12 Jenis Kacang Kacangan Beserta Penjelasannya

Pengertian Kacang – Kacang adalah sumber energi yang baik untuk tubuh. Karena mengandung macam-macam nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Menurut pakar kesehatan mengatakan, cemilan yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari salah satunya adalah dari jenis kacang kacangan.

Bahkan para peneliti di American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa orang dewasa yang memasukan kacang kedalam menu hariannya. Dampak positif yang mereka alami ialah terjadinya penurunan berat badan serta perubahan ukuran lingkar pinggang mereka.

Kacang merupakan sumber zat makanan yang penting bagi manusia dan juga kehidupan liar. Sebenarnya sebutan kacang biasa digunakan untuk biji-bijian yang memiliki bentuk agak besar, kering dan berminyak.

Ada beberapa jenis kacang kacangan yang dapat kita ketahui diantaranya :

Kacang Almond

kacang almond jenis kacang kacangan
www.vemale.com

Almond atau yang disebut juga dengan Badam, dan amandel ialah merupakan bagian dari Subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tetapi kacang ini lebih dikenal dengan almond, padahal dalam bahasa indonesia tumbuhan ini disebut sebagai badam.

Warna kulit dari kacang ini adalah coklat tua, dan permukaan kulitnya tampak seperti keriput, dengan mempunyai bentuk kacang yang lonjong. Kacang almond ini sering juga dicampurkan ke dalam aneka makanan pencuci mulut, puding, kue bahkan sebuah minuman. Hal ini dikarenakan rasanya yang cenderung manis dan gurih.

Dan kandungan yang terdapat pada buah biji ini seperti vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya seperti protein, mangnesium, kalsium, kalium (potassium), serat, zat besi, zinc, selenium dan juga vitamin E.

Kacang Polong

kacang polong dan kandungannya
www.merdeka.com

Kacang polong, Ercis atau kacang ercis, berupa biji-bijian berwarna hijau yang dihasilkan dari tumbuhan sayuran. Tumbuhan yang berasal Asia Kecil ini, masih sejenis kapri (Penamaan lain pada biji ini).

Kapri biasa dimakan dengan dengan polongnya, sedangkan ercis dimakan hanya bijinya saja. Sejak dahulu telah dimanfaatkan untuk bahan pangan, namun sekarang lebih digunakan untuk sayuran dan pakan saja.

Ada dua macam kacang polong yang biasa dikonsumsi yaitu snow peas dan garden peas. Yang pertama adalah snow peas atau biasa disebut kacang kapri. Biasanya paling sering dikonsumsi dalam bentuk utuh dalam sup atau tumis.

Berbeda lagi dengan garden peas, yang tidak bisa dimakan utuh, melainkan hanya kacang polongnya saja. Sehingga anda harus terlebih dahulu untuk mengupas kulitnya. Kacang polong inilah yang biasa dibekukan atau diawetkan dalam kaleng.

Ada berbagai kandungan yang terdapat pada kacang polong ini diantaranya ialah energi, karbohidrat, protein, lemak, kolestrol, serat, folat, niacin, asam pantotenat, pyridoxine, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, Kalium, Tembaga, Besi, Magnesium, Manggan, selenium, Seng, Karoten-β dan Lutein-zeaxanthin.

Kacang Pistachio

kacang pistachio dan kandungannya
www.merdeka.com

Pistacio (Pistacia vera L., Anacardiaceae) adalah sejenis tumbuhan penghasil biji-bijian yang disebut dengan kacang pistachio. Tumbuhan yang tumbuh di daerah yang kering seperti Iran, Turmenistan dan Azerbaijan barat, tumbuh sebagai perdu ini bisa mencapai 10 m.

Kacang pistachio ini terbilang unik, teksturnya yang garing dan rasanya gurih serta renyah, bijinya yang berwarna hijau dilindungi oleh kulit yang berwarna krem yang katupnya sedikit terbuka. Karena warnanya yang cantik, sering juga dijadikan garnish pada makanan, dan lain lain.

Seperti halnya kacang almond, kacang pistachio juga kaya akan protein dan potasium, serta kandungan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, lemak, serat makanan, fosfor, kalium, tiamin, vitamin B6, beta karoten, lutein dan zeaxanthin, kalsium, zat besi, magnesium, seng, tembaga, mangan, vitamin C, riboflavin, niasin, asam pantotenat, asam folat, vitamin E, vitamin A, dan vitamin K.

Kacang Tanah

Kacang Tanah beserta penjelasannya
http://www.parenting.co.id

kacang tanah adalah biji dari buah polong-polongan yang tumbuh di dalam tanah. Kacang-kacangan dari kelompok fabiodeae yang juga merupakan tanaman penting kedua setelah tanaman kedelai.

Kacang ini berasal dari Amerika Selatan yaitu Brazilia, merupakan tanaman pangan berupa semak. Dan merupakan salah satu tanaman tropic yang memiliki tinggi 30 – 50 cm, serta tumbuh secara pardu, dan memiliki daun yang kecil.

Polong atau kulit kacang tanah memiliki corak garis-garis kasar dan berwarna kecoklatan. Sedangkan isinya, berbentuk kecil seperti kerikil, bulat-bulat, keras (ketika mentah) dan memiliki kulit tips di luar daging buahnya. Dan rasa  dari kacang ini agak sedikit manis.

Sebagai salah satu bahan masakan, kacang tanah bisa dikonsumsi lansung secara mentah, bisa juga setelah digoreng, direbus, maupun diolah menjadi selai sebagai pelengkap roti. Tidak heran kacang ini menjadi salah satu cemilan yang banyak diminati.

Selain rasanya yang enak dan menjadi cemilan, ternyata kacang tanah ini juga banyak akan kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Kandungan yang dimilikinya antara lain protein nabati, zat besi, vitamin B kompleks, kalsium, vitamin E, vitamin A dan vitamin K.

Kacang Kedelai

kacang kedelai baik untuk kesehatan
hellosehat.com

Glycine max adalah nama lain dari kacang kedelai, termasuk dalam kelompok Leguminosae atau jenis kacang kacangan. Biji kedelai pada umumnya berbentuk lonjong tetapi ada pula yang bundar atau agak bulat pipih.

Warna kulit bijinya adalah kuning, hitam, hijau, coklat. Dan biji kedelai berkeping dua, terbungkus kulit biji dan tidak mengandung jaringan endosperma.

Kacang yang merupakan sumber utama minyak nabati dunia dan protein nabati ini, sering dijadikan cemilan. Dan kedelai juga bisa diolah menjadi makanan lain seperti kecap, susu kedelai, tauco, kembang tahu, oncom, dan lain-lain.

Tak heran jika kacang kedelai ini merupakan kacang dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Itu disebabkan karena kacang ini menjadi bahan utama pada makanan wajib sehari-hari masyarakat indonesia, yaitu pada pembuatan tahu dan tempe.

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa selain memiliki rasa gurih dan enak, kacang kedelai juga banyak mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Selain sumber protein nabati, banyak kandungan baik juga seperti serat, lesitin, vitamin A, vitamin B komplek, dan vitamin E, serta kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium.

Kacang kedelai ini sering dijadikan sebagai pelengkap makanan seperti bubur ayam dan makanan lainnya. Tidak hanya itu saja, ternyata kacang kedelai juga bisa diolah menjadi susu yang sangat menyehatkan, dan bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi.

Kacang Tolo atau Kacang Tunggak

kacang tolo atau kacang tunggak
http://necturajuice.com

kacang tolo atau yang biasa disebut juga dengan kacang tunggak, merupakan termasuk salah satu jenis kacang kacangan. Mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan kacang kedelai dan kacang hijau ini, serta memiliki warna yang cenderung krem kecokelatan.

Tanaman yang mempunyai batang pendek dan tidak membelit ini, memiliki biji didalamnya yang berbentuk bulat panjang atau buntek. Dan kacang ini biasa ditanam di samping kebun, tegalan ataupun ladang. Kebanyakan dari masyarakat memanfaatkan bijinya untuk cemilan, dan juga untuk penambah bahan makanan seperti sayur dan lain-lain.

Selain rasanya yang gurih, padat dan sedikit kenyal, ternyata kacang tunggak ini juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh, diantaranya seperti lemak, kalori, serat, protein, kalium, zat besi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kacang Koro

kacang koro dan jenis kacang kacangan lainnya
http://www.republika.co.id

Bagi kamu yang suka makan cemilan pasti pernah mencoba dan memakan kacang koro ini, selain menjadi salah satu jenis kacang kacangan, memang kacang ini menjadi cemilan yang cukup digemari di masyarakat.

Dengan cara menggoreng saat mengolahnya menyebabkan memiliki rasa yang gurih dan teksturnya yang renyah. Paling cocok menjadi cemilan dan makanan ringan saat bersantai.

Karena mepunyai kandungan gizi yang hampir sama dengan kacang kedelai. Kacang koro juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk membuat tahu dan tempe. Dan kandungan lainnya yaitu lemak, kalori, protein, serat, kalium, zat besi dan masih banyak kandungan lainnya.

Kacang Merah

kacang merah ini termasuk jenis kacang kacangan
www.khasiat.co.id

kacang merah adalah salah satu tanaman yang satu kelompok dengan kacang hijau dan kedelai dan lain-lain, yaitu jenis polong-polongan. Kacang merah ini ada tiga jenis diantaranya kacang merah besar, kacang merah sedang, dan kacang merah kecil.

Bentuk biji dari kacang merah ini yang jauh lebih besar daripada kacang tanah dan kedelai. Serta memiliki cangkang lunak berwarna merah yang membungkus bijinya. Jika dikupas cangkangnya, maka akan terlihat bijinya yang berwarna putih. Kacang ini memiliki rasa yang gurih dan teksturnya yang lembut juga empuk.

Di Indonesia sendiri, kacang jenis ini mudah untuk ditemukan dan bisa dibilang paling sering dijumpai, karena mempunyai ukuran yang besar. Biasanya masyarakat mengolah kacang ini menjadi tambahan pada makanan seperti sup daging sapi, buntil, dan bahkan juga dijadikan sesuatu yang menyegarkan seperti es kacang merah.

Kacang merah juga termasuk salah satu jenis kacang kacangan yang kaya akan gizi serta tinggi serat. Dan juga mempunyai sumber karbohodrat kompleks, serat makanan (fiber), vitamin B (terutama vitamin B dan asam folat), mangaan, besi, fosfor, protein dan thiamin.

Kacang Hijau

kacang hijau dan penjelasannya
SolusiSehatku.com

kacang hijau ini tumbuh didaerah tropika merupakan sejenis tumbuhan palawija. Dan termasuk kedalam jenis kacang kacangan atau polong-polongan. Di Indonesia kacang ini sebagai tanaman pangan legum, menempati urutan ketiga terpenting setelah kacang kedelai dan kacang tanah.

Kacang hijau ini biasa diolah menjadi makanan seperti bubur, sebagai isi onde-onde, bakpau dan gandas turi. Kacang hijau berwarna hijau gelap dan memiliki bentuk serta ukuran yang mirip dengan kacang kedelai.

Selain rasanya yang enak jika sudah menjadi bubur kacang hijau. Kacang ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dan merupakan sumber mineral penting, seperti kalsium dan fosfor serta kandungan lemaknya.

Kacang Mete

kacang Meta dan penjelasannya
www.klikdokter.com

kacang mete, kacang mede, atau bisa disebut juga dengan kacang mente. Kacang ini berasal dari biji buah jambu monyet atau jambu mede yang dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam makanan. Didalam dunia boga ilmu botani, mete ini dianggap sebagai kacang, padahal sebenarnya merupakan biji tunggal dari buah sejatinya.

Kacang ini bisa dibilang unik, karena dari buah jambu mete, memiliki bentuk yang sedikit melengkung dengan ukuran sedang yang berwarna kecoklatan. Karena teksturnya yang renyah dan memiliki rasa yang enak dan gurih. Kacang mete ini juga sering dijadikan sebagai campuran pada coklat, kue, dan makanan lainnya.

Bahkan kacang yang sering diolah sebagai cemilan atau makanan ringan ini, merupakan jenis kacang kacangan yang hargannya cukup mahal. Tetapi harga tersebut sebanding dengan gizi dan citarasa yang ditawarkan.

Kacang Pecan

kacang pecan dan manfaatnya
berita masa kini – WordPress.com

kacang pecan merupakan kacang yang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Maka dari itu tidak heran jika kacang ini terdengar asing bagi anda. Kacang ini memang terkenal di Amerika, biasanya diolah untuk isi kalkun panggang, isi pie, cemilan dan berbagai macam makanan lainnya.

Meskipun kacang ini lebih terkenalnya di Amerika, tetapi sudah tersedia di Indonesia, biasanya dapat ditemukan di pasar swalayan terdekat dan toko untuk bahan- bahan untuk pembuatan kue. Dan kacang ini lebih sering dijual dalam bentuk kemasan kaleng, plastik dan eceran.

Kacang pecan ini memiliki cangkang keras yang di dalamnya terdapat sebuah biji seperti kopi. Dan ukuran kacang ini kira- kira sebesar jari jempol orang dewasa.

Selain rasanya yang gurih dan renyah. Kacang pecan ini termasuk dalam jenis kacang kacangan yang sering dijadikan campuran dalam pembuatan berbagai makanan. Seperti kue, cake atau sebagai taburan pada dessert seperti es krim. Dan tidak lupa juga kandungan yang terdapat pada kacang pecan ini juga cukup banyak. Seperti sumber nutrisi, vitamin, mineral, serat, asam lemak oleat, dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan.

Kacang Macadamia

kacang Macadamia dan jenis kacang kacangan lainnya
www.lianorg.com

Kacang macadamia atau sering juga disebut dengan Queensland nuts ini merupakan kacang yang berasal dari Australia. Tanaman ini bisa tumbuh dengan tinggi bisa sampai 50 meter dan disetiap bunganya terdapat satu sampai dua biji kacang saja.

Kacang macadamia ini selain rasanya lezat, cenderung manis, gurih dan aromanya pun lembut. Dan merupakan yang paling mahal diantara jenis kacang kacangan. Jumlah yang cukup sedikit inilah yang menyebabkan harga kacang ini melonjak cukup tinggi.

Bijinya yang mirip kemiri ini, tidak hanya dikonsumsi secara mentah atau diolah sebagai cemilan saja. Tetapi banyak juga orang-orang mengolah kacang ini menjadi minyak, untuk menyehatkan kulit, dan terutama untuk rambut.

Tidak cukup itu saja, ternyata kacang macadamia juga mempunyai kandungan yang bagus untuk kesehatan. Seperti minyak tak jenuh, karbohidrat, protein, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, vitamin E, vitamin B kompleks,dan juga asam folat.

 

Ternyata ada banyak sekali ya jenis kacang kacangan yang bisa ditemukan. Semua jenis kacang kacangan ini sangat baik untuk dikonsumsi. Dan tentunya sangat baik juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tetapi mengkonsumsinya jangan sampai berlebihan.

Mana yang menjadi kacang favorit anda?

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: