15+ Contoh Paragraf Argumentasi (Lengkap): Pengertian, Jenis, & Cirinya

Buatlagi.com – Pasti kita pernah mengalami, suatu masalah saat mengutarakan sebuah pendapat. Pendapat yang kita ungkapkan itu ada sebagian pihak tidak menerimanya. Padahal pendapat yang kita sampaikan itu membangun dan sangat baik. Adakah yang salah dengan pendapat kita tersebut?

Tentu itu akan membuat kita bertanya-tanya, apa sih penyebabnya pendapat yang kita ungkapkan kadang- kadang ditolak orang lain? Setelah ditelusuri penyebabnya, mungkin pendapat yang kita sampaikan itu, hanyalah pendapat yang biasa saja. Mengapa saya katakan seperti itu? Penyebabnya adalah pendapat yang kita sampaikan itu, tidak dibarengi dengan argumentasi.

Maka dari itu, pendapat yang dibarengi dengan Argumentasi akan lebih bisa diterima oleh orang lain pada umumnya. Dan mungkin sekarang kita bertanya-tanya apa sih argumentasi itu? Nah bagi kamu yang belum mengetahuinya apa itu argumentasi. Pada kesempatan ini mari kita belajar bersama, membahas tentang paragraf argumentasi.

Kita akan mulai membahas dari apa itu pengertian paragraf argumentasi, ciri- cirinya, jenis-jenisnya bahkan hingga contohnya. Maka dari itu simaklah dengan baik dan fokus penjelas tantang argumentasi ini. Tetapi sebelumnya, bagi kamu yang belum mengetahui apa itu paragraf, kamu bisa baca tantang paragraf  terlebih dahulu.

Oke langsung saja penjelasan tentang paragraf argumentasinya sebagai berikut.

Pengertian Paragraf Argumentasi

pengertian paragraf argumentasi
dikatama.com

Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang paragraf argumentasi, alangkah sangat baiknya jika juga tahu apa itu pengertian paragraf argumentasi itu sendiri. Paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf yang dibikin untuk menyanggah atau menyela pendapat yang telah diungkapkan.

Dengan kata lain, paragraf ini bertujuan untuk meyakinkan orang lain. Terhadap pendapat yang sudah kita sampaikan maupun ungkapkan. Tentunya agar orang lain akan sependapat dengan pendapat kita.

Agar sebuah pendapat yang disertai pendapat argumentasi ini dapat diterima oleh orang lain. Maka seseorang yang menyatakan pendapat tersebut, haruslah menyertakan sumber yang menjadi rujukan dari pendapatnya. Tentunya sumber yang menjadi rujukan itu merupakan sumber yang benar kebenarannya, terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Misalkan seorang penulis yang akan menulis sebuah buku. Tentu dia dapat mengambil sumber dari berbagai macam media. Seperti buku, data peneliatian, website, hasil penelitian, dan banyak sumber lainnya. Hal tersebut tentu bertujuan agar pendapat yang nanti akan kita sampaikan, akan membuat orang lain percaya. Dan juga bukan sebuah omong kosong belaka.

Selain agar memperkuat pendapat yang nanti kita sampaikan. Ternyata paragraf argumentasi juga mempunyai fungsi lain, yaitu bisa untuk menolak pendapat yang tidak sama dengan pendapat kita. Akan tetapi pendapat yang kita sampaikan itu pastinya mengandung argumentasi yang lebih kuat dari pendapat tersebut.

Apabila argumentasi yang telah kita sampaikan itu lebih kuat dari pendapat lainnya. Sudah bisa dipastikan, pendapat yang kita ungkapkan itu akan lebih diterima dan orang lain pun akan mengikuti pendapat kita. Walaupun tidak akan semua orang akan setuju dan mengikutinya.

Hal tersebut tentu sangat wajar terjadi. Penyebabnya mungkin karena mereka tidak bisa menerima pendapat orang lain, dan mereka sudah merasa nyaman dengan pendapatnya. Dan jika hal ini terjadi pada kamu, langkah terbaik yang harus kamu lakukan adalah jangan marah, dan menghormati pendapatnya.

Akan lebih baik lagi jika kamu bisa terima dengan lapang dada, dan terus memperjuangkan apa yang kamu sampaikan itu agar lebih diterima oleh orang banyak.

Ciri-ciri Argumentasi

pengertian cerpen
www.pexels.com
  1. Bersifat mempengaruhi bagi pembacanya. Bermaksud agar pembaca itu setuju atas pendapat atau keyakinan penulis.
  2. Mengambil sumber yang fakta, referensi dari pengalaman, hasil penelitian, dan hasil pengamatan.
  3. Pendapat yang penulis buat, haruslah menggukan logika saat menyampaikannya, dan penalaran sebagai landasan berpikir untuk pembaca.
  4. Sebuah paragraf yang dibuat untuk meyakinkan para pembaca tentang pendapat penulis.
  5. Ditutup sengan sebuah kesimpulan dari suatu masalah yang telah dijabarkan.
  6. Buat menolak pendapat yang tentu berbeda dengan pendapat kita.
  7. Dalam menulis argumentasi biasanya seorang penulis menggunakan kalimat ajakan.
  8. Dalam mengungkapkan sebuah argumentasi penulis harus menggunakan bahasa yang baik, bersifat rasional, dan objektif. Dan dengan menggunakan kata-kata yang lugas dan
  9. Memiliki sebuah analisis dan sintesis saa penulis menyampaikan suatu objek.
  10. Dituliskan berdasarkan pendapat yang mengandung sebuah fakta.
  11. Argumentasi yang disampaikan berisi pandangan, keyakinan atau pendapat penulis tentang suatu masalah.
  12. Memiliki sumber yang berisi rujukan, berupa data faktual dan terpercaya, yang bertujuan untuk mengkokohkan pendapat.
  13. Dapat menjelaskan sebuah permasalahan, berdasarkan hasil penelitian dan hasil dari analisis penulis.

Tujuan Pembuatan Argumentasi

  1. Menyampaikan pendapat yang bertujuan untuk mempengaruhi para pembaca.
  2. Untuk membantah pendapat yang bertolak belakang dengan pendapat kita.
  3. Sebagai sarana memecahkan sebuah permasalahan.
  4. Memecahkan masalah tanpa harus memiliki sebuah hasil yang pasti.
  5. Untuk meyakinkan seseorang terhadap sebuah masalah, sesuai dengan pemikiran kita

Jenis Argumentasi

jenis argumentasi ini terbagi menjadi 2 bagian
http://murid.info

Perlu kita ketuhui, bahwa paragraf argumentasi itu terbagi menjadi dua jenis. Dan setiap jenis paragraf ini juga terdapat adanya perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Namun, perbedaan yang terdapat pada paragraf ini lebih mengarah kepada pola penulisannya.

Agar kamu tidak bingung dan penasaran, kita akan simak penjelasan mengenai jenis-jenis paragraf argumentasi berikut ini.

Pola Sebab-Akibat

Pola sebab-akibat merupakan argumentasi yang disampaikan menggunakan pola sebab akibat. Pada argumantasi jenis ini. Seorang yang menyampaikan pendapatnya harus menyebutkan beberapa alasan atas sebuah masalah. Ketika sudah menyampaikan sebab masalahnya. Baru kemudian sampaikan juga akibat yang akan ditimbulkan dari masalah tersebut.

Contoh Pola Sebab-Akibat

Musim kemarau yang terjadi sejak 5 bulan lalu, menyebabkan para petani tidak maksimal dalam memanen tanamannnya. Hasil tanaman yang dihasilkan beberapa bulan kebelakang, sangat sedikit dan kualitasnya pun sangat kurang baik. Tentu hal tersebut membuat para petani mengalami kerugian.

Begitu juga dengan kualiatas hasil kali ini, sangat kurang baik. hasil panen tersebut pun hanya bisa dijual dengan harga yang sangat murah. Tentu mereka mengalami kerugian dua kali. Hasil yang tidak maksimal dan penjualan yang tidak menguntungkan.

Karena kehabisan modal untuk bertanam, tidak sedikit para petani yang beralih profesi menjadi tukang bangunan. Dan bahkan memutuskan untuk berhenti untuk bertanam lagi.

Pola Akibat-Sebab

Pola akibat sebab, argumentasi jenis ini, merupakan kebalikannya dari argumentasi sebab akibat. Karena dalam hal ini, seseorang yang mengemukakan pendapatnya haruslah menyebutkan akibatnya terlebih dahulu dari sebuah masalah. Baru kemudian menyebutkan sebab-sebab pemicu dari terjadinya sebuah masalah.

Contoh Pola Akibat-Sebab

Wonogiri adalah salah satu kota yang sering dilanda oleh bencana longsor. Bahkan ketika turun hujan dengan kuantitas yang sedikit saja. Sudah bisa dipastikan tanahnya itu mengalami rusak dan longsor. Sebagai wilayah yang memiliki banyak pepohonan, harusnya hal tersebut tidaklah terjadi.

Parahnya, penyebab terjadi bencana longsor tersebut. Dikarenakan rasa keserakahan manusia, yang ingin memiliki keuntungan yang berlimpah. Tanpa memikirkan kerusakan alam yang diakibatkan penebang liar tersebut. Itulah penyebabnya mengapa terjadinya bencana longsor dikota tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
rebanas.com

Setelah kita membahas tentang paragraf argumentasi, tidak lengkap rasanya bila kita tidak mengetahui contohnya juga. Dan contoh-contoh ini juga akan melengkapi pembahasan tentang argumentasi ini. Oke langsung saja mari kita bahas juga contoh-contohnya. Diantaranya sebagai berikut.

Contoh Paragraf Argumentasi yang Membahas Tentang Pantai

contoh paragraf argumentasi
Tribun Travel – Tribunnews.com

Pantai merupakan pinggir lautan yang terdiri dari pasir dan terdapat di pesisir laut. Pantai juga merupakan daerah batas antara daratan dan perairan laut. Pantai juga merupakan salah satu tempat hiburan untuk keluarga. Banyak dari keluarga menghabiskan waktu luang atau waktu liburnya bersama keluarga di pantai.

Selain menjadi tempat rekreasi yang mengasikkan, pantai juga menjadi tempat pas untuk membawa keluarga untuk berkumpul. Suasana yang cerah akan menambah rasa menyenangkan.

Jika hari libur sekolah, pantai merupakan salah satu tempat yang banyak dikunjungi. Pastinya banyak anak kecil yang senang bermain pasir, dan bermain air laut. Pantai juga tempat yang sangat bagus untuk kita menghilangkan stres. Ataupun rasa lelah karena aktivitas setiap harinya.

Contoh Paragraf Argumentasi yang Membahas Tentang Jagung

contoh paragraf argumentasi membahas tentang jagung
www.pexels.com

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang menghasilkan karbohidrat. Dan jagung ini salah satu tumbuhan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Karena karbohidrat yang dihasilkan itu sangat penting, baik untuk tubuh dan tentu untuk kesehatan kita.

Bahkan bagi penduduk Amerika Tengah, tanaman jagung merupakan pangan pokok. Begitu juga dengan di Indonesia. Jagung ini memang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Akan tetapi saat ini, jagung banyak digunakan oleh para peternak sebagai bahan pakan ternaknya.

Tidak hanya itu, jagung kini dimanfaatkan sebagai sumber dari minyak pangan. Dan juga dijadikan sebagai bahan dasar dari tepung maizena. Karena kandungan yang terdapat pada jagung ini sangat baik. Tidak mengherankan jika jagung juga dimanfaatkan menjadi bahan baku untuk berbagai produk industri farmasi, seperti kosmetik dan kimia.

Contoh Paragraf Argumentasi yang Membahas Tentang Sholat

contoh paragraf argumentasi tentang sholat
islampos.com

Sholat merupakan bagian dari Rukun Islam, yaitu rukun yang ke dua. Dalah sehari semalan umat islam mengerjakan sholat yang wajib sebanyak 17 rakaat. Dibagi menjadi 5 waktu, yakni waktu Isya, Shubuh, Dzuhur, Ashar, dan Maghrib.

Sholat merupakan perintah dari Allah Subhana Wa Ta’ala. Maka sebagai seorang muslim diharuskan untuk menunaikannnya. Sholat juga merupakan tiang agama. Mengerjakannya adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim, dan meninggalkannya merupakan perlakuan dosa yang sangat besar.

Jika kita mengerjakan sholat dengan ikhlas, maka kita akan diberi pahala dan dengan izin Allah kita akan ditempatkan di surganya Allah. Tetapi jika kita meninggalkannya maka tempat yang paling cocok adalah di neraka.

Sholat juga merupakan amal yang pertama kali dihisab dihari penghisaban nanti. Jika amal sholat kita baik, besar kemungkinan amal kita yang lain juga akan baik dan tentu diterima oleh Allah. Tetapi jika amal sholat kita buruk, tentu itu sangat tidak baik. Karena amal sebaik apapun yang kita lakukan, kemungkinan akan ditolak oleh Allah.

Maka dari itu menjaga sholat bagi setiap umat muslim itu sangat penting. Dan Allah akan menjamin bagi siapa saja umat muslim yang menjaga sholatnya, maka Allah akan menyelamatkannya di dunia dan juga di akhirat. Oleh karena itu sholatlah kamu sebelum kamu di sholatkan oleh orang lain.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pencemaran Udara

pencemaran udara
Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah suatu kehadiran yang terjadi pada subtansi fisik, biologi, atau kimia pada atmosfer. Dengan jumlah yang sangat membahayakan kesehatan manusia dan mahkluk hidup lainnya, serta juga penyebab terjadinya kerusakan pada alam.

Pada umumnya sebuah pencemaran udara bisa terjadi disebakan oleh beberapa sumber alami ataupun suatu kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Beberapa gambaran gangguan fisik seperti polusi udara, radiasi, panas, dan bahkan polusi cahaya yang di anggap sebagai polusi udara.

Suatu sifat alami yang terdapat pada udara, menyebabkan sebuah dampak pencemaran udara bisa secara langsung dan lokal, bisa juga regional dan bahkan global.

Dan perlu diketahui juga bahwa pencemaran udara didalam ruangan bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Dan hal tersebut sama buruknya dengan pencemaran yang terjadi diruangan terbuka.

Maka dari itu manusia sebagai mahkluk yang Tuhan berikan akal, sudah sepantas untuk menjaga alam ini dengan sebaik-baiknya. Perlu adanya sebuah kesadaran dalam hal menjaga sebuah lingkungan dari suatu pencemaran. Karena dampak pencemaran tersebut kita pula yang merasakan. Dan tentu hal tersebut akan berlangsung secara terus menerus. Nah, mari kita sama-sama menjaga alam ini dengan sebaik-baiknya.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Buah Zuriat

Buah Zuriat merupakan yang banyak digunakan sebagai pengobatan alami pada pasangan suami istri, khususnya bagi mereka yang ingin memiliki keturuanan namun belum memilikinya. Buah yang terdapat di daerah Sudan dan Mesir ini, memang sangat bagus manfaatnya.

Dan banyak yang sudah mencoba dari buah zuriat ini, banyak juga yang sudah mendapatkan hasil yang baik dari ihktiarnya mengkonsumsi buah zuriat, ya tentunya semua itu tetap adanya izin atau kehendak dari Allah SWT.

Buah ini memang memiliki kulit atau penutup luar yang cukup keras, dan mempunyai isi buahyang mirip layaknya buah kelapa. Buah ini sangat terkenal di bangsa Arab, karena khasiatnya yang sangat baik digunakan dalam media pengobatan alami.

Nah, bagi kamu yang belum diberikan keturunan dan sudah sangat ingin memiliki momongan, sangat bisa ihktiar dengan buah ini. semoga dengan mencoba buah ini segera mendapatkan apa yang di inginkan tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Buah Mangga

buah naga untuk ibu hamil dan janin
Tribun Jogja – Tribunnews.com

Mangga atau yang bisa disebut juga dengan mempelam merupakan sejenis buah, dan begitu pula dengan nama pohonya. Buah mangga memiliki nama ilmiah yaitu mangafire indica, dan nama tersebut memiliki arti yakni pohon yang berbuah mangga. Dan ini berasal dari India.

Pohon mangga merupakan termasuk tumbuhan yang memiliki struktur batang yang tinggi dan termasuk kedalam arboreus yaitu termasuk tumbuhan berkayu yang memiliki tinggi dengan batang yang lebih dari 5 m. Pada umumnya tinggi mohon mangga bisa mencapai antara 10-40 m.

Di Indonesia sendiri buah mangga ini salah satu buah yang populer dikalangan masyarakat. Dan selalu dinanti-nanti kehadirannya saat waktu panen tiba. Buah mangga yang masak bisa langsung dikonsumsi atau bisa juga dibuat sebagai bahan tambahan pada kue dan es.

Atau bisa juga dikonsumsi sebagai rujak. Banyak dari masyarakat indonesia juga menjadikan buah ini menjadi salah bahan untuk membuah rujak. Selain rasanya yang segar dan memang sangat enak jika buah ini dipadukan dengan sambal yang pedasnya menggoyang lidah.

Akan tetapi jika digunakan untuk campuran rujak, biasanya bukan sudah matang. Melainkan yang masih muda. Mangga yang masih muda akan menambah sedap jika digabungkan dengan sambal.

Nah bagi kamu yang suka rujak, sangat cocok ini buah yang satu ini. Tentu dapat juga dikonsumsi secara langsung jika sudah matang.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya uraikan pada pembahasan mengenai paragraf argumentasi ini, jika kamu memiliki pertanyaan bisa dituliskan pada kolom komentar dibawah ini. Sekian terima kasih banyak.

Leave a Comment

%d bloggers like this: