Pengertian Karangan Eksposisi Beserta Contohnya

Contoh Karangan Eksposisi – halo sahabat buatlagi.com bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan kalian dalam keadaan yang baik-baik saja ya. Sebelumnya kita telah belajar dan membahas bagaimana membuat sebuah paragaraf-paragraf eksposisi. Nah pembahasan kali ini berhubungan dengan pembahasan itu. Yaitu tentang contoh karangan eksposisi.

Dari paragraf ekposisi yang sudah kita ketahui pada pembahasan sebelumnya. Jika digabungkan secara keseluruhan, maka akan membentuk sebuah karangan ekposisi. Karangan ini memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah informasi dengan sedetail mungkin kepada para pembaca. Tentunya informasi tersebut dibuat dengan gaya penulisan yang padat dan akurat.

Serta bahasa yang disampaikan pada sebuah karangan eksposisi tersebut menggunakan bahasa baku dan penyampaiannya bersifat mengajak pembacanya. Namun ajakan tersebut tidak memaksa. Pada umumnya sebuah contoh karangan ekposisi itu bersifat ilmiah dengan disertai oleh fakta-fakta yang ada. Dan fakta tersebut disesuaikan dengan topik yang akan dibahas.

Fakta-fakta tersebut harus disusun dengan runut, serta memakai kata sambung seperti sebab-akibat “oleh sebab itu, dengan demikian, oleh karena itu, jadi”, kata sambung konsetif “akan tetapi, meskipun demikian, namun”, dan juga kata sambung kronologi yaitu “ lalu, kemudian”.

Pada sebuah contoh karangan eksposisi terdapat beberapa karakteristik yang perlu diketahui diantaranya. Karakteristik yang pertama yaitu pembahasan topik yang berada pada karangan tersebut merupakan berdasarkan kejadian yang benar-benar terjadi. Karakteristik yang kedua adalah sebuah karangan itu memberikan suatu informasi yang dimuat tersebut dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca.

Karakteristik yang ketiga yaitu karangan tersebut mempunyai sifat mengajak, namun hal tersebut tidak mempengaruhi ataupun memaksakan para pembacanya. Selanjutnya yang keempat ialah karangan tersebut menyajikan sebuah analisis terhadap fakta yang ada. Dan untuk karakteristik yang terakhir adalah karangan tersebut menyatakan suatu proses kerja maupun peristiwa yang terjadi.

Cara membuat karangan eksposisi

Dalam membuat sebuah karangan tentu ada langkah-langkahnya. Kenapa demikian? Ya agar karangan tersebut tersusun dengan alur yang sesuai dan nyaman serta enak ketika dibaca. Dan bagi kalian yang ingin membuat atau menulis sebuah karangan eksposisi bisa di ikuti langkah-langkah yang tertera di bawah ini. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Tentukanlah topik terlebih dahulu, tantang apa yang akan dibahas pada sebuah karangan tersebut.
  2. Ketika sudah menemukan topik yang akan dibahas, kemudian buatlah rincian secara detail urutan kronologisnya.
  3. Tentukan juga apa tujuan dari sebuah karangan eksposisi tersebut.
  4. Terlebih dahulu buatlah urutan kerangka karangan secara keseluruhan dan juga lengkap.
  5. Uraikan kerangka karangannya, sehingga, karangan eksposisi itu sesuai dengan ciri-ciri yang dimilikinya.
  6. Beri kesimpulan di akhir paragraf pada karangan tersebut.

Leave a Comment

%d bloggers like this: