Cerita Pendek Untuk Anak yang Lucu dan Menarik Lengkap dengan Ilustrasinya

Cerpen Anak – Cerita pendek atau yang biasa disingkat sebagai cerpen merupakan suatu prosa naratif fiktif. Cerita pendek pada umumnya lebih padat dan biasanya isi pada cerpen itu langsung pada sebuah tujuannya. Dibandingkan dengan karya fiksi lainnya yang lebih panjang.

Karena singkatnya sebuah cerpen, bisa dikatakan sukses jika mengandalkan teknik-teknik sastra. Teknik-teknik tersebut diantaranya tokoh, plot, bahasa, tema, dan insight yang dibuat secara meluas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Dan pada cerpen, cerita yang ingin dimuatnya bisa dalam berbagai jenis.

Sebuah cerpen tidak hanya dibaca oleh kalangan orang dewasa saja. Melainkan bisa juga untuk anak-anak. Karena cerpen ini berbentuk sebuah tulisan yang berbentuk suatu cerita. Tentunya sangat bagus untuk dibaca, terutama bagi anak-anak. Seorang anak yang mempunyai minat dalam membaca. Tentu sangat bagus untuk perkembangan otaknya.

Membaca bagi anak bisa membuatnya menjadi cerdas. Kenapa demikian? Melalui membaca, seorang anak akan terbiasa memahami berbagai kosakata baru. Hal tersebut tentu ada manfaatnya. Yaitu bisa membuat anak dalam memahami berbagai kata yang ada disekitarnya. Membaca juga merupakan cara yang paling efektif untuk membuat otak menjadi lebih berkembang.

Dan masih bnyak manfaat lainnya dari membaca. Maka dari itu, pada kesempatan ini, saya akan sedikit berbagi beberapa cerpen anak. Cerpen anak ini nantinya akan membantu anak juga untuk berpikir dan berimajinasi dari cerita yang terdapat pada cerpen anak tersebut.

Cerpen Anak Tentang Kehidupan Di Alam Liar

Domba Yang Pintar Dan Srigala Yang Rakus

Pada suatu hari, terdapatlah seekor srigala yang sangat nakal sekali. Tidak hanya nakal, srigala itupun sangat rakus sekali. suka memakan binatang ternak dari pada warga sekitar. Tentu saja apa yang diperbuat oleh serigala tersebut sangatlah membuat resah warga. Dan hal tersebut akhirnya warga menjaga binatang ternaknya dengan ketat.

Dan tentu saja apa yang dilukakan para warga tersebut, membuat srigala kebingungan, karena srigala itu kemungkinan akan kesulitan untuk makan jika binatang ternak warga dijaga sangat ketat. Dan jika serigala itu tetap nekat untuk memangsa binatang ternak warga, itu bisa menyebabkan dia tertangkap dan nantinya bisa dikurung dikandang atau bahkan akan dibunuh oleh warga.

Suatu hari si srigala ini menangis karena merasa lapar, padahal srigala itu baru saja selesai memakan binatang ternak warga. Tetapi dia tetap merasa lapar. Selama ini yang dia makan, merupakan binatang ternak warga saja. Saat srigala ini menelusuri sebuah jalan, dari kejauhan melihat seekor domba. Dengan hati gembira, srigala itupun bergegas menuju domba tersebut.

Dengan cara sembunyi-sembunyi dan secara perlahan ia mulai mendekati domba yang sedang makan itu. Namun saat ia mendekati domba tersebut. Ternyata domba itu sudah menyadarinya sejak awal. Bahwa ada seekor srigala yang menghampirinya. Tetapi domba itu sangat tenang keadaannya, dan tidak merasa takut atau panik sekalipun.

Karena domba itupun sudah memikirkan apa yang akan dilakukannya jika dia nanti bertemu dengan bianatang yang akan memangsanya. Saat si srigala itu posisinya sudah sangat dekat dengan domba itu. Tiba-tiba domba itu berkata “apa yang kamu lakukan wahai srigala? Apakah kamu akan memakan ku?” berkatalah domba.

Karena perkataan tersebut si srigala pun kaget, tanpa dia duga ternyata domba itu sudah menyadari kedatangannya. “ya benar sekali aku berniat memangsa kamu. Aku sudah sangat lapar dan aku ingin segera makan!”. berkatalah srigala.

“jika kamu ingin memangsaku, tunggulah beberapa saat lagi karena aku akan segara melahirkan dan kamu bisa makan anakku dan aku juga, namun tunggulah sampai anak dalam perutku ini keluar” sahut si domba. Karena domba itu memiliki tubuh yang gemuk dan dia menyamarkan suaranya menjadi seperti betina. Padahal sebenarnya domba tersebut adalah domba jantan. Tak di sangka, ternyata srigala itu meyakini bahwa domba itu adalah berjenis kelamin betina dan sedang mengandung anak.

Karena perkataan si domba itu akhirnya dia mempercainya dan melakukan apa yang jadi permintaan si domba itu “baiklah, aku akan menunggu sebentar lagi” sahut si srigala. Karena cukup lama menunggu domba itu makan, srigalapun merasa sangat lelah dan sangat ngantuk sekali.

Karena rasa kantuk yang dilanda oleh srigala tersebut. Akhirnya tanpa disengaja dia pun ketiduran. Dan mendapati bahwa domba tersebut sudah berada di sebrang sungai. “woi domba apa yang kamu lakukan? Kanapa kamu berada disitu? ” dengan sedih srigala itu berbicara. Domba itupun berteriak kepada srigala “hahaha. Tentu saja aku melarikan diri dari kamu.” Sahut domba.

“kenapa kamu membohongiku, aku ini sudah sangat lapar” berkata srigala. “bukankah kamu sudah banyak memakan binatang ternak para warga? Apakah itu belum cukup” sahut domba. “aku belum merasa kenyang domba, cepatlah kau kesini” jawab srigala. “wah kamu itu memang rakus ya srigala. Kalau kau memakan aku pun kamu tidak akan kenyang, karena kamu sangat rakus”. Jawab domba.

Dengan perasaan sedih dan dia pun merenung apa yang telah dikatakan oleh domba tadi. Dan karena srigala ini pun takut air serta tidak bisa berenang untuk menyebrangi sungai. Akhirnya dia pergi dan domba itupun tetap selamat dan srigala tidak bisa memakannya karena dia berhasil pergi dari srigala.

Karena kepintaran dan kecerdikan domba tersebut, akhirnya dia bisa lolos dari srigala. Dan karena sifat  kerakusan yang dimiliki oleh srigala, dia pun selalu merasa tidak kenyang, walaupun sudah memangsa banyak binatang ternak.

Cerpen Anak Tentang Kehidupan Sosial

Mainan Kesukaan 2 Anak Laki-Laki

Pada suatu hari ada 2 anak laki-laki yang bernama Andi dan Banu. Mereka berdua hidup bertetangga, dan bahkan orang tua mereka pun sangat dekat serta akrab. Saat hari libur sekolah mereka berencana untuk bermain bersama, yaitu memainkan mainan kesukaannya. Mereka bermain disebuah taman yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah mereka.

Walaupun mereka berdua sama-sama laki-lak, tetapi mainan kesukaannya berbeda. Kalau Andi menyukai mainan yang seperti robot-robotan, sedangkan Banu lebih menyukai mainan yang berbentuk kendaraan seperti mobil-mobilan. Namun pada saat itu, entah apa yang terjadi Andi juga ingin rasanya memaikan mobil-mobilan tersebut.

Akan tetapi karena dia hanya memiliki mainan yang berbentuk robot semua. Akhirnya dia pun berniat ingin meminjam robot-robotan milik banu. Beda halnya dengan banu, dia tetap menyukai mainannya tersebut, yaitu mobil-mobilannya.

“ hei Banu bolehkah saya meminjam mobil milik kamu itu?” tanya Andi. Banu pun sangat terheran dengan pertanyaan Andi itu, karena tidak seperti biasanya saat mereka bermain bersama, mereka tetap memainkan mainan kesukaannya.  “ tapi kan aku hanya membawa 1 mobil saja, untuk aku mainkan” jawab Banu.

“ hmm baiklah jika kamu tidak bisa meminjamkan mobilan itu” sahut Andi. Tetapi karena Banu ini memang anak yang baik dan memiliki rasa peduli yang cukup tinggi, dibandingkan anak yang seumurannya. Akhirnya Banu pun mengikhlaskan mainan kesukaannya tersebut di mainkan oleh Andi. Walau bagaimanapun Andi adalah sahabat terbaiknya.

“baiklah, ini aku pinjamkan. Tapi tolong jangan dirusak ya” jawab Banu. Mendengar perkataan Banu, Andi sangat senang sekali. dan dia merasa sangat bahagia sekali. Karena telah dipinjamkan mainan mobilan oleh Banu. Dan dia juga merasa bahagia karena memiliki teman yang baik seperti Banu.

Akhirnya mereka berdua pun melanjutkan permainannya tersebut. Sampai orang tua mereka memanggilnya untuk menyuruh mereka pulang.

 

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: