Pengertian Paragraf, Beserta Ciri-ciri, Jenis-jenisnya dan Contohnya

Halo teman-teman buatlagi.com, apa kabar hari ini? Mudah-mudah dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya. Kali ini saya akan membahas materi pelajaran yang pernah saya pelajari waktu disekolah. Simak baik-baik ya teman, artikel ini akan membahas salah satu pelajaran Bahasa Indonesia. Yaitu tentang pengertian Paragraf, ciri-ciri, jenis-jenis beserta contohnya.

Mungkin secara tidak sengaja ataupun secara tidak sadar, sebenarnya kita itu sering membuat kalimat paragraf. Entah itu dalam surat, catatan harian, berkirim-kiriman pesan, ataupun pada tugas menulis disekolah. Bahkan kita sering membaca sebuah paragraf yang terdapat pada artikel yang tersebar dimedia sosial, koran, dan lain sebagainya.

Hanya saja kita tidak mengetahui bagaimana pengertian paragraf itu sendiri serta ciri-ciri paragraf dan jenisnya apa? Nah dalam artikel ini kita akan mempelajari itu semua. Jadi nanti kita akan mengetahui apa itu pengertian paragraf, ciri-ciri dan jenis-jenisnya.

Pengertian Paragraf

pengertian paragraf
www.pexels.com

Paragraf merupakan sebuah kumpulan dari kesatuan pikiran yang lebih tinggi kedudukannya, serta lebih luas daripada sebuah kalimat. Atau arti lain dari paragraf ialah bagian yang bermula dari suatu karangan.

Dan teridiri dari beberapa kalimat, yang isinya itu berupa ungkapan suatu informasi ataupun kalimat dengan pikiran utama. Serta pemikiran utama tersebut dijadikan sebagai pusatnya dan pikiran penjelas sebagai pendukungnya.

Paragraf bisa terdiri dari beberapa kalimat maupun kumpulan kalimat. Akan tetapi kalimat tersebut tentu saja berhubungan antara yang satu dengan yang lian, pada suatu rangkaian yang akan membentuk sebuah kalimat.

Paragraf juga bisa dimaksud dengan penuangan gagasan ataupun ide dari penulis melalui suatu kalimat maupun kumpulan kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. Dan tentu kalimat tersebut adalah yang berkaitan dan juga memiliki satu tema. Selanjtunya paragraf juga bisa dimaksud sebagai karangan yang singkat.

Ciri-ciri Paragraf

ciri ciri paragraf
www.pexels.com

Setalah kita mengetahui dan memahami tentang pengertian paragraf. Mari kita pelajari dan ketahui juga bagaimana ciri-ciri suatu paragaraf. Adapun ciri-ciri suatu paragraf adalah sebagai berikut :

  1. Kalimat pertama letaknya terdapat agak dalam. Yaitu, dengan jarak lima ketukan spasi untuk jenis kalimat atau karangan yang biasa.
  2. Paragaraf memakai pikiran utama yang dinyatakan dengan kalimat topik.
  3. Setiap paragraf memakai sebentuk kalimat topik dan selebihnya merupakan kalimat pengembang dan kalimat itu mempunyai fungsi untuk menguraikan, menerangka, dan menjelaskan pikiran utama yang terdapat pada sebuah kalimat topik.
  4. Dan yang terakhir adalah paragraf itu memakai pikiran penjelas yang dinyatakan pada kalimat penjelas. Kalimat itu berisi tantang detail-detail kalimat topik. Dan yang harus diketahui adalah paragraf bukanlah kumpulan kalimat topik, melainkan berisi satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas. Serta kalimat penjelas itupun berisi mengenai detail yang sangat spesifik dan tidak mengulang pikiran penjelas lainnya.

Kalimat utama ataupun kalimat topik merupakan kalimat pokok atau bisa juga disebut sebagai gambaran umun tentang ide atau gagasan yang ingin disampaikan. Begitu pula dengan kalimat penjelas, merupakan uraian dari ide yang akan disampaikan.

Dengan kata lain Kalimat penjelas itu menjelaskan ataupun menerangkan pikiran utama yang ada pada kalimat topik. Misalnya, kita mau membahas tentang buku.

Maka dengan begitu kalimat utama pada pragraf tersebut ialah gambaran umum tentang sebuah buku. Sedangkan kalimat penjelasnya dapat berupa gambaran khusus tentang buku tersebut.

Syarat Sebuah Paragraf

syarat sebuah paragraf
www.pexels.com

Paragraf yang baik ialah paragraf yang dapat menyampaikan pikiran dengan baik kepada para pembaca. Didalam kalimat tersebut tidak hanya terdapat pengertian paragraf saja, melainkan juga terdapat syarat. Dan syarat itupun akan menuntukan bagaimana paragaraf itu baik. Adapun syarat yang harus dimiliki pada sebuah paragraf ialah kesatuan, kepaduan dan kelengkapaan.

  • Kasatuan

Yang dimaksud dengan kesatuan disini adalah sebuah paragraf harus dibuat dengan satu pikiran yang jelas. Satu pikiran tersebut dapat dijelaskan kedalam bentuk pikiran pokok ataupun pikiran utama dan beberapa pikiran jelas. Hubungan pikiran satu dengan yang lainnya, akan menandakan bahwa paragraf tersebut telah mempunyai kesatuan.

  • Kepaduan

Kepaduan ini terwujud dari hubungan seragam antar kalimat pembentuk paragraf. Kepaduan yang baik akan terjadi, jika hubungan timbal balik pada kalimat itu sangat mudah dipahami wajar. Terdapat beberapa cara supaya paragraf itu mempunyai kepaduan yang kompak ataupun seragam. Yaitu dengan memakai kata penghubung, kata ganti, serta perincian dan urutan pikiran.

  • Kelengkapan

Dan selanjutnya ialah kelengkapan, suatu paragraf bisa dikatakan lengkap jika paragraf itu berisi kalimat-kalimat penjelas yang cukup buat menunjang kalimat pokok.

Fungsi Paragraf

fungsi paragraf adalah sebagai berikut
www.pexels.com

Setelah kita menegtahui apa itu pengertian paragraf, ciri-cirinya, syarat sebuah paragraf. Lalu selanjutnya adalah fungsi paragraf. diantaranya sebagai berikut:

  • Mengekspresikan gagasan yang tertulis

Maksud dari mengekspresikan gagasan penulis disini adalah paragraf tersebut memberikan berupa suatu pikiran. Serta perasaan yang diekspresikan kedalam sebuah rangkaian kalimat yang disusun, sehingga membentuk suatu kesatuan pada paragraf tersebut.

  • Manandai peralihan gagasan baru

Selanjutnya ialah menandai peralihan gagasan baru, maksudnya adalah sebuah kata yang disusun menjadi sebuah kalimat. Terdiri dari beberapa paragraf yang memiliki gagasan atau ide. Dan gagasan maupun ide tersebut diletakan dimasing- masing paragraf. Sehingga jika kita merangkai sebuah paragraf baru, maka kita juga sedang membuat gagasan baru.

  • Memudahkan penulis dan pembaca

Memudahkan penulis dan pembaca, yaitu ketika seorang penulis menyusun sebuah kalimat. Fungsi dari paragraf tersebut akan memudahkan penulis pada saat menyusun suatu gagasannya. Dan fungsi untuk pembaca adalah pembaca akan lebih mudah memahami gagasan dari si penulis.

  • Memudah pengembangan topik

Penjelasan dari memudahkan pengembangan topik ialah paragraf tersebut merupakan sebuah karangan ke dalam sebuah bentuk pemikiran yang lebih kecil.

  • Memudahkan pengendalian variabel

Dan fungsi paragraf selanjutnya yaitu untuk memudahkan pengendalian variabel. Paragraf tersebut akan memudahkan kita terutama pada suatu kalimat yang dikarang yang terdiiri dari banyaknya variabel.

Struktur Paragraf

struktur paragraf haruslah jelas
www.pexels.com

Jika kita sudah memahami pengertian paragraf. Maka yang harus ketahui bahwa suatu paragraf pastinya terdiri dari beberapa kalimat. Kalimat tersebut yaitu berupa kalimat utama dan kalimat penjelas. Pada kalimat utama dijelaskan bahwa kalimat mengandung ide pokok ataupun gagasan utama. Sedangkan untuk kalimat penjelas ialah sebuah kalimat yang mengandung sebuah penjelasan dari kalimat utama.

Struktur paragraf pada kalimat utama, terdiri hanya pada satu kalimat saja. Dan biasanya kalimat utama itu mempunyai ciri- ciri sebagai berikut:

  • Pada kalimat tersebut mengandung suatu permasalahan yang dapat diuraikan lebih banyak lagi.
  • Berupa kalimat yang sempurna yang dapat berdiri sendiri.
  • Mempunyai arti yang sangat jelas tanpa harus dihubungkan dengan kalimat yang lainnya.
  • Kalimat tersebut dapat terbentuk tanpa memerlukan kata sambung.

Struktur paragraf pada kalimat penjelas, mempunyai ciri- ciri sebagai berikut:

  • Kalimat tersebut tidak bisa berdiri sendiri
  • Kalimatnya harus dijelaskan dengan kalimay yang lain, agar mengetahui makna yang terdapat didalamnya.
  • Kalimat tersebut biasanya memerlukan kata penghubung
  • Dan kalimatnya mempunyai isi berupa perincian, contoh, keterangan, dan data lain yang akan nantinya akan mendukung kalimat utama..

Jenis-Jenis Paragraf

jenis-jenis paragraf terdapat beberapa macam
www.pexels.com

Dengan pengertian paragraf dan ciri-cirinya yang sudah diuraikan di atas. Maka kita dapat mengetahui dan juga memahami, bagaimana bentuk suatu paragraf itu. Paragraf terdiri atas beberapa mecam paragraf yang dapat dikatagorikan sesuai degan letak isi kalimat dan kalimat pokoknya.

Dan selanjutnya akan membahas tentang jenis-jenis dari pengertian paragraf. Adapun jenis-jenisnya ialah sebagai berikut:

Paragaraf yang berdasarkan jenis ceritanya yaitu :

1. Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu hal kejadian berdasarkan urutan rangkain waktunya. Paragraf ini terbagi menjadi dua jenis, diantaranya yaitu narasi runtut cerita dan narasi kejadian. Paragraf narasi runtut cerita merupakan sebuah paragraf yang mempunyai pola pengembang. Pengembangnya ini lah yang dimulai dengan suatu tindakan. Dan tindakan itu yang akan menghasilkan sesuatu yang berlanjut katahap selanjutnya hingga tahap akhir dari suatu cerita.

2. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang mempunyai tujuan untuk menjelaskan, menyampaikan sebuah informasi, memaparkan dan menerangkan suatu topik kepada orang lain. Tujuan lain dari paragraf ekspoisi ialah untuk memberikan informasi kepada orang lain. Dan untuk dapat mengerti dan memahami paragaraf eksposisi ini kita harus bisa menganalisa, serta menghubungkan dengan pengetahuan yang kita punya.

3. Paragraf Argumentasi

Paragaraf argumentasi merupakan paragraf yang dimanfaatkan untuk menjelaskan ataupun mengungkapkan suatu gagasan, ide, maupun sebuah pendapat dari penulis yang disertai bukti dan juga fakta. Paragraf ini bertujuan untuk membuat yakin orang lain. Bahwa ide ataupun gagasan tersebut adalah benar dan terbukti nyata.

4. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi yakni paragraf yang mempunyai maksud agar membujuk orang lain untuk melakukan suatu hal yang inginkan dari penulisnya. Dan supaya tujuan tersebut dapat tesampaikan, penulis haruslah bisa membuat pembaca yakin atau percaya dengan disertai bukti yang nyata.

Paragaraf yang berdasarkan letak dari pikiran utamanya yaitu :

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif ialah paragraf yang mempuyai letak kalimat utamanya berada diawal paragraf. Dan untuk bagian kalimat penjelasnya disisipkan sebelum kalimat utamanya.

2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif yaitu sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada diakhir paragraf. Dan untuk kalimat penjelasasnya ditempatkan sebelum kalimat utama.

3. Paragraf Campuran (Deduktifinduktif)

Paragraf campuran ialah suatu paragraf yang mempunyai kalimat utamanya diletakan diawal dan diakhir sebuah paragraf. Sedangkan untuk kalimat penjelasnya berada ditengah- tengah suatu paragraf.

setelah kita membahas tentang pengertian paragraf, struktur, ciri-cirinya dan juga jenis-jenisnya. Untuk lebih melengkapi pembahasan ini. saya sisipkan juga contoh-contohnya. Agar kalian semua benar-benar memahami apa apa yang sudah diuraikan pada pengertian paragraf di atas. Adapun contoh-contohnya adalah sebagai berikut.

Contoh Dari Jenis- jenis Paragraf

Contoh Paragraf Narasi

Kehidupan 2 Anak Laki-laki

Contoh Paragraf Narasi Bercerita Tentang Kehidupan 2 anak laki-laki
www.pexels.com

Contoh paragraf narasi ini menceritakan tentang dua orang anak laki- laki. Yang hidup dan tinggal disebuah hutan. Saat mereka pergi berburu untuk memenuhi kebutuhannya, mereka bertemu dengan seorang yang kaya raya yang kebetulan saat itu sedang berburu juga. Karena kedua anak tersebut menceritakan keadaan hidupnya saat itu. Akhirnya orang kaya tersebut mengajak kerumahnya dan menjadikan mereka anak angkatnya.

Contohnya sebagai berikut:

“Di sebuah hutan, hiduplah 2 orang anak laki- laki, yang bernama banu dan bani. Mereka tinggal di dalam hutan tanpa kedua orang tuanya. Disebuah gubuk berukuran kecil meraka berjuang untuk bertahan hidup. Keharian meraka adalah berburu binatang untuk menjadi santapannya. Ketika sedang berburu, kedua anak itu bertemu dengan saudagar yang kaya raya yang kebetulan sedang berburu juga. Karena rasa empati yang dimiliki saudagar kaya tersebut akhirnya kedua akan tersebut di ajak untuk kerumahnya dan tinggal besamanya”.

Elsa dan Seekor Kelinci

contoh Paragraf Narasi
www.pexels.com

Cerita dibawah ini mengisahkan seorang anak perumpuan yang pergi ke sebuah hutan mencari kayu bakar. Untuk membantu ibunya dalam kebutuhan memasak. Saat dia mencari kayu bakar tersebut, tanpa disengaja dia menemukan seekor kelinci yang berwarna putih. Dan dia membawa kelinci tersebut ke rumahnya.

“Disuatu pagi yang cerah, ada seorang anak perempuan yang sedang mencari kayu bakar di hutan. Anak perempuan itu bernama Elsa. Hampir setiap pagi dia mencari kayu bakar di hutan untuk membantu ibunya memasak. Walaupun ia terbilang masih anak-anak, namun tidak ada rasa takut sedikitpun saat dia menelusuri hutan dengan sendirian.

Karena sebelumnya dia sudah terbiasa mengikuti ayahnya masuk kedalam hutan, untuk mencari kayu bakar dan kebutuhan makan lainnya. Tetapi saat itu ayahnya sedang pergi jauh dan tidak bisa menemaninya untuk mencari kayu bakar.

Saat iya mencari kayu bakar tersebut. Ia mendengar suara-suara yang membuatnya agak sedikit takut. Suara itu sumbernya berada pada semak-semak dibelakangnya. Karena rasa penasaran yang tinggi, akhirnya dengan memberanikan diri dia pun menghampiri sumber suara tersebut.

Saat posisinya sudah sangat dekat dengan semak-semak dan suara itu. Tiba-tiba lompatlah seekor kelinci yang berwarna putih yang cukup besar. Karena hal tersebut tentu sangat terkejut dan tubuhnya agak terpental kebelakang. Dan ternyata sumber suara tersebut merupakan sebuah kelinci yang besar dan lucu.

Akhirnya karena dia menyukai kelinci tersebut, dibawah kelinci itu ke rumahnya. Dan dia juga memberitahukan kepada ibunya kejadian yang dia alami tersbut. Dan dia pun meminta izin kepada ibunya untuk memelihara kelinci yang dia temukan di hutan itu. Tentu ibunya sangat mengizinkan hal tersebut. karena ibunya juga menyukai seekor kelinci.”

Contoh Paragraf Ekspoisisi

Membahas Tentang Beras

Contoh Paragraf Ekspoisisi
www.pexels.com

Beras merupakan makanan yang berasal dari tumbuhan padi berupa gabah yang telah dipisahkan dari kulitnya. Karena kandungan karbohidratnya yang cukup banyak. Sehingga tanaman ini marupakan salah satu bahan pokok makanan yang ada di Indonesia. Dan sudah dikonsumsi oleh nenek moyang sejak jaman dahulu.

Beras mempunyai beberapa jenis, dan dari setiap jenis beras tersebut terdapatlah keunggula dari masing- masing besar tersebut. Diantaranya ada yang unggul hargnya, kualitasnya, bahkan ada yang unggu dengan kandungan gizi yang dimilikinya.

Tanaman yang hanya memiliki tinggi kira- kira satu meter sampai satu setengah meter ini. Biasa ditanam oleh para petani pada daerah yang memiliki dataran cukup rendah. Disebabkan tanaman padi ini merupakan salah satu tanaman yang mempunyai akar serabut sehingga tanaman ini bisa hidup pada dataran rendah.

Mie Instan Makanan karbohidrat

Contoh Paragraf eksposisi
palingseru.com

Mie instan adalah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Apa itu karbohidrat sederhana? Yaitu makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, maka makanan tersebut hanya akan memberikan efek kenyang hanya sementara di perut. Akan tetapi efek kenyang tersebut justru malah akan membuat perut menjadi lebih lapar. Sehingga kita pun akan terpicu untuk manambah makan lagi.

dan jika hal itu terjadi, maka kita akan banyak mengkonsumsi makanan, karena mengkonsumsi banyak makanan bisa jadi tubuh kita akan menjadi gemuk, dan jika badan kita menjadi gemuk, kemingkinan akan mudah terserang penyakit barbahaya.

Ada sebagian orang saat ini, memakan mie isntan dengan dibarengi dengan nasi juga. Padahal kedua jenis makanan tersebut sama-sama mengandung kerbohidrat. Dan itu sangat lah tidak baik bagi kesehatan. Karena jika makan mie dengan nasi, maka kita akan memakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang berlebih.

Oleh sebab itu, memakan mie instan dan nasi secara bersamaan haruslah dikurangi saat ini juga. Memang jika mengkonsumsi kedua makanan itu sekaligus akan membuat kita kenyang. Namun itu bukanlah hal yang baik bagi kesehatan, akan tetapi malah membuat kita rentan terhadap penyakit.

Contoh Paragraf Argumentasi

Tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Argumentasi
www.pexels.com

Musim kemarau tahun ini merupakan kemarau terberat dalam kurun waktu hampir 10 tahun terakhir. Hujan yang tidak turun sejak 6 bulan lalu, mengakibatkan sumber air menjadi kering, begitupun dengan tanahnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh BMKG. Tahun ini diperkirakan akan turun pada bulan depan.

Jika hal itu benar terjadi. Maka sudah bisa dipastikan kemarau yang terjadi saat ini, bukanlah kemarau yang biasa. Disebabkan kamarau ini terjadi selama 7 bulan. Sedangkan menurut data yang diperoleh dari BMKG tahun lalu, kamarau terjadi hanya selama 5 bulan.

Dengan demikian, banyak dari para petani mendapati kerugian karena gagal panen yang dialaminya. Karena sawah yang mereka pakai untuk bertanam menjadi kering.

Contoh Paragraf Persuasi

 Manusia Makhluk Sosial

Contoh Paragraf Persuasi
www.pexels.com

Manusia ialah makhluk sosial, artinya manusia itu tidak bisa hidup sendiri. Semua orang pasti membutuhkan yang namanya bantuan orang lain untuk melakukan urusan yang dilakukan didunia ini. Bahkah dari kita lahir hingga menemui ajal, pasti kita dibantu oleh orang lain.

Selain itu jika kita tolong menolong, pasti melakukan pekerjaan apa pun akan terasa mudah dan ringan. Meskipun ada beberapa pekerjaan yang bisa hanya dilakukan sendiri. Akan tetapi jauh lebih mudah apapun pekerjaannya jika dilakukan bersama. Jika kita melakukan suatu pkerjaan itu sendiri pastinya akan terasa lebih berat dan kemungkinan hasilnya pun kurang memuaskan.

Maka dari itu kita haruslah saling tolong menolong dalam hal apapun. Dan kita juga harus tanamkan jiwa saling tolong menolong antar sesama, agar semua yang kita lakukan itu menjadi mudah.

Contoh Paragraf Deduktif

 Masakan Khas Padang yaitu Dendeng

Contoh Paragraf Deduktif
http://www.agrowindo.com

Dendeng merupakan masakan khas kota Padang. Masakan yang satu ini memiliki beberapa varian. Salah satunya diantaranya adalah dendeng balado. Makanan yang terbuat dari daging sapi ini dipotong dengan bentuk yang tipis dan melebar. Daging sapi yang telah dipotong tersebut kemudian dijemur hingga kering dibawah sinar matahari.

Setelah daging tersebut kering, yang dilakukan selanjutnya adalah menggorengnya dan kemudian diberi bumbu dasar yang terbuat dari bahan- bahan rempah. Seperti cabai yang dikenal dengan nama bumbu balado.

Kemacetan Lalu Lintas

kemacetan kota jakarta
BreakingNews.co.id

Kemacetan merupakan suatu hal biasa di Ibu kota Jakarta. Kemacetan tersebut tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya, kemacetan tersebut bisa disebabkan oleh jumlah kendaraan yang melebihi batas dan tidak seimbang dengan luasnya jalan. Faktor selanjutnya, kurangnya rasa disiplin dan saling perduli untuk semua pengguna jalan raya.

Ketiga, adanya tempat-tempat yang cukup mengganggu lalu lintas jalan. Seperti pasar yang terlalu melebar ke jalan raya, rel kereta api, bahkan halte yang tidak difungsikan, banjir, dan para pedagang kaki lima yang berjualan tapi tidak mematuhi peraturan untuk jualan.

Dan faktor terakhir, bisa jadi penyebab sebuah kemacetan itu adalah tidak tegasnya para aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas. Itulah kemungkinan besar penyebab dari sebuah kemacatan yang terjadi pada kota jakarta.

Salah satu penyebab paling besar pada sebuah kemacetan adalah banyaknya kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Maka dari itu pemerintah seharusnya membatasi kebijakan untuk memproduksi kendaraan. Jika hal itu bisa dilakukan, kemungkinan besar kemacetan akan berkurang. Produksi kendaraan secara banyak, tentu akan menambah padatnya sebuah jalan.

Memang sebuah kemacetan ini banyak terjadi pada kota-kota besar. Hal itu tentu sangat memungkinan terjadinya kemacetan. Karena padatnya penduduk dan memiliki mobil pribadi lebih dari pada satu. Tetapi transportasi publik juga mempengaruhi terjadinya sebuah kemacetan. Bisa jadi transportasi publik tersebut tidak seimbang dengan kebutuhan jalan dan juga kepadatan penduduknya.

Dampak dari sebuah kemacetan juga banyak, diantaranya adalah kerugian waktu. Banyak waktu terbuang saat menghadapi sebuah kemacetan. Karena kecepatan perjalanan yang rendah. Kehausan kendaraan menjadi lebih tinggi. Dan bahkan menyebabkan bertambahnya polusi udara jika terjadi sebuah kemacetan. Bisa juga membuat stress pengguna jalan itu sendiri. Dan banyak dampak lainnya.

Contoh Paragraf Induktif

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

menjaga kebersihan lingkungan sekolah
malangtoday.net

Menjaga kebersihan di sebuah sekolah bukan hanya merupakan tugas dari petugas kebersihan saja. Melainkan merupakan tugas dari semua para siswa dan siswi juga. Dan tentu para siswa itu dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dibimbing oleh bapak maupun ibu guru.

Tidak hanya petugas dan murid-murid saja yang menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Melainkan juga semua orang yang memang punya kepentingan pada sekolah tersebut. Seperti karyawan sekolah, satpam, petugas tata usaha, pengelola kantin, dan sebagainya. Mereka juga diharuskan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Karena kebersihan itu memang penting pada lingkungan, apalagi lingkungan sekolah itu hampir setiap hari digunakan untuk kegiatan sekolah. Agar keadaan lingkungan yang bersih juga akan membuat nyaman dalam proses belajar dan mengajar pada murid serta juga guru-guru. maka dari itu semua warga sekolah wajib menjaga kebersihan sekolah.

Contoh Paragraf Campuran

Mengkonsumsi Sayuran Hijau

mengonsumsi sayuran hijau
BantenNews.co.id

Apabila kita sangat jarang dalam mengkonsumsi sayuran hijau, hal tersebut bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan. Akibatnya bisa berupa rentannya tubuh kita terhadap suatu penyakit. Artinya tubuh kita sangat mudah untuk sakit dan terserang berbagai penyakit. Terutama penyakit yang menyerang daya tahan tubuh.

Jarang dalam memakan sayuran hijau juga bisa membuat kita menderita kekurangan darah, atau yang disebut juga dengan penyakit anemia. Jika kita menderita anemia, tubuh kita akan mudah terasa lemas. Dan hal ini tentu akan sangat mengganggu segala aktivitas yang kita lakukan. Karena dalam melakukan segala aktivitas tentunya kita membutuhkan tenaga. Agar yang kita lakukan itu menjadi mudah.

Akibat lainnya jika tidak mengkonsumsi sayuran hijau adalah kurangnya serat pada tubuh kita. Hal itu akan menyebabkan kita mudah mengalami penyakit sembelit. Jika seseorang yang menderita penyakit sembelit ini, maka orang tesebut akan mengalami masalah pada buang air besarnya. Atau mengalami kesulitan pada saat buang air besar.

Tentu mengalami hal tersebut sangat tidak mengenakan. Bukan hanya mengganggu bagi kesehatan tubuh kita saja. Akan tetapi juga mengganggu segala aktivitas yang kita lakukan. Dan yang perlu kita ketahui yaitu ternyata, jika jarang mengkonsumsi sayuran hijau, dapat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada artikel tentang pengertian paragraf ini, semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan pada tulisan saya kali ini. Saya mohon maaf. Terima kasih.

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: