33+ Contoh Pantun Palang Pintu Betawi yang Lucu dan Menarik

Pantun Palang Pintu Betawi yang Lucu dan Menarik

Pantun palang pintu – Siapa yang tidak mengenal suku betawi? Hampir setiap orang mengenalnya. Orang betawi merupakan penduduk asli dari kota jakarta. Sebagai pusat pemerintahan, jakarta memang memiliki banyak sekali keunikannya. Suku betawi sendiri memiliki keunikan dalam pernikahannya.

Dimana, proses pernikahan yang berlangsung dengan menggunakan kebudayaan betawi harus melalui beberapa prosesi.

Termasuk pada prosesi adanya palang pintu.

Sang jagoan jawara harus bertarung pantun jawara silat betawi untuk memperoleh kemenangan. Karena itu, artikel ini akan membahas dengan lengkap kumpulan pantun palang pintu.

Prosesi perkawinan dengan adanya palang pintu ini sangatlah unik. Seperti yang diketahui, bahwa perkawinan dapat dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Untuk masyarakat betawi sendiri, perkawinan di anggap sakral.

Karena itu, prosesi yang dilakukan juga cukup unik. Tradisi palang pintu merupakan pelengkap dalam prosesi pernikahan yang dilakukan.

Saat akan memasuki rumah dari pengantin, maka tuan rumah akan menghadang dan terjadilah adu pantun. Kebiasaan orang betawi ini memang cukup menarik dan juga dijadikan sebagai tradisi yang dilakukan turun temurun dari sejak dulu.

Tertarik untuk mencari pantun palang pintu yang berkualitas? Baca terus artikel dibawah ini mengenai kumpulan pantun betawi.

Artikel Terkait : 55+ Contoh Pantun Lucu, yang Bisa Bikin Ketawa Ngakak

Berikut ini Beberapa Pantun Palang Pintu Singkat

Pantun betawi sendiri memiliki keunikan dalam bentuk yang cukup singkat. Karena itu, kami akan memberikannya hanya untuk anda. Berikut pantun palang pintu melayu yang dapat dijadikan referensi, untuk kemudahan maka akan disingkat dalam (A) untuk mempelai pria dan (B) untuk mempelai wanita.

(A) : Bang.. Asalamulaikum
(B) : Walaikumsalam
(A) : Makan sekuteng di daerah pasar jum’at
Tidak lupa, mampir ke rawa jati
Aye kesini ama rombongan dengan segala hormat
Mohon diterime dengan senang hati.

(B) : Bang, Ade pagi ade malem
Ade pula bulan ade matahari
Kalo bukan lantaran perawan noh di dalam
Kaga bakalan gue anterin kemari.

(A) : Bang.. Asalamualaikum
(B) : Walaikumsalam bang
(A) : Anak ayam di kolong bale
Lagi asyik makan pete
Mohon maaf atas segale kate
Salah sikap dan semua kate

(A) : Assalamulaikum bang
(B) : Walaikumsalam
(A) : Ada bocah pelihare kate
Kalo ada salah, maafin kita ye
(B) : Buah jambu lagi di sayur lodeh
Kalo gue kaga mau, kaga urusan deh
(A) : Ikan teri disamper gledek
Idul fitri is a come beck

Pantun Palang Pintu Untuk Mempelai Pria

pantun palang pintu pria

Terdapat beberapa pantun  lamaran betawi palang pintu yang digunakan oleh mempelai pria. Dengan begitu, tentu harus memahami perkataan yang digunakan dalam membuat pantun lebih keren. Berikut referensi lebih jelasnya.

Ikan asin ikan patin
Siape yang paling cepet
Die yang dapetin.

Ngambil buah, pake dipetik
Pohonya panjang kepengen mati
Muda mudahan aye dapet cewek cantik
Biar bisa awet ampe nanti

Ke rawa jati cari cincin batu
Itu batunye bukan sembarang batu
Kalo eneng emang siap di bantu
Abang siap nih buat ngebantu

Jalan jalan ke daerah keramat
Ada tikus kena jerat
Kalau udah nih cinta melekat
Tai tikus pun, terasa coklat

Si ani pakey mukena buat sembahyang
Mukena ditarik lagi sembahyang
Jangan Cuma perempuan aje yang kite sayang
Emak enyaknya juga ingin disayang

Gadis bukan sekedar gadis
Lantaran gadis, ini perawan
Ne gadis, kaga sadis
Kalau ente mau, lewatin dulu nih tangan

Ijo ijo nyak daun rambutan
Lebih ijo lagi rerumputan
Biar ente mau ni perawan
Maju dulu, mari di lawan

Kue puding, dari tangerang
Kedipin mate untuk cari menantu
Pasang tuh kuping terang terang
Maju dulu nih jago gue satu-persatu

Buah jambu jangan diasinin
Makanan jogja guded namenye
Sarat pertama emang elu penuhin
Tapi masih ade sarat kedue

Buah pepaya bukan sembarang pepaya
Buahnye satu minta di petikin
Aye saat ini sungguh bangga
Mantu yang begitu yang diarepin

Bintang same awan-awan
Aye itungin satu persatu
Berapaun abang ada jagoan
Aye ladenin satu persatu

Buah melon di tusuk belati
Pake motor, lurus jalannye
Banyak nih, jago yang mati
Cuma gini pukulannye

Kumpulan Pantun Palang Pintu Untuk Mempelai Wanita   

pantun palang pintu

Selain mempelari pria, maka wanita juga harus menggunakan pantun yang tepat. Penggunaan pantun yang tepat akan sangat membantu untuk memeriahkan palang pintu. Berikut lebih jelasnya pantun palang pintu betawi lucu.

Buah bulan roah jangan pernah dihitung
Baca rawinya pelan-pelan
Eh bang, aye malu ama bang pitung
Kalo anak betawi, kaga bisa maem pukulan

Roti buaye di sunda kelape
Di daerah betawi, sedikit arak-arakan
Biar kate nih ilmu gue kaga seberape
Nyang pentin bisa bikin usus lu berantakan

Gue punya pantun nih
Kue bolu enak rasenye
Assalamualaikum semuanye

Buah nanas, bukan sembarang nanas
Nanasnye ade bikin jantung panas
Lu kalau ngomong jangan ngegas
Gue cincang-cincang jadi nanas

Baju item celane item
Dijaitnye pake benang
Kalo emang lu jago berantem
Mari buktiin siape yang menang

Rawe yang dulunye angker
Sekarang nih, udah jadi angkringan
Lu kalo mau bawa jawara yang keker
Jangan kek gini bang, cangingan

Selendang merah batik merah
Kandang ayam gue bersihin
Eh bang, jangan bikin gue marah
Lodang idung lo bisa gue kencingin

Beli dipasar bajunya merah
Mau ke jakarte lewat gombong
Udah sih jangan marah
Kalau gue ini emang sedikit sombong

Jalan-jalan mampir di mujul
Mau ke pasar mencari gemblong
Lu sekarang mau menjual?
Kaga ragu, langsung gue borong

Ikan paus namane ipus
Ikan emas sodare ikan gabus
Banyak yang bilang badan aye kurus
Pahami bang, pelure aje kagak tembus

Peci biasanya warnanya item
Kekecilan kaga bisa aye paksain
Ane males sebenernya berantem
Tapi kalau abang yang minta, aye jabanin

Tukang tuak dagangnye malem
Maunya nongkrong kaga punya kranji
Coba lu jangan Cuma bisenye berantem
Gue pengen denger lu sekarang ngaji

Kumpulan Pantun Palang Pintu Terpopuler

pantun palang pintu

Selain beberapa pantun diatas, maka terdapat pula pantun yang begitu populer. Berikut lebih jelasnya tentang pantun palang pintu betawi singkat.

Di gelap hutan, ade buaye nongol
Jangan disanka setan, ini ada hewan disono
Kalau abang emang ngaku jagoan jongol
Sini, aye ceburan muke ke sono

Rumput laut lebih segar dari rumput darat
Ubur-ubur aye pungutin sendirian
Eh bang, jangat kate mau ribut di darat
Ngajak ribut di aer juga aye turutin

Buah jambu buah kedondong
Gue pikul same minum arak
Lu kalo kate jangan sok sombong
Sekali pukulan, lu muntah berak

Bang, ni golok bukan sembarang golok bang
Ngambilnya di rawa rotek sampe tragis bang
Lu punya mulut, dijaga bang
Gw grasak, mampus lu bang

Diatas keras, dibawah dongo
Dongo item, kage bisa matiin
Bang, biar kate emang jago
Mati nyeh, kita buktiin

Beli bayam dua iket
Iketanya pake tanggan
Kalo udah cinte nih teriket
Mati sekalipun bukan halangan

Disana gunung disini gunung
Coba hitung satu persatu
Katanya abang nih jagoan
Hadepin gue satu lawan satu

Bawa jajanan ke pasar cikini
Raknya satu, mau dirampas preman
Kalo emang abang jagoan dimari
Hadapin neh, aye ada permainan.

Berikut ini video pantun palang pintu dalam sebuah acara pernikahan dalam adat betawi.

Begitulah beberapa kumpulan pantun palang pintu yang dapat anda jadikan referensi. Untuk membuat pantun tersebut tentu dibutuhkan pemahaman yang tepat. Pastikan untuk menggunakannya sesuai pada kebutuhan. Semoga bermanfaat !

Leave a Comment

%d bloggers like this: