55+ Contoh Pantun Lucu, yang Bisa Bikin Ketawa Ngakak

Contoh Pantun Lucu – membuat sebuah pantun adalah salah satu hal mengasikan dan menarik yang biasa dilakukan oleh sebagian orang, terutama bagi orang-orang yang kreatif. Ya, karena dalam membuat sebuah pantun yang lucu dan memang benar-benar lucu serta membuat orang yang mendengar atau membacanya tertawa dibutuhkan sebuah kreatifitas yang tinggi.

Kreatifitas itu lah yang dibutuhkan saat menyusun rangkaian sebuah kata-kata dalam pantun, yang pastinya setiap kata itu haruslah saling berkaitan antara kalimat pertama dan kedua serta hingga terakhir. Dengan tujuan agar terciptanya suatu keselarasan.

Adanya sebuah keselarasan memang merupakan sebuah ciri khas dari sebuah pantun, namun adanya keselarasan belumlah cukup, harus mengahasilkan juga sebuah pantun yang menarik. Dengan begitu akan ada banyak orang yang menggemari pantun, khususnya pantun yang lucu.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa contoh pantun lucu yang disesuaikan dengan tema-temanya. Ada yang bisa ditujukan kepada sahabat, kekasih, dan bahkan orang yang kita tidak sekalipun. Nantinya kita bisa merasakan bagaimana sebuah kata yang disusun sekreatif mungkin, dengan tujuan untuk menghibur orang yang menbaca atau mendengarnya.

Namun tujuan dari sebuah pantun bukan hanya untuk menghibur atau membuat pembaca maupun pendengarnya tertawa saja ya, melainkan bisa juga untuk pengingat sebuah nasehat, misalnya seperti contoh pantun nasehat yang mana didalamnya banyak mengandung nasehat untuk kehidupan.

Dan berikut ini beberapa contoh pantun lucu dan macam-macamnya.

Pantun Lucu

Contoh pantun lucu

Pantun dengan sebutan ini pastinya selain isinya yang lucu juga dapat membuat pambaca atau pendengarnya tertawa lepas. Dan karena sesuai dengan namanya saja pantun lucu banget. Hehe jadi kalau isinya tidak membuat pendengarnya tertawa, maka pantun tersebut belum bisa dikatakan lucu.

Tujuan dari pantun jenis ini, ya tentu saja untuk menghibur yang mendengarkannya. Dan pantun ini pada umumnya bebas pada bagian isinya. Apa berisi sebuah kata yang romantis atau lainnya. Namun tetap pada tujuannya yaitu berisi pantun yang lucu banget. Adapun contoh pantun lucu banget adalah sebagai berikut.

Ikan cantik ya ikan lohan
Durian dibikin bolu
Laki-laki yang gak tampan
Eh kasian deh lu

Tempayan tutupnya piring 
 Anak perawan kentutnya nyaring 
 Yang janda kentutnya semriwing 
 Yang bencong kentutnya garing

Lagi kepepet hilang dompet
Pinjem duit pasti dapet
Putih kecil jalanya cepet
Nasi nempel di pesawat jet

Ajak pacar pergi ke restoran
 Bertemu mantan yang sekarang teman
 Hati bingung dan gak karuan
 Ternyata mantan minta balikan

Pergi ke kota tuban
Buat beli buah rambutan
Mantan ke pelaminan
Kenapa kamu masih sendirian

Susahnya melupakan mantan
 Yang dulu sempat jadi harapan
 Tapi memang Mantan  harus di lupakan
 Karena ada pacar untuk masa depan

Semakin berusaha melupakan
Semakin ingat dengan mantan
Karena dulu pernah jadi impian
Walaupun kini hanya kenangan

Tinggalkan mantan karena banyak kekurangan
 Akhirnya dapet pacar yang banyak kelebihan
 Karena mantan hanya panuan sebagian
 Sedangkan pacar panuan seluruh badan

Kebiasaan cowo suka yang di dalem daleman
Jangan ngeres maksudnya adalah jeroan
Lebih baik punya pacar beriman
Dari pada pacar cabe cabean

Ini pantun perjalanan hidup
 Hadapi  dengan semangat yang jitu
 Pilihlah jadi bersinar bukan jadi redup
 Mulailah dari nol bukan dari satu

Jalan jalan naik pesawat
Pesawat jatuh tak kerasa
Sungguh  senang jalan  bersama perawat
Saat sakit tinggal langsung di periksa

Ke jakarta beli duku
 Di jalan ketemu orang utan
 Jika ada yang cari aku
 Bilang saat lagi di jalan kebenaran

Pergi merantau jadi tki ke madinah
Berharap  jadi seperti ariel noah
Eh tahunya pulang masih susah
Tapi Kenapa gayamu sok Mewah

Jika sukses hidup bisa mewah
 Jika gagal hidup di kubur aja
 Pengen sukses itu mudah
 Yang sulit gimana meraihnya

Udah sukses lupa dengan pasangan
Ingat pas susah bersama penderitaan
Mungkin Rintangan bukan hambatan
Tapi godaan yang biasa jadi kesulitan

Hidup itu kadang di atas dan di bawah
 Kalau pas di atas ingat yang di bawah
 Kalau saat di bawah  gak boleh nyerah
 Karena hidup itu gak seinstan mie kuah

Sukses itu butuh perjuangan
Karena hidup gak semudah mie instan
Jangan sampai penyesalan datang belakangan
Karena Kalau di depan itu pendaftaran

Kata orang kegagalan awal dari kesuksesan
 Kata saya kegagalan jangan jadi kebiasaan
 Karena sukses itu impian
 Kalau gagal terus kapan suksesnya gan

Ujian istri saat suami tak punya apa apa
Ujian suami saat dia punya segalanya
Kalau gak percaya tanya saja
Tanya saja sama yang pernah merasakanya

Mati tak membawa harta
 Mati yang di bawa pahala dan dosa
 Kalau lagi kaya makanya jangan bangga
 Ingat selalu sang pencipta

Pantun Cinta Lucu

contoh Pantun Cinta Lucu

Sesuai dengan temanya, pantun dengan jenis ini biasanya di tujukkan kepada seseorang yang memiliki perasaan yang spesial. Misalnya seperti istri, keluarga, pacar, sahabat atau sahabat rasa pacar. Hehe. Namun bisa menggunakan pantun ini untuk menggombali seseorang.

Pada pantun ini umumnya berisi kalimat-kalimat yang bisa berupa sebuah godaan atau rayuan kepada lawan jenis. Namun karena temanya adalah pantun cinta lucu, maka isi dari pantun tersebut bukan hanya untuk menggombal atau merayu saja, melainkan juga ada lucunya, dan pastinya membuat yang mendengar pantun tersebut jadi tertawa dan tergoda. Hehe. Adapun contoh pantun lucu yang bertema cinta ada beberapa berikut ini.

Di saat aku sakit
Tak lupa kau bawakan bunga
Di saat engkau terbelit-belit
Hati terasa merana.

Paling enak makan pepaya,
 jangan lupa dicuci bilas
 Kalau sudah baca pesan saya
 harap segera dibalas.

Anak kecil main layang-layang
putus benang di ujung belati
setiap hari mabuk kepayang
kalau tidak jumpa si jantung hati.

Pantun ini bukan pantun romantis
 Karena pantun ini bikin meringis
 Meski gigi kering tanpa kumis
 Mudah-mudahan bisa menghibur yang nangis

Lihatlah gunung yang tinggi menjulang
Lihatlah mentari sebagai anugerah tuhan
Lihat lautan dengan indahnya gelombang
Lihatlah cermin sebagai kutukan tuhan

Gelap gantikan terang dunia ini
 Musim gugur yang gantikan musim semi
 Orang tak bernyawa pastilah mati
 Kalau gak percaya tanyakan sama yang mati

Hanya kamu yang mampu menyinari
Hanya kamu yang  terindah di dunia ini
Karena hanya kamu yang selalu di hati
Dan karenamu jadi banyak koreng di tubuh ini

Indahnya lautan tak seindah dirimu
 Manisnya gula tak semanis dirimu
 Tapi di balik kelebihan ada kekurangan darimu
 Salah satunya Kuningnya gigimu

Tinggi badanmu sungguh ideal
Cantikmu sungguh maximal
Sangat cocok untuk jadi artis terkenal
Tapi sayangnya aku tidak kenal

Aku manusia bukan siluman
 Aku tak sempurna tapi punya kelebihan
 Karena aku ingin jadi pria idaman
 Meski aku hanya seorang kusir delman

Luasnya lautan akan ku sebrangi
Sulitnya rintangan akan ku lewati
Tingginya gunung akan ku daki
Tapi bukan daki yang nempel di tubuh ini

Keliling kota sambil bernyanyi
 Tidak lupa makan delima
 Saat kau berada di sini
 Aku bisa tersenyum lebih lama

Kalau bukan karena bulan
Tidaklah bintang meninggi hari
Kalau bukan karena tuan
Tidaklah aku sampai di sini

Pantun Sunda Lucu

pandun sunda lucu      

Selanjutnya adalah pantun sunda lucu, pada pantun jenis ini isinya bukan hanya berupa kalimat yang lucu saja, melainkan juga memakai bahasa daerah yaitu bahasa sunda. Dan kemungkinan besar yang bisa membuat dan memahami pantun ini adalah orang-orang yang mengerti bahasa daerah yaitu bahasa sunda.

Yang mana bahasa sunda sendiri merupakan bahasa daerah yang terbanyak digunakan kedua setelah bahasa jawa. Dan yang memakai bahasa ini hampir diseluruh Provinsi Jawa Barat dan Banten serta wilayah sekitarnya.

Nah jika kalian ingin membuat sebuah pantun lucu yang berbahasa sunda, kalian harus mempelajari bahasanya terlebih dahulu. Namun bukan hanya mengetahui bahasa sunda saja, melainkan juga mengerti bagaimana sebuah kalimat becandaan dalam bahasa sunda. Dengan tujuan saat membuat pantun itu tetap ada kesan yang lucu dan menarik bagi pendengar maupun pembacanya.

Adapun contoh pantun lucu yang berbahasa sunda adalah sebagai berikut.

Pita naon pita naon
Pita hideung na kalapa
Eta naon eta naon
Anu kembung dina calana

Jalan-jalan ke tegal lega,
 Beli sayur dan buah markisa
 Jadi orang jangan balaga,
 Dijauhan ku batur baru tau rasa

Manuk ciung meni umpak
Di oyag oyag ku beuritna
Hayang nyium bari numpak
Bari ngaoyag-oyag biritna.

Ke cikini membeli dukuh
 Wayah gini masih tunduh
 Nini-nini nginum jajamu
 Hari ini masih kangen surangen sama kamu

Ke cikini membeli dukuh
Wayah gini masih tunduh
Nini-nini tumpak gajah sambil colohok
Hari ini kamu mau kemana ajah hok?

Acang etek kacang etek
 Ngukuy belut tepi walungan
 Akang getek akang getek
 Geura cabut tapi lalaunan

Iwung bungkulna maju
Nangka tangkalna dibabad
Indung tunggul rahayu
Bapak tangkal darajat

Daun hiris dibeungkeutan
 Dibawa ka juru masigit
 Anu geulis ngadeukeutan
 hayangeun dibere duit

Opat baris salah nyambung
Mun tukang kakara ngabangun
Omat geulis ulah pundung
Mun akang kapaksa nyandung

Aya listrik di masigit
 Caangna kamana – mana
 Aya istri jangkung alit
 Hanyakal geuning waria

Kaso pondok kaso panjang
Kaso ngaroyong ka mimbar
Sono mondok sono nganjang
Sono ngaloyor ka kamar

Saha we nu bade nyangke
 Kamari abdi nu ngajagi
 Bebende nu hade hate
 Pamatri ati nu sajati

Colenak enak dicocol
Komo mun tambah kalapa
Beletak pitak ditakol
Poho mun sirah mitoha

Cikaracak ninggang batu
 Laun-laun jadi legok
 Tai cakcak ninggang huntu
 Laun-laun nya dilebok

Aya roda na tanjakan
Katinggang ku pangpung jengkol
Aya randa gogoakan
Katinggang ku pohpor banpol

Batok kohok wadah huut
 meuli eunteung jang bikeuneun
 Budak montok gede hitut
 nyeri beuteung, jeungjeuriheun

Kacai jadi salewi
Kadarat melak jambu bol
Kaduhung boga salaki
Nangkarak di geol geol

Salawe dua puluh lima
 Mobil Sedan Cetna Hejo
 Awewe jaman ayeuna
 Bisa dandan teu bisa ngejo

Saninten buah saninten
Dibawa ka parapatan
Hapunten abdi hapunten
Bilih aya kalepatan

Pileuleuyan cangkang beas
 Huut sajeroning kejo
 Pileuleuyan urang ikhlas
 Imut sajeroning nenjo

Manuk gagak macok kupat
Kecok deui kecok deui
Diwedak reujeung disipat
Dekok deui dekok deui

Cikaracak ninggang batu
 Laun laun jadi legok
 Tai cak cak kanu huntu
 Laun laun nya di lebok

Aya roda na tanjakan
Katinggang ku pangpun jéngkol
Aya rangda gogoakan
Katinggang ku hulu kohkol

Meuli daging ka ciawi
 Jalana ka singaparna
 Judang jeding ka salaki
 Teu di bere eusi calana

Pantun Lucu Bahasa Jawa

contoh pantun lucu bahasa jawa

Jika sebelumnya pantun berbahasa sunda, kalau ini contoh pantun lucu dengan bahasa daerah lainnya yaitu pantun dengan bahasa Jawa. Hampir dengan yang sebelumnya. Pantun bisa dibuat dengan memahami bahasa jawa terlebih dahulu. Namun bukan hanya memahami bahasanya saja, akan tetapi memahami juga bagaimana sebuah kalimat yang bisa dijadikan untuk bahan becandaan dengan menggunakan bahasa jawa.

Dalam membuat sebuah pantun dengan menggunakan bahasa daerah haruslah tetap memperhatikan bagaimana kata yang pas yang dapat dijadikan sebuah pantun. Walaupun pantun ini tujuannya untuk menghibur, tetap diperhatikan juga unsur-unsur yang bisa menjadikan becandaan tersebut bisa diterima oleh para pendengar ataupun pembacanya.

Adapun contoh pantun lucu yang menggunakan bahasa jawa adalah sebagai berikut.

Terong kok di untir-untir
Nang tangan marai biru
Ojone uwong kok di pikir
Nang awak kuru

Klambi biru nang nduwur
 Klasa Yen bapak ibumu ra setuju, aku isa apa?
 Mangan gedang campur tahu.
 Dikau sayang i miss you

Isuk ngikir sore ngikir.
Kikire arek suroboyo.
Isuk mikir sore mikir.
Sing di pikir ora rumongso.

Akeh ketan akeh sego.
 Wakul ijo di kurepno.
 Akeh prawan akeh rondo.
 Ng duwe bojo di karepno.

Walang kekek nemplok neng pager
Lanangan tuek kok diuber-uber
Lampu sentir lengone potro.
Tiwas naksir ra iso nggowo.

Mlaku-mlaku di cokot yuyu.
 Nang tretes di gepuk palu.
 Rodok susah duwe bojo ayu.
 Ompet kempes nang sirah ngelu

Pantun Betawi Lucu

contoh pantun lucu betawi

Berikutnya adalah pantun betawi lucu, sebagai budaya yang di miliki bangsa, pantun yang berasal dari sebuah daerah perlu dilestarikan keberadaanya. Diantaranya seperti contoh pantun lucu dengan bahasa jawa, sunda, dan pantun betawi ini.

Meskipun sudah dikenal pantun yang lucu, namun ternyata pantun betawi mempunyai suatu fungsi yang lebih dari itu. Pantun betawi pada umumnya berisikan sebuah tradisi dan kebiasaan sehari-harinya orang betawi.

Banyak juga yang meggunakan pantun betawi ini dalam sebuah pertunjukan, atau pada acara penyambutan pada sebuah pernikahan atau yang biasa dikenal dengan sebutan “palang pintu”. Dimana mereka yang menjadi palang pintu tersebut saling beradu pantun yang saling berbalas satu dengan yang lainnya. Adapun contoh pantun lucu betawi adalah sebagai berikut.

Kacang di rebus biar mateng
Mateng masak buah ke dondong
Bang ucup aye akuin si orangnya ganteng
Ganteng nya si cuma di kampung gedong

Ke tanah abang beli selendang
 Ke cikarang makan nasi padang
 Eh bang iye dulu aye rela di panggil sayang
 Tapi sekarang kalo manggil lagi aye tendang.

Badan siapa terkena kudis
Obatnya borehin lada
Siang malem abang godain gadis
Pas bersanding ama janda

Ke apotik beli obat kapsul
 Ada ikan dimakan trenggiling
 Enak punya bini pada sunah rossul
 Cuma aye sunahnya ama bantal guling,

Jangan suka minum kapsul
Apa lagi yang warnanya merah
Siapa bilang malem Jumat pada sunah rosul
Orang lagi lampu merah

Kalo kapsul warnanya merah
 Bungkus aja bang ama kaen
 Kalo lagi lampu merah
 Pan ada yang laen

Sarapan pagi pake tempe
Siang dikit pake jagung
Tampangnya ucup sih memang oke
Tapi sayang otaknya linglung

Belok kanan kudu ati-ati
 Nenek-nenek kaga punye banda
 Tulung jangan dimasukin ati
 Kan ane cuma bercanda,

Beli rebung dipasar kenari
Dari cikarang ke cileunyi.
Mandiin burung tiap pagi,
Ampe skarang kagak bunyi-bunyi

Makan permen jangan dikulum
 Beli paku pada karat
 Assalamualaikum
 Yang gak nyaut biar pada asem urat

Ambil duren buat jamu
Beli mangga di pasar pagi
Udah lama kagak ketemu
Malem ini ane gabung lagi

Beli jimat belinya di slipi,
 Di slipi rumahnya Mpo Yaya.
 Malem jumat ngapa sepi,
 Sepi pada kemana yaa?

Jalan-jalan ke pasar baru,
Jangan lupe mampir swalayan.
Perkenalkan aye wahyu,
Asal dari kebayoran.

Pak guru makan permen
 Permen nya rasa kedondong
 Aku member baru,
 Mau ikutan komen boleh dong

Hape simen buat pak erte,
Batu lemah di cas jam tuju.
Ane demen ma pendpat ente,
Klo begtu mah ane setuju.

Beli rebung dipasar kenari
 Dari cikarang ke cileunyi.
 Mandiin burung tiap pagi,
 Ampe skarang kagak bunyi-bunyi

Makan permen jangan dikulum
Beli paku pada karat
Assalamualaikum
Yang gak nyaut biar pada asem urat

Anak lutung emanye mewek
 Sop kaki dirantang babe Luh
 Untung khusus anak cewek
 Kalo laki gue Gibeng Luh...

Makan bubur pake kuah sagu
Anak sapi pake celana
Libur ma ampe 2 minggu
Lah tapi kaga kemana mana

Luar pelabuan namanya dermaga,
 Mau berenang mesti ati-ati.
 Kalo permpuam kepengen masuk sorga,
 Harus turutin dah apa kata suami.

Penutup

Demikian sebuah contoh pantun lucu yang dapat saya susun pada artikel ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi kalian yang membutuhkan. Apabila ada pertanyaan bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini. dan bagi kalian yang sudah berkunjung ke buatlagi.com saya ucapkan banyak terima kasih. Sekian Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment

%d bloggers like this: