa utama.

  1. Kesenian Betawi

kesenian betawi

Keterkaitan budaya betawi dengan kesenian tentu sangat terikat. Adanya kesenian timbul dari budaya yang sudah dimiliki sejak lama.

Termasuk dalam kesenian yang biasa ditampilkan oleh masyarakat betawi.

Kesenian ini sebagai wujud melakukan kebudayaan yang harus tetap dilestarikan. Banyak kesenian dalam budaya daerah betawi sebagai berikut :

  • Tari Cokek
tari cokek
IndonesiaKaya.com

Masyarakat betawi tentu memahami betul kesenian tari cokek. Banyak yang mengatakan bahwa kesenian ini hampir saja punah.

Namun, saat ini sudah mulai banyak yang memainkan tarian ini.

Dengan pakaian yang unik serta warna-warni semakin menarik untuk dilihat. Alunan musik gambang kromong turur menemani iringan dari tari cokek.

  • Lenong
lenong betawi
infobudayaindonesia.com

Teater sudah ada sejak lama dan menjadi hiburan bagi masyrakat jaman dahulu.

Di betawi sendiri, terdapat teater tradisional ang biasa disebut dengan lenong. Teater ini menggunakan bahasa betawi sebagai dialognya.

Lenong sendiri biasa diiringi dengan gendang, gambang, kromong, gong dan sebagainya. Banyak pesan moral yang diberikan dari budaya tersebut.

Sampai saat ini, masyarakat kerap mengadakan lenong di acara acara hiburan tradisional.

  • Ondel-ondel
ondel-ondel
metrobali.com

Pernah mendengar iringan lagu “ yuk kita nonton ondel-ondel”. Ondel-ondel merupakan salah satu kesenian khas betawi yang masih dilestarikan. Bonek dengan ukuran raksasa ini mencapai 2,5 meter.

Pada jaman dahulu, ondel-ondel kerap disebut sebagai pelindung bagi anak-anak maupun desa.

Untuk saat ini, kesenian ondel-ondel sendiri lebih condong ke arah hiburan. Pada berbagai macam acara tradisional, boneka ini kerap tampil termasuk pada pagelaran ulang tahun kota Jakarta.

  • Wayang Kulit Betawi
Wayang Kulit Betawi
arcomsoekarno.blogspot.com

Tidak hanya tarian maupun teater, ternyata masyarakat betawi memili kebudayaan berupa wayang kulit.

Perkembangan dari wayang kulit di daerah betawi sendiri berjalan dengan cukup cepat. Untuk dialek yang digunakan memang menggunakan bahasa betawi.

Namun jangan khawatir, bagi anda yang merupakan masyarakat Indonesia masih dapat memahami bahasa yang digunakan.

  • Silat Betawi
silat betawi
dodykusuma.com

Pencak silat, ternyata saat ini sudah diikut sertakan dalam pagelaran Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Hal ini tentu menjadi kemajuan untuk mengenalkan kesenian dari Indonesia.

Silat menjadi bela diri yang sudah dilakukan secara turun temurun sejak dahulu dan selalu diteruskan. Sampai sekarang, kebudayaan ini terus diajarkan sejak dini oleh masyarakat betawi.

  1. Perilaku Sehari-hari

perilaku sehari hari

Sebagai manusia, alangkah baiknya untuk dapat memahami perilaku yang baik.

Tidak lupa untuk selalu senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Karena itu, dalam menjalani aktivitas sehari-hari harus dilakukan dengan baik.

Masyarkat betawi dikenal sopan dalam melakukan dan santun dalam berbicara.

Komunikasi yang baik dengan tutur kata santun tentu diperlukan. Karena itu, kebudayaan seperti ini alangkah lebih baiknya untuk dapat dilestarikan.

Menjungjung tinggi normal dan nilai-nilai kehidupan yang baik sangatlah diperlukan. Dengan begitu, akan terdapat hasil dari timbal balik perlakuan tersebut.

Tentu, masyarakat harus dapat menggunakan nilai kehidupan yang baik.

Perilaku dalam menjalani kehidupan masyarakat betawi harus sesuai. Aturan agama yang sudah dikenalkan harus dipelajari dengan baik. Kebiasaan masyarakat betawi dalam berperilaku sangatlah baik.

  1. Rumah Adat

rumah adat betawi

Setiap masyarakat tentu membutuhkan hunian dalam kehidupannya. Kebudayaan mendorong masyarakat untuk memiliki hunian yang sudah turun temurun.

Ternyata, suku betawi juga memiliki rumah adatnya sendiri.

Rumah adat betawi memiliki nama rumah kebaya. Rumah kebaya memiliki desain yang sederhana dan fungsi minimalis untuk keluarga. Di era dahulu, hunian yang ada memang tidak terlalu mewah terpenting memiliki fungsi yang baik.

Apakah saat ini masih terdapat hunian rumah kebaya? Saat ini mungkin hanya beberapa tempat saja yang ada.

Namun, anda dapat mengunjungi musem di daerah jakarta untuk melihat rumah kebaya. Karena di era sekarang ini, rumah ada dirasa kurang tepat untuk kebutuhan yang semakin banyak.

Namun, sejarah ini tentu masih tetap dilestarikan terus.

  1. Senjata Tradisional

senjata tradisoional

Sama seperti suku yang lainnya, maka suku betawi memiliki senajata tradisional. Mungkin, anda tidak menyadari bahwa golok atau bendo ini merupakan senjata tradisional suku betawi.

Senjata ini banyak terlihat pada saat memainkan pencak silat betawi.

Dimana, pemain menggunakan golok ataupun hanya menempatkan pada penampilan saja. Meskipun begitu, senjata ini menjadi pilihan yang baik untuk digunakan pada kebutuhannya.

Senjata golok sendiri banyak digunakan oleh masyarakat betawi dalam keseharian.

Karena, untuk kebutuhan sehari-hari seperti memberikan makan hewan masih menggunakan alat tradisional. Memang, untuk masyarakat betawi sendiri tidak terlepas dari kegiatannya untuk mendapatkan penghasilan dengan cara peternak hewan.

Adat budaya betawi ini harus tetap dilestarikan.

Begitulah pembahasan lengkap mengenai beragam budaya betawi yang dapat anda pelajari. Kebudayaan betawi tentu harus dilestarikan lebih giat lagi. Semoga artikel diatas dapat dijadikan referensi dalam melestarikan budaya daerah betawi !

Leave a Comment

%d bloggers like this: