Hanya dengan Duit Rp.500 dulu bisa beli jajanan ini nih..

www.pexels.com

Bicara tentang masa kecil adalah masa yang mana orang dewasa atau orang tua pasti pernah mengalaminya. Hehehe yailah. Tapi pastinya punya cerita sendiri-sendiri ya, sesuai yang di alaminya. Nah untuk kali ini saya akan bercerita tentang waktu saya kecil atau lebih tepatnya waktu saya sekolah MI (Madrasah Ibtidaiyah) atau setara dengan Sekolah Dasar.

Selain belajar waktu kecil tuh pasti lebih banyak waktu bermainnya hehe. Tapi bukan hanya itu saja yang membuat kita tidak mudah melupakan kenangan waktu kecil. Nah salah satunya yang membuat saya teringat masa kecil adalah jajanannya, dulu tuh ya duit Rp.500 itu bisa dapet makanan yang porsinya tuh lebih banyak daripada sekarang.

Apalagi zaman sekarang ya, jajanannya agak sedikit mahal. Kalaupun ada yang bisa dibeli dengan harga Rp.500 tapi dapetnya tuh tidak sebanyak dulu ya. Hehe dan karena daerah saya sekolah dulu bukan diperkotaan, sehingga ada bebera jajanannya pun yang agak tradisional juga.

Oke mulai aja ya ceritanya..

viralken.online

Pisang Goreng

Pisang goreng adalah sejenis roti bundar yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat atau keju dan dicampur bahan-bahan lainnya yang bisa dipilih. Ehh.. itu pizza ya hahaha. Masa pisang goreng aja keren banget pake oven segala dimasaknya.

Pisang goreng itu adalah makanan ringan yang dibuat dari pisang, yang dilumuri dengan adonan kental yang terbuat dari campuran tepung, telur, garam, gula dan digoreng dalam minyak goreng. Nah itu baru bener pisang goreng.

Dengan duit cuma Rp.500 aja. Dulu sih bisa dapat 2 potong pisang goreng dan bentuknya pun besar-besar, tidak jarang juga saya suka mendapat 3 potong. Wow banyak ya, hehe. Iya waktu itu beli pisang gorengnya dikerabat keluarga hehe. Mungkin kenapa saya dikasih 3 potong juga, ya karena kasian kali ya. Hahaha.

Beda lagi dengan sekarang, dengan duit Rp.500 mungkin hanya mendapat 1 potong saja. Akan tetapi tidak akan cukup disebagian tempat, karena harganya paling murah sudah Rp.1000 dan bentuknya pun tidak terlalu besar.

 

www.resepayam.net

Nasi Uduk

Nasi uduk ya… Pasti kamu tahulah ya, sangat mudah kok menemukan yang jual nasi uduk di zaman sekarang ini. Hehe. Nasi uduk ini adalah makanan khas betawi loh, berbeda dengan nasi putih pada umumnya. Proses memasak berasnya terlebih dahulu diaron dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai. Lalu kemudian dikukus hingga matang.

Kalau nasi uduk yang murah meriah seperti jajanan di sekolah-sekolah, biasanya dihidangkan hanya dihidangkan dengan bawang goreng, dan telur goreng saja. Tapi kalau di restoran atau rumah makan, biasanya dengan lauk berupa ayam goreng, tahu, dan tempe goreng, sambal, dan daun kemangi.

Dengan duit hanya Rp.500 bisa kebayang dong nasi uduknya seberapa banyak?? Haha.. sebelum negara api menyerang beli nasi uduk dengan harga tersebut saja, itu sudah bisa kenyang sampai sore. Hahaha. Ini serius loh ya.

Ya kenapa bisa kenyang sampai sore ada 2 alasan.. Yang pertama waktu itu saya belinya dikerabat keluarga, jadi saat beli Cuma Rp.500 udah pasti dikasih agak banyakan hehe. Dan alasan yang kedua adalah porsi makan saya juga tidak terlalu besar. Hehehe.

 

masakan-khas-daerah.blogspot.com

Gemblong

Gemblong ini sejenis makanan tradisional yang terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang dibentuk bulat lalu digoreng, setelah itu dilapisi dengan larutan gula aren.  Rasanya yang manis dan sedikit kenyal membuat gemblong menjadi cemilan yang nikmat.

Makanan ini masih mudah dijumpai diwarung-warung terdekat ataupun dijalan yang titik terjadi kemacetan. Dan entah dari daerah mana asal gemblong ini, sampai sekarang pun masih tetap eksis. Mungkin ada sebagian orang yang gengsi memakan makanan ini, padahal enak banget loh.

Dengan harganya yang sangat terjangkau, kita sudah dapat memakan gemblong ini. Nah waktu kecil dulu ini adalah salah satu jajanan favorit saya kalau sedang istirahat sekolah. Ya dengan harga Rp.500 pasti bisa ditebak ya dulu dapat berapa potong gemblong?? Hehe.. Ya dapet 1 potong sih, tapi bukan potongan yang kecil loh ya. Hehe.

 

news.akurat.co

Permen Gulali

Apakah kamu masih suka jajan permen ini??? Kalau iya kamu pasti teringat masa kecil ya hehehe. Jajanan waktu kecil salah satu yang paling terkenal dan masih ada sampai sekarang. Permen gulali ini dibuat dengan gula sebagai bahannya. Hehe yailah ya..

Permen gulali ini adalah salah satu makanan tradisionl juga loh.. waktu anak-anak dulu pastinya ini termasuk jajanan saya juga, bukan hanya menarik dari bentuknya tapi juga dengan rasanya yang manis. Tapi di zaman sekarang penjual permen ini lumayan sulit ditemukan.

Mungkin karena persaingan juga kali ya, atau mungkin juga anak-anak zaman sekrang kurang suka kali ya. Jadi penjual permen ini tuh agak susah ditemukan.

Harga yang terjangkau permen atau bisa juga dibilang murah, Rp. 500 saja saya sudah dapat 2 model permen dengan 2 bentuk.hehe

 

tipsdapur.com

Mie Lidi

Mie lidi ini juga termasuk jajanan yang murah ya dan bisa dibeli dengan duit yang Rp.500 saja. Jajanan yang dahulu sudah pernah menjadi tren diwaktu saya kecil dulu, namun kini kembali populer dan bahkan dibuat dengan sajian yang lebih mewah dan menarik.

Yaa.. tidak hanya dari segi rasa yang dibuat berbeda-beda, akan tetapi dari segi kemasan pun dibuat lebih menarik. Ya kalau dulu jajanan anak kecil, hanya dengan 1 rasa pedas saja itu sudah menarik dan banyak yang tertarik. Apalagi kalau sekarang dengan beberapa rasa, pastinya makanan ini menjadi populer lagi.

 

bacaterus.com

Telor Bulat

Telor bulet namanya kalau didaerah saya, mungkin bisa berbeda namanya kalau ditempat kamu. Karena tiap daerah suka terdapat perbedaan juga ya, tapi bentuk dan rasanya sih agak-agak sama kali ya, karena kan sama-sama bahanya dari telor juga. Eheh

Dinamakan telor bulet karena telur dadar ini dibuat dan dimasak di wajan yang bentuknya bulat-bulat. Alhasil, bentuk dari telur itupun menjadi bulat dan juga memiliki ukuran yang kecil-kecil.

Jajanan anak sekolah ini ternyata sudah disukai sejak puluhan tahun yang lalu. Biasanya pedangan menggunakan telur ayam atau telur puyuh, kemudian telur tersebut dikocok dengan garam, penyedap rasa, dan diberi taburan bawang. Dan selanjutnya telur dituangkan sedikit ke wajan.

Ya telur bulet ini termasuk jajanan murah ya, dan pastinya dengan uang Rp.500 saja dulu sih bisa lumayan lah untuk cemilan saat istirahat sekolah hehe..

 

Malesbanget.com

Rambut Nenek

Rambut nenek?? Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata ini?? Pasti menyeramkan ya hehe. Dan ini bener-bener nama sebuah makanan loh, ya walaupun namanya agak sedikit menyeramkan tapi memiliki rasa yang manis dan tampilan menarik.

Rambut nenek ini adalah permen gulali yang bentuknya menyerupai serabut sehingga terlihat seperti rambut. Pada umumnya, jajanan ini berwarna pink atau orange. Dan jajanan ini juga pastinya pernah populer dimasanya, mungkin juga sampai sekarang.

Dengan harga yang murah meriah kita sudah dapat menikmatinya. Hehe.

 

Kumparan.com

Telor Gulung

Telur gulung mungkin nama makanan ini diambil dari proses pembuatannya kali ya. Karena cara membuatnya yaitu adonan telur yang sudah dikocok, sudah ditambahkan bumbu yang diperlukan seperti garam dan penyedap rasa. Lalu adonan telur tersebut ditambahkan bihun.

Nah pada saat penggorengannya dituangkan ke wajan, tapi saat telur dan bihun itu belum terlalu matang, langsung digulung-gulung menggunakan tusuk sate atau tusuk lainnya. Yang tusuk tersebut digunakan untuk memegang.

Yap jajanan ini juga termasuk jajanan populer dimasanya dan mungkin di zaman sekarang masih ada juga, walaupun tidak sepopuler dalu. Dan pastinya dengan duit Rp.500 pun kita sudah bisa menikmatinya.

 

Sepertinya itu dulu ya yang saya bahas untuk artikel ini.. oke sekian terima kasih yaaa..

Leave a Comment

%d bloggers like this: