Kumpulan Doa Sehari Hari yang Berhubungan dengan Aktivitas Setiap Harinya

Doa Sehari hari – Pengertian doa secara bahasa berarti seruan. Jadi berdoa itu mempunyai arti menyeru, memohon, mengucap dan memanggil. Sedangkan menurut istilah “Doa” ialah suatu permintaan atau permohonan yang diutarakan kepada Allah Subhana Wa Ta’ala.

Doa tidak hanya berarti sebuah permohonan saja. Tetapi juga bermakna pengakuan bahwa kita ini, sebagai makhluk Allah yang lemah dan tidak berdaya. Tidak memiliki kemampuan apapun tanpa pertolongan dan kehendak Allah.

Berdoa merupakan salah satu ibadah dan akan mendapatkan pahala jika melakukannya. Bahkan Allah memerintahkan kita untuk berdoa kepada-Nya. Sebagai seorang muslim dianjurkan untuk berdoa pada setiap aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Bahkan mulai dari bangun tidur hingga mau tidur lagi, diharuskan untuk berdoa pada sesuatu hal yang kita lakukan.

Berikut ini doa sehari hari yang seharusnya kita baca, pada aktivitas yang kita lakukan.

Doa Sebelum Tidur

saat kita mau tidur diharuskan membaca doa

Berdoa sebelum tidur menjadi aktivitas yang harus dilakukan, ketika masih masa anak-anak. Akan tetapi kebiasan ini mulai terlupakan saat beranjak dewasa. Mata sudah terlebih dahulu terpejam sebelum membacanya. Lebih-lebih lagi kalau kondisi badan sudah sangat lelah karena aktivitas seharian. Pasti akan sangat mudah terlelap.

Padahal membaca doa saat mau tidur, mempunyai keutamaan tertentu. Didalam Islam, waktu tidur ialah saat dimana Allah menggengam jiwa manusia yang belum mati. Dan tatkala Allah mengembalikan jiwa tersebut, lalu manusia itu dapat kembali bangun dari tidurnya.

Tetapi kalau Allah tidak mengembalikannya, bisa dibilang manusia itu sudah mengalami peristiwa kematian. Seorang mukmin yang mengetahui dan meyakini hal ini, tentu akan mempersiapkan dirinya. Dengan berdoa terlebih dahulu sebelum tidur. Karena akan kesadaran hal tersebut mungkin akan terjadi padanya.

itulah sebab kenapa kita harus berdoa terlebih dahulu sebelum tidur. Supaya kita selalu mengingat Allah di manapun dan apapun kondisinya. Dan jika ketika kita sedang tidur Allah menginginkan kita kembali kepada-Nya, setidaknya disaat itu kita sudah mengingat-Nya.

Doa Bangun Tidur

setelah kita bangun dari tidur, ini adalah doanya

Berdoa setelah bangun dari tidur, termasuk doa sehari hari yang harus kita lakukan. kenapa demikian? Selain karena berdoa ini termasuk ibadah kepada Allah. Membaca doa setelah terlelap dari tidur ini sebagi wujud rasa syukur kita kepada Allah. Karena telah menghidupkan kita kembali setelah menghadapi “kematian” sementara.

Artinya Allah masih memberikan kesempatan kepada kita, untuk menambah amal ibadah. Serta perbuatan-perbuatan yang Allah senangi lainnya.

Dan salah satu manfaat dari membaca doa setelah tidur ini. Allah akan meringankan dan melapangkan segala urusan kita di dunia. kita pasti pernah merasakan seharian itu sangat sibuk sekali. Merasakan lelah yang sangat karena kesibukan, mungkin itu disebabkan kita lupa membaca doa setelah bangun tidur.

Membaca doa setelah tidur juga itu melepaskan kita dari “rantai setan”. Yaitu agar kita tidak malas dalam menjalankan aktivitas pada pagi harinya. Seseorang yang membaca doa setelah tidur, maka akan dipastikan dia akan semangat di pagi harinya.

Begitu juga sebaliknya, seseorang yang tidak membacanya. Pasti rasa malas yang sangat akan menghampirinya. Nah ini lah pentingnya membaca doa setelah kita tidur. Agar kita selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah Subhana Wa Ta’ala. Nah ini lah manfaatnya dalam mengamalkan salah satu doa sehari hari ini.

Doa Sebelum Makan

sebelum makan juga ada doanya, dan ini adalah doanya

Makan marupakan rutinitas yang kita lakukan setiap hari. Karena tubuh kita memerlukan asupan nutrisi dan lain-lain. Dan makan juga alangkah baiknya jika diniatkan untuk ibadah. Untuk melakukan ibadah pastinya kita membutuhkan energi, nah dengan makan inilah salah satu cara agar kita mempunyai energi.

Akan tetapi ada hal lain yang sering kita lupakan saat mau makan. Yakni membaca doa terlebih dahulu sebelum memulainya. Terkadang karena ingin terburu-buru menyantap makanan tersebut. Kita sampai untuk berdoa.

Padahal, membaca doa sebelum makan merupakan hal baik yang harus kita biasakan. Yaitu sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah. karena telah memberikan rezeki berupa makanan dan minuman untuk kesehatan kita.

Selain itu, dengan mengawali doa sebelum makan, maka dapat menghindari setan ikut serta dalam menyantap makanan kita.

Nah, sudah tahukan kenapa kita diharuskan berdoa sebelum makan? pasti kamu enggak mau kan makan bareng setan? Hahaha.. Ayo baca kita amalkan doa sehari hari ini!

Doa Sesudah Makan

doa sesudah makan juga harus kita baca

Doa sesudah makan merupakan salah satu doa sehari hari yang harusnya kita ucapkan setiap hari. Karena makan ini adalah runitas pokok yang dilakukan manusia. Dan kita diharuskan untuk membacanya.

karena dengan membacanya, yaitu untuk menjadikan makanan ini berkah. Dan jika kita berdoa setelah makan. Insya Allah, atas izin Allah makanan itu akan berdampak baik bagi kesehatan kita. dan tentu sebagai wujud rasa syukur kepada Allah atas rezeki yang diberikan-Nya.

Selain mendapat pahala dari setiap doa yang kita panjatkan. karena mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. kita juga tergolong hamba Allah yang pandai bersyukur.

Nah, itu lah kenapa kita perlu membaca doa setelah makan. rasa laparnya hilang, rasa nikmat makanannya kita dapatkan, dan tentu keberkahan dari makanannya juga ada.

Doa Masuk Kamar Mandi

doa mau masuk kamar mandi

Memasuki kamar mandi, selain kaki kiri terlebih dahulu saat awal masuk. Kita juga dianjurkan untuk membaca doa. kenapa demikian? Karena pada hadits Nabi dijelaskan, bahwa kamar mandi itu adalah tempat berkumpulnya setan.

Jadi, kita diharuskan berlindung kepada Allah dari godaan setan dengan membaca doa tersebut. Dan apabila sunnah Nabi ini kita amalkan setiap hari, meskipun hanya urusan masuk dan keluar kamar mandi. Maka ini juga merupakan ibadah.

Sangat disayangkan, setiap hari kita masuk dan keluar kamar mandi. Tetapi tidak membaca doa nya atau bahkan melupakannya. Karena dengan membacanya tentu kita akan mendapatkan pahala. Dan termasuk orang-orang yang menghidupkan sunnah Nabi.

Hal lainnya yang perlu ada ketahui adalah jika kita membaca doa sebelum masuk kamar mandi. Selain kita berlindung dari godaan setan laki-laki maupun perempuan. Yaitu agar setan tidak bisa melihat aurat kita.

Dan membaca doa tersebut tidak hanya ingin mandi saja ya. Segala keperluan kita di dalam mandi, mau itu menyikta gigi, atau bahkan bercermin kita tetap harus membacanya. Oke.. itu lah penjelasan kenapa kita harus membaca doa ini saat mau memasuki kamar mandi.

Doa Keluar Kamar Mandi

mambaca doa setelah dari kamar mandi

Setalah keperluan kita di dalam kamar mandi selesai, entah itu buang air kecil maupun besar. kita juga diperintahkan oleh Allah untuk membaca doa saat keluar kamar mandi. Kenapa begitu? Pastinya semua ini tidak terlepas dari rasa syukur dan terima kasih kita kepada Allah. Karena telah melindungi kita selama berada di dalamnya.

Perlu diketahui juga, bahwa saat kita buang air kecil ataupun buang air besar yang dilakukan di kamar mandi. Itu merupakan nikmat sehat yang Allah berikan kepada kita. Dan tentu kita harus mensyukuri itu semua.

Tidak sedikit orang di luar sana, yang tidak bisa melakukan buang air kecil dan besar dengan sendirinya. Mereka dibantu dengan alat maupun obat yang dimasukan kedalam tubuhnya, barulah bisa melakukannya.

Maka sudah sepantasnya kita yang diberikan kemudahan oleh Allah untuk melakukan hal tersebut. Untuk selalu bersyukur yaitu dengan cara membaca doa ini. Dan dengan mengamalkannya saja kita sudah menambah perbuatan bagus yang Allah senangi.

Doa Bercermin

 

doa saat bercermin, sebagai rasa syukur kita kepada Allah

Doa sehari hari selanjutnya ialah doa saat bercermin. Membaca doa ini, bukan saja ungkapan rasa syukur kita atas apa yang Allah berikan kepada kita. Akan tetapi juga sebagai permohonan kita kepada Allah. Agar kita diberikan akhlak yang baik pula. Sebagaimana telah disebutkan didalam artinya.

Alangkah baiknya jika kita bisa mengamalkan doa sehari hari ini, dari hal yang menurut kita sepele. Tetapi jika dibarengi dengan sebuah doa. Tentu hal ini membuahkan hasil yang baik.

Membaca doa ini juga, semata-mata karena syukur atas keindahan yang telah Allah berikan kepada kita.

Doa Memakai Pakaian

berdoa saat memakai pakaian

Saat memakai baju juga kita dianjurkan untuk membaca doa. Karena dengan membaca doa ini kita berarti memohon perlindungan Allah dari jin atau setan yang berada pada pakaian kita. Maka dari itu kita dianjurkan untuk membaca doa saat mau mengenakan pakaian.

Ketika kita membacanya, dengan begitu kita membiasakan untuk selalu bersyukur kepada Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Karena sudah memberikan rezeki dalam bentuk pakaian yang bagus dan layak untuk kita pakai.

Dan lebih bagus lagi, jika pakaian yang kita gunakan ini tidak hanya sekedar gaya gayaan, tetapi juga untuk melakukan ibadah. Karena saat kita memakai sesuatu benda, yang digunakan untuk beribadah. Maka di akhirat nanti benda itu akan membela kita pada hari kiamat kelak.

Doa Keluar Rumah

doa ketika keluar rumah

 

Doa keluar rumah. Jika kita lihat doa ini sangat pendek, mudah diucapkan, tetapi mempunyai keutamaan yang besar. Kamu bisa pikirkan, hanya membaca doa ini saja. Kita akan memperoleh jaminan keamanan, kecukupan, dan hidayah dari Allah. Dan semua itu merupakan kebaikan dunia dan akhirat.

Hidayah adalah kebutuhan sangat penting bagi seorang kita untuk tetap dapat istiqomah dijalan agama Allah. Yang nantinnya akan membimbing kita menuju kebahagiaan akhirat. Kecukupan akan memberikan rasa tenang kepada kita, saat masih hidup di dunia. Dan perlindungan dari godaan setan adalah jaminan keamanan yang juga Allah berikan kepada kita.

Allah akan berkata kepada seorang hambanya yang telah membaca doa ini. Kamu akan dihindarkan dari berbagai macam keburukan. Terlindungi dari macam-macam gangguan, dan keburukan yang tidak terlihat jelas maupun yang tidak tampak sama sekali.

Dan kamu akan mendapatkan hidayah, yaitu hidayah taufik, sehingga kamu dapat mengetahui mana haq dan mana yang benar. Dan tentu hidayah itu akan menuntun kamu agar selalu mengingat Allah begitu kamu keluar dari rumah.

Doa Masuk Kedalam Rumah

doa masuk rumah, bacalah doa ini

Didalam Islam, tentu sangat banyak amalan atau doa sehari hari yang dianjurkan untuk dibaca, agar dihindarkan dan dijauhkan dari godaan syaitan. Begitu juga ada doa khusus yang bisa kita baca agar syaitan tidak sampai memasuki ke dalam rumah. Kebanyakan orang kerap kali tergesa-gesa saat mau masuk ke dalam rumahnya. sehingga kebanyakan diantara kita itu lupa untuk membaca doanya.

Padahal, jika kita mengetahui dan mengerti faedahnya. Kita pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk berdoa saat kita memasuki rumah. Kamu tentu mengetahui syaitan senantiasa selalu mengganggu manusia.

Nah itu kanapa kita harus membaca doa sebelum memasuki rumah. Sebab syaitan tidak bisa masuk kedalam rumah yang pintunya dibuka dengan membaca doa. Akan tetapi, begitu juga sebaliknya. Ketika kita lupa membaca doanya ketika memasuki rumah. Syaitan bisa dapat tempat untuk bermalam. Dan dengan sesukanya mengganggu iman kita sehingga menjadi lemah.

Begitulah, jika kita tidak berdoa saat memasuki rumah. Dan lebih utama lagi sebelum membaca doa, lebih dahulu untuk mengucapkan salam.

Doa Masuk Kedalam Masjid

doa saat mau memasuki masjid

Masjid adalah rumah Allah Subhana Wa Ta’ala, yang harus dijaga kesuciannya. Agama islam sedemikian rupa mengatur setiap umat muslim dengan sunnah-sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Yaitu ketika seorang muslim akan berangkat, masuk masjid, saat di dalam masjid, maupun ketika keluar dari masjid. Salah satu sunnahnya adalah memabaca doa saat masuk dan keluar dari masjid.

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk membaca doa ketika hendak melakukan suatu perbuatan. Begitu juga saat kita mau masuk ke dalam masjid maupun keluar dari masjid. Karena masjid merupakan tempat untuk beribadah umat muslim, terutama untuk melakukan ibadah sholat dan kegiatan keagamaan lainnya.

Maka dari itu, ini lah sebabnya kenapa kita dianjurkan untuk membaca bagian dari doa sehari hari ini saat mau memasuki masjid. Kita haruslah memiliki adab, dan tentu memakai pakaian yang rapi juga jika kita hendak melakukan sholat. Agar senantiasa Allah selalu melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita.

Doa keluar dari Masjid

doa keluar dari masjid bacalah saat kita keluar dari masjid

Doa sehari hari selanjutnya ialah doa saat mau memasuki masjid, tentu ada juga ketika hendak kelaur dari masjid. Doa ini merupakan bagian dari salah satu sunnah Rasulullah SAW. Sebagai umat islam mengikutinya adalah sebuah keharusan. Maka dari itu ketika kita mau memasuki masjid ataupun hendak kelaur dari masjid, kita juga harus meniru apa yang Rasulullah lakukan. Yaitu salah satunya dengan membaca doa tersebut.

Mengamalkan doa tersebut tentu akan sangat baik bagi kita. Karena dengan mengerjakannya termasuk kedalam ibadah yang kita lakukan kepada Allah Subhana Wa Ta’ala.

Disamping itu, jika kita membaca doa tersebut, secara sadar kita sedang memohon kepada Allah untuk kemurahan-Nya. Pastinya kita sebagai ciptaannya begitu sangat mengharapkan kemurahan Allah. Agar hidup kita sanantiasa dimudahkan dan diselamatkan didunia dan akhirat.

Doa Sebelum Belajar

membaca doa sebelum belajar

Kumpulan doa sehari hari selanjutnya ialah doa sebelum belajar. Berdoa sebelum belajar sangat baik sekali jika diamalkan. Lebih utama lagi jika diajarkan kepada anak kecil. Jadi dari kecilsudah diajarkan untuk jadi terbiasa saat sebelum belajar mereka akan berdoa terbelih dahulu.

Berdoa sebelum belajar, itu berarti kita memohon kepada Allah untuk memudahkan kita dalam proses menuntut ilmu, mempealajari ilmu, memahami ilmu, dan mengamalkan sebuah ilmu.

Karena kita sadari,semua yang terdapat pada kita itu hakikatnya adalah dari Allah Subhana Wa Ta’ala. Kita tidak mempunyai apa-apa, dan tidak bisa berbuat apa-apa. Semua yang kita bisa sekarang itu adalah pemberian dari Allah. Dan ini semua adalah hanya titipan. Dan mungkin suatu saat nanti Allah akan mengambilnya kembali jika Dia menginginkannya kembali.

Begitu juga ilmu atau pengetahuan yang kita ketahui sekarang. Ini juga merupakan pemberian Allah. Maka kita tidak berhak untuk berlaku sombong kepada siapapun, terlebih kepada mereka yang pengetahuannya tidak sebanyak yang kita ketahui.

Berdoa sebelum belajar merupakan permohonan kita kepada Allah, agar Allah memudahkan kita untuk memahami ilmu yang akan kita palajari, dan ilmu itu pun agar tidak cepat terlupakan. Tentu kita juga memohon agar ilmu atau pengetahuan yang kita miliki maupun yang kita pelajari, itu bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Dan tentu saja kita juga memohon agar dapat mengerti dengan baik atas ilmu yang akan kita palajari. Begitu juga dengan ilmu-ilmu yang sudah kita ketahui. Sebaiknya kita mensyukuri juga karena semua itu merupakan bagian dari nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.

Nah ini pentingnya kanapa kita dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajat dan setelah selesai belajar. Agar ilmu itu bisa bermanfaat dan bertambah luas.

Doa Setelah Belajar

doa setelah belajar sangat baik jika kita bisa mangamalkannya

Doa sehari hari selanjutnya adalah setelah belajar. Jika ada doa sebelum belajar, maka ada juga doa setelah belajar. Seperti yang saya sudah uraikan pada doa sebelum belajar. Bahwa menuntut ilmu itu sangat penting. Terlebih lagi bagi seorang muslim. Karena dalam kehidupan tentu ilmu tersebut kan sangat berguna pada aktivitas dan kehidupan kita sehari-hari.

Doa setelah belajar ini juga penting dan harus kita ketahui. Alangkah lebih baik lagi jika kita bisa mengamalkannya apabila setelah belajar. Mengamalkan doa tersebut tentu ada keutamaan dan manfaatnya.

Apa keutamaan dan manfaatnya? Seperti yang kita ketahui doa itu adalah sebuah permohonan atau seruan. Nah jika kita membaca doa setelah belajar ini. Artinya kita memohon kepada Allah agar yang kita pelajari ini bermanfaat bagi kita dan tentunya orang lain juga. Tidak hanya itu saja, jika kita membacanya sama saja kita memohon kepada Allah untuk diberikan ingatan yang kuat tentang pelajaran yang kita pelajari.

Karena seperti yang sudah kita yakini. Bahwa Allah marupakan Tuhan yang maka kuasa. Tentu sangat mudah untuk menghendaki kita untuk mengingat pelajaran yang kita pelajari. Jadi kesimpulannya adalah bacalah doa setelah selesai belajar agar Allah memberikan ingatan yang kuat atas ilmu yang kita palajari.

Doa Untuk Kedua Orang Tua

doa untuk kedua orang tua,sebuah keharusan untuk kita sebagai anak untuk mendoakan orang tua kita

Berbakti kepada orang tua merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh seorang anak. Karena jasa orang tua kepada anaknya tidak akan pernah terbalaskan, walaupun seorang anak tersebut memberika emas sebesar gunung. Maka dari itu berbakti kepada orang tua adalah keharusan bagi setiap anak.

Didalam islam hubungan antara anak dan orang tua merupakan hal penting. Agama islam tidak hanya mengatur hubungan antara manusai dengan Allah saja. Akan tetapi juga mengatur hubungan antara manusia. Dan paling utama adalah hubungan antara anak dan orang tuanya.

Berbicara hubungan anak dan orang tua, maka salah satu cara terbaik untuk menjaga hubungan tersebut salah satunya adalah dengan cara berbakti. Yaitu bakti seorang anak kepada orang tuanya. Dengan cara apa agar kita bisa berbakti kepada orang tua. Yaitu selain patuh kepada orang tua, hal lain yang bisa lakukan adalah dengan cara mendoakannya.

Doa anak kepada orang tua, menurut hadits Rasulullah Saw. Merupakan salah amal yang tidak akan terputus walaupun orang tua tersebut sudah meninggal. Begitu juga sebaliknya, salah satu yang mustajab adalah doa orang tua kepada anaknya. Dan doa sehari hari ini tentu sangat baik jika diamalkan.

Maka dari itu menjaga hubungan yang dengan orang tua adalah sebuah kewajiban. Dan mendoakan orang tua juga sangat penting. Untuk itu doa ini bisa kita amalkan. Kapanpun kita bisa mendoakan orang tua, dan lebih utama lagi jika sehabis sholat.

Doa Mohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

doa mohon keselamatan dunia dan akhirat

Doa sehari hari selanjutnya adalah doa memohon untuk keselamatan didunia dan diakhirat. Kita semua pasti ingin diberi keselamatan didunia dan diakhirat kelak. Kenapa demikian? Karena dunia itu hanya sementara dan akhirat adalah kekal.

Artinya apa? Setelah kita mati atau waktu kita sudah habis didunia ini, maka kehidupan yang sesungguhnya akan baru dimulai. Yaitu kehidupan akhirat.

Meraih keselamatan di dunia dan akhirat itu tentang sangat sangat sangat kita inginkan. Maka salah cara agar kita meraih itu semua adalah dengan cara memohon kepada Allah selaku Tuhan yang maha segalanya.

Tetapi tentu hal itu bukanlah hal yang cukup mudah, berdoa aja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan amal yang baik. Misalnya amal sholat kita. Amal sholat kita merupakan amal yang pertama kali dihisab pada hari perhitungan kelak. Jika amal sholat kita baik, maka semua akan akan ikut menjadi baik. Dan tentu kebahagian akhirat yang insya Allah kita raih.

Namun apabila bila sebaliknya, maka neraka lah tempatnya. Dengan demikian, sebuah amal yang baik akan lebih lengkap juga jika barengi dengan permohonan yang baik seperti doa kesalamtan dunia dan akhirat ini.

Maka dari itu kita selaku makhluk ciptaan Allah sudah sepantasnya lah untuk kita patuh dan taat kepada Allah. Yaitu dengan cara menjalankan perintahnya dan meninggalkan larangannya.

Mungkin itu saja, doa sehari hari yang bisa saya jabarkan pada kesempatan kali ini. Masih banyak doa sehari hari yang tidak saya tuliskan pada artikel ini. Maka dari itu saya mohon maaf apabila ada kekurangan pada penulisan artikel ini. Semoga kita bisa mengamalkan apa yang baik-baik. salah satunya adalah doa sehari hari ini dan juga amal amal lainnya.

Dan bagi kamu yang ingin membaca pembahasan lain bisa dilihat disini Buatlagi.com

Leave a Comment

%d bloggers like this: