Pengertian Paragraf Deskripsi, Beserta Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya

Halo sahabat buatlagi.com, bertemu lagi pada saat yang bahagia ini. Bagaimana kabar teman-teman semua? Mudah-mudah dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya. Pada kesempatan ini, kita masih pembahas salah satu materi pelajaran disekolah. Yaitu pelajaran bahasa Indonesia. Tema yang akan kita bahas kali masih berkaitan dengan pelajaran sebelumnya. Yakni masih tentang jenis paragraf.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang paragraf Eksposisi dan Narasi. Nah untuk kali ini kita akan membahas salah satu jenis paragraf juga yaitu tentang paragraf Deskripsi. Sebelum kita membahas lebh jauh lagi. Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan paragraf ini?

Untuk kalian yang saat ini masih bersekolah, pastinya tahu ya salah satu dari jenis paragraf deskripsi ini? Apalagi bagi kalian yang senang dengan pelajaran bahasa indonesia di sekolahnya. Karena yang saya ketahui, materi ini cukup sering juga dibahas pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Tetapi bagi kamu yang belum mengetahuinya. Jangan khawatir, karena saat ini juga kita akan sama-sama membahas apa saja yang terdapat pada sebuah paragraf deskripsi. Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, jenisnya, cara membuatnya, dan tak lupa juga disertai dengan contohnya.

Oke langsung saja ya sahabat, untuk mulai pembahasannya. Pertama-tama kita mulai dengan pengertiannya lebih dahulu. Adapun pengertian dari paragraf deskripsi adalah sebagai berikut. Selamat membaca!

Pengertian Paragraf Deskripsi

pengertian Paragraf Deskripsi
www.pexels.com

Hal utama agar kita mengetahui bagaiamana sebuah paragraf deskripsi itu dibuat. Maupun ingin mengetahui bagaiamana sih sebuah paragraf deskripsi yang terdapat pada sebuah tulisan. Kita harus terlebih dahulu harus mengatahui dari paragraf deskripsi itu sendiri. kenapa demikian? Hal tersebut agar kita lebih mudah memahami apa yang kita bahas nanti.

Pertama-tama kita mulai dengan pengertiannya. Langsung saja. Paragraf deskriptif atau yang biasa disebut dengan paragraf deskripsi, merupakan sebuah paragraf mempunyai tujuan untuk menjelaskan sebuah objek. Sehingga pada paragraf tersebut dibuat seolah-olah para pembaca itu melihat objeknya.

Dalam arti lain tentang paragraf ini adalah untuk menerangkan sebuah objek yang dimuat pada sebuah tulisan yang nantinya dapat dirasakan oleh indera manusia. Karena pada penulisan paragraf dengan jenis ini. Penulis diharuskan untuk memaparkan sebuah objek secara mendetail. Atau dengan kata lain, bahwa objek tersebut benar-benar sudah dilihatnya secara langsung.

Dan untuk aspek yang digukanan pada tulisan deskripsi ini, bisa berupa suatu keadaan, perasaan ataupun sifat. Dengan aspek yang digunakan ini, penulis mempunyai tujuan yaitu untuk membuat pembaca seolah-olah melihat objek yang dimuat pada tulisan tersebut.

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi berserta penjelasannya
www.pexels.com

Setekah membahas dan memahami apa itu pengertian paragraf deskripsi. Alngkah baiknya jika kita mengetahui juga apa itu ciri-cirinya. Agar kita nantinya dapat mengetahui bagaimana cirinya. Dan dapat membedakan dari jenis paragraf yang lainnya. Pada deskripsi ini terdapat beberapa ciri. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Paragraf tersebut dituliskan memakai kaidah yang sudah ditentukan sebelumnya.
  2. Pada umumnya, paragraf tersebut dibuat berdasarkan pengalaman dari si penulis.
  3. Pada paragraf tersebut penulis haruslah berusaha menyertakan peristiwa yang dialaminya.
  4. Pada kalimat tersebut terkandung kata-kata maupun frasa yang memiliki makna suatu sifat ataupun keadaan.
  5. Menjelaskan suatu ciri-ciri yang terdapat pada objek yang menjadi bahan pada tulisan tersebut.
  6. Melibatkan panca indera seperti penglihatan, penciuman, perasa dan pengecap pada tulisan tersebut.
  7. Menggambarkan sebuah objek, seperti benda, suasana, kejadian, tempat, maupun sebuah keadaan.

Tujuan Paragraf Deskripsi

Tujuan Paragraf Deskripsi untuk membuat penulis mudah dalam membuat paragraf deskripsi
www.pexels.com

Seperti yang sudah dijelaskan diawal pembahasan. Deskripsi ini pada umumnya adalah sebuah tulisan yang dibuat untuk menerangkan atau menggambarkan suatu objek yang ingin diungkapkan oleh penulis. Dan obejek tulisan tersebut bisa berupa suatu keadaan, benda, tempat dan lain sebagainya.

Dan dalam tulisan tersebut penulis mempunyai tujuan yaitu untuk menyampaikan pendapatnya, terhadap objek yang menjadi pembahasannya. Dengan demikian, pendapat yang disampaikan bisa saja berupa himbauan, nasehat, mauapun suatu ajakan penulis. Namun, deskripsi ini bisa juga digunakan penulis hanya untuk menjelaskan suatu objek yang dilihatnya dengan maksud membuat pembacanya terkesan dan seakan-akan melihat objek tersebut secara langsung.

Pengertian Paragraf Deskripsi dari Sisi Sebuah Teks

Pengertian Paragraf Deskripsi dari Sisi Sebuah Teks
www.pexels.com

Teks deskripsi ialah sebuah karangan teks yang memaparkan atau menerangkan suatu objek melalui teks. Dan teks tersebut bertujuan agar para pembaca bisa merasakan suatu keadaan pada objek tersebut. Dan hal itu bisa dirasakan hanya dengan membaca teks deksripsinya saja.

Misalnya adalah seorang penulis novel. Dalam menulis novel tentu seorang penulis itu harus bisa menggambarkan suatu objek yang menjadi topik pemabahasannya. Ataupun latar belakang dari isi novel tersebut.

Sehingga, para pembacapun akan meresapi apa yang menjadi isi dari novel itu, dan bisa membayangkan bagaimana suasana, maupun keadaan pada isi novelnya.

Dalam penulisan suatu teks deskripsi, terdapat dua pilihan dalam gaya penulisannya. Pertama adalah seorang penulis menggunakan deskripsi objektif. Yaitu penulis membuat suatu tulisan tersebut yang berdasarkan sebuah fakta yang benar-benar terjadi.

Dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan deskripsi subjektif. Yaitu seorang penulis dalam membuat sebuah tulisan tersebut dengan menggunakan sebuah opini. Dengan kata lain, kebenaran dari sebuah tulisan yang buatnya tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Karena dalamhal ini, penulis membuat karya tulisannya berdasarkan isi hatinya. Ataupun hanya pengalaman pribadinya.

Agar lebih mudah dipahami pada pembahasan tentang paragraf deskripsi ini, akan saya jelaskan juga apa saja jenis-jenis yang termasuk dalam paragraf deskripsi tersebut. Adapun dari jenis-jenisnya adalaha sebagai berikut.

Jenis-jenis paragraf Deskripsi

Jenis-jenis paragraf Deskripsi
www.pexels.com

Berdasarkan jenisnya, paragraf deskripnya terdapat beberapa macam, dan dari setiap jenis mempunyai beberapa perbedaan. Adapun perbedaan tersebut bisa terdapat pada cara penulisan, tujuan dari paragraf tersebut, ataupun pengambilan materinya. Agar lebih jelasnya bisa dilihat pada jenis deskripsi dibawah ini.

  1. Deskripsi Subjektif merupakan sebuah paragraf yang dibuat berdasarkan suatu hasil pemikiran dari penulis. karena pada tulisan tersebut yang menjadi dasar utamanya adalah sebuah opini dari seorang penulis tersebut.
  2. Deskripsi Objektif merupakan sebuah paragraf yang dibuat berdasarkan sebuah fakta. Dengan kata lain, hasil karya tulisan tersebut adalah murni dari sebuah kejadian yang nyata. Tanpa adanya opini ataupun sebuah karangan dari hasil pemikiran penulis.
  3. Deskripsi Waktu merupakan paragraf yang ditulis agar para pembaca dapat membayangkan kapan terjadinya peristiwa tersebut. Dan dalam tulisan itu bisa menggambarkan bagaimana peritiwa itu terjadi. Itulah penjelasan dari deskripsi waktu.
  4. Deskripsi Spasial merupakan sebuah paragraf yang dibuat untuk menjelaskan sebuah objek tertentu. Dan objek tersebut harus dijelaskan secara detail. Pada umumnya deskripsi ini menggambarkan sebuah ruangan, tempat ataupun suatu benda.

Cara membuat Paragraf Deskripsi

Cara membuat Paragraf Deskripsi
www.pexels.com

Dalam membuat sebuah paragraf tentu ada sebuah langkah-langkah. Kenapa demikian? Agar susunan kalimat pada paragraf tersebut menjadi lebih terarah, apa yang menjadi tujuan atau pesan pada paragraf tersebut tersampaikan kepada para pembacanya. Dan bagi kamu yang ingin membuat sebuah paragraf deskripsi, berikut adalah cara-caranya.

1. Menentukan objek

Langkah awal dalam membuat sebuah paragraf adalah tentukan dulu objeknya. Kenapa harus objeknya dulu yang harus ditentukan. Hal ini disebabkan objek tersebut merupakan pokok bahasan pada isi paragrafnya. Maka dari itu kita harus yakin dalam menentukan objek yang kita akan bahas nantinya.

Menentukan objek pada apa yang akan kita jabarkan. Itu ibarat seperti tema pada sebuah karangan. Tentu pada isi tersebut akan selalu membahas objek tersebut. Dan sesuatu yang berkaitan dengan objek itu sendiri.

Dan objek itu sendiri bisa berupa sesuatu yang didekat kalian, atau apapun yang dapat dilihat secara langsung disekitar kita. Atau bahkan sebuah pengalaman yang kita milikipun bisa kita jadikan sebagai objek pada tulisan yang akan kita buat nantinya.

2. Menentukan jenis paragraf yang akan digunakan

Setelah mendapati objek apa yang akan dibahas, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis paragraf apa yang akan digunakan. Dan tentu yang cocok jika digunakan untuk membahas objek tersebut. Pilihlah salah satu dari jenis deskripsi ini. Bisa berdasarkan sebuah opini atau sebuah fakta yang benar-benar terjadi.

Dalam hal ini, tentu akan sangat mempermudah kita dalam membuat paragrafnya. jika kita ingin membahas suatu objek dengan opini kita, bisa digunakan yaitu deskripsi subjektif. Dan dalam isi tersebut bebas dalam memilih apa yang akan dibahas. Bisa berupa pesan, nasihat, ataupun himbauan. Tentu yang lebih mudah membahas apa yang kita sukai. Karena ini akan mempengaruhi juga pada hasil tulisan kita nantinya.

3. Menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami

Menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami
www.pexels.com

Jika sudah mengetahui dengan jenis paragraf deskripsi apa sebuah objek itu dibahas. Maka langkah selanjutnya adalah jabarkan apa yang menjadi objek pada pembahasan itu. Dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh para pemabaca.

Dalam membuat sebuah kalimat deskripsi, menjabarkan sebuah objek menggunakan bahasa yang mudah dipahami adalah sebuah keharusan. Karena ini akan mempengaruhi kepada pembacanya. Kalian pasti tidak ingin jika suatu karang yang kalian buat dengan susah payah, tetapi saat diabaca orang lain. Orang tersebut tidak memahaminya?

Maka dari itu menggunakan bahasa yangmudah dipahami adalah salah cara terbaik dalam membuat sebuah paragraf. Dengan bahasa yang mudah dipahami pastinya pembaca akan merasa nyaman, saat membaca deskripsi tersebut. Dan tentu bukan bahasa yang baik saja, namun pada isi paragraf tersebut juga menjelaskan dengan detail dari objek pembahasannya.

Selain itu menegtahui siapa target dari pembaca deskripsi yang kita buat juga merupakan hal yang harus kita ketahui. Karena hal tentu berhubungan dengan penggunaan bahasa yang akan gunakan nantinya. Misalnya, jika mentargetkan paragraf ini untuk anak-anak, patinya paragraf yang dibuatpun harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Beda halnya jika deskripsi tersebut ditujukan kepada oarang yang berilmu. Pasti gaya bahasa yang digunakan pun harus sesuai dengan mereka. Tentu yang mudah dipahami juga. Namun harus ada hal yang lebih pada deskripsi itu, jika dibandingkan untuk anak-anak. Karena tentu kita menginginkan deskripsi yang kita buat ini memiliki nilai dimata mereka.

4. Membuat judul yang menarik

Membuat judul yang menarik
www.pexels.com

Membuat judul yang menarik pada sebuah deskripsi merupakan hal cukup penting untuk sebuah karya yang berbentuk tulisan. Kenapa demikian, tentu sebuah judul akan sangat mempengaruhi seseorang pembaca pada melihat sebuah tulisan.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar orang, menilai sebuah tulisan itu yang pertama-tama adalah dari judulnya. Begitu juga dengan karya tulisan berbentuk paragraf deskripsi ini. Maka dari itu menentukan sebuah judul pada tulisan, merupakan suatu hal penting.

Akan tetapi bukan hanya membuat judul saja yang menarik, namun juga akan jauh lebih baik lagi. Jika judul yang menarik disertai dengan isi yang baik juga. Tentu hal itu akan membuat para pembaca nyaman dalam membaca karya tulisan kita.

5. Memberikan kesan menarik pada sebuah objek

Kamu pasti menginginkan para pembaca itu membaca tulisan deskripsi kita dan mereka tidak mudah melupakan hal tersebut. Bukan begitu? Maka cara terbaik adalah buat para pembaca itu mempunyai kesan terhadap karya tulisan kita.

Salah satu caranya adalah buat pembaca itu penasaran dengan tulisan yang kita buat ini. Jika kita berhasil membuat mereka penasaran dengan sebuah tulisan, tentu hal itu akan membuat mereka membacanya sampai akhir. Dan tujuan dari penulisan itupun tersampaikan kepada mereka.

Tetapi dalam hal ini, deskripsi yang dugunakan adalah deskripsi subjektif. Yaitu paragraf yang disusun itu berdasarkan sebuah opini. Karena jika mengguankan deskripsi objektif, kemungkinan tulisan yang kita buat itu bisa berbentuk sebuah Hoax (suatu kebohongan, ataupun suatu yang tidak benar terjadi).

6. Buat kesimpulan pada deskripsi objek yang dibahas

Buat kesimpulan pada deskripsi objek yang dibahas
www.pexels.com

Yang terakhir adalah, berikan kesimpulan pada deskripsi tersebut. Tentu hal ini cukup penting. Dan kesimpulan dari paragraf deskripsi ini merupakan poin-poin apa saja terpenting yang terdapat para paragraf tesebut. Tujuannya adalah untuk mengingatkan poin pentignya. Dan juga menguatkan apa yang menjadi pesan pada paragraf tersebut.

Dan buat pembaca itu butuh akan kesimpulan pada deskripsi ini. Dengan begitu kita tidak perlu repot-repot untuk mencari para pembaca agar membaca sebuah tulisan yang kita buat ini. Den tentu sebuah kesimpulan itu dibuat dengan data yang benar.

Nah mungkin itu saja, apa yang dapat saya sampaikan pada cara pembuatan sebuah sebuah paragraf deskripsi. Cara diatas ini, bisa disempurnakan lagi langkah-langkahnya, sesuai kemauan kalian. Tentu jika ditambah suatu cara yang lebih baik, makan tulisannya pun akan menghasilkan yang terbaik juga.

Contoh Paragraf Deskripsi

Setelah kita sama-sama membahas apa yang ada pada paragraf deskripsi. Akan terasa lebih lengkap jika pembahasan ini disertakan juga contoh-contohnya. Maka dari itu saya akan memberikan beberapa contoh dari masing-masing jenis deskripsi yang jika bahas sebelumnya.

Tentang Lingkungan Rumahku

Tentang Lingkungan Rumahku
www.pexels.com

Rumahku berada pada kawasan yang bersih lingkungannya. Disekitar rumahku juga masih banyak terdapat pepohonan dan terdapat juga burung-burung yang bermain pada pohon itu. Bahkan beberapa ekor burung ,membuat sarang pada pohon yang ada di sekitar rumahku. Selain lingkungan yang bersih dan nyaman, kawasan rumahku juga memiliki udara yang bersih dan menyejukan.

Udara yang sejuk itu disebabkan rumahku adalah dekat dengan sebuah pegunungan. Yaitu gunung salak. Dan tentunya pepohonan yang ada disekitar rumah juga menambah suasana sejuk di daerah rumahku. Dengan halaman rumah yang cukup luas. Kadang aku bermain bersama temanku pada siang atau sore hari setelah pulang sekolah.

Bukan hanya pepohonan yang berada dekat rumahku, tetapi juga sebuah sungai yang bersih juga ada. Jika hari libur sekolah saya dan teman-teman sangat suka bermain dipinggir sungai itu. Sekedar hanya bermain air ataupun mencari beberapa ekor ikan.

Dekat rumahku juga terdapat sebuah masjid yang cukup megah. Dan masjid itu bukan hanya digunakan untuk sholat saja. Akan tetapi jika sesudah sholat maghrib, saya dan teman-teman berkumpul di masjid tersebut dan melakukan belajar mengaji bersama. Ya kami bersama-sama membaca al-qur’an. Tetapi kami tidak sendirian dalam belajar tersebut. Tentu kami dibimbing oleh guru kami.

Itulah sekilas tentang rumahku, bukan hanya memiliki lingkungan yang nyaman untuk di huni. tetapi sangat baik di tempati. Suasana pepohonan yang dipenuhi beberapa ekor burung yang berkicau. Pastinya akan menambah rasa nyaman pada lingkunang itu. (Subjektif)

Tentang Deksripsi Rumahku

Tentang Deksripsi Rumahku
www.pexels.com

Rumahku, yang terletak pada sebuah kota yang bernama kota Bogor. Pada sebuah kecamatan Cibinong, dan aku berada pada jalan karedenan no.10. itulah letak rumahku. Rumah yang berwarna agak coklat itu ditempati oleh kedua orang tua, 2 adik perempuan dan juga saya sendiri.

Dalam rumah itu terdapat beberapa binatang peliharaan. Dianataranya adalah kura-kura, burung, ikan hias, dan 3 ekor kucing. Bianatang peliharaan tersebut dipelihara oleh adik saya semua. Ya dia sangat suka dengan binatang peliharan yang seperti itu.

Didalam rumahku juga terdapat sebuah televisi, yang biasanya televisi tersebut ditonton pada waktu menjelang malam oleh kami semua. Kami berkumpul dan melihat televisi bersama. Tetapi kecuali saya saja yang jarang menonton sebuah televisi. Saya lebih suka bermain game pada laptop yang saya miliki.

Lokasi rumahku ini tidak terlalu dari akses jalan utama, dan akses lainnya. Seperti stasiun dan jalur dari angkotan umum. Jika sedang tidak ada kendaraan pribadi yang bisa gunakan, kami bisa menggunakan kendaraan umum. (Objektif)

Tentang Buah Jeruk

pembahasan buah jeruk
jatim.tribunnews.com

pada sebuah pohon jeruk, biasanya terdapat kurang lebih 25 buah. Jika musim panen sedang baik hasilnya pun bisa dikatakan lebih dari pada 24 buah. Akan tetapi jika musim panen sedang buruk kadang-kadang hasilnya pun sangat sedikit. Tatepi tidak lah mengapa hasil yang sedikit ataupun banyak itu haruslah tetap kita syukuri.

Jeruk memiliki rasa yang manis-manis asam, memiliki warna hijau dan jika matang akan berwarna kekuning-kuningan. Dengan rasanya yang manis dan asam itu tidak mengherankan kalau buah jeruk adalah salah satu buah menjadi favorit dikalangan masyarakat. Rasanya yang manis akan membuat kita memakannya ingin memakananya lagi dan lagi.

Jeruk ini bukan hanya memiliki rasa yang enak saja, akan tetapi juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Jika kita mengkonsumsinya secara rutin setiap harinya, kemungkinan akan memberikan dampak yang positif pada tubuh kita. Yaitu berupa kesehatan. Karena jeruk ini mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh.

Selain bermanfaat untuk tubuh, jeruk juga sangat bagus untuk meningkatkan daya tehan tubuh. Daya tahan tubuh ini akan meningkat dan kamupun tidak akan mudah sakit. Apalagi dengan keadaan cuaca yang berubah-ubah. Tentu daya tahan tubuh akan mudah terserang penyakit. Tetapi jika memiliki daya tahan tubuh yang baik tentu tidak akan mudah terserang dari berbagai penyakit. (Subjektif)

Tentang Pohon Mangga

pohon mangga
www.pertanianku.com

Mangga ialah nama sejenis buah. Begitu juga dengan sebutan dari nama pohonnya. Mangga merupakan buah yang termasuk kedalam marga Mangafire, yang terdiri dari 35-40 bagian dan suku Anacardiaceae. Buah mangga memiliki nama latin yaitu Mangafire indica. Nama tersebut mengandung arti. Dan artinya adalah pohon yang memiliki buah mangga, yang berasal dari India.

Pohon mangga termasuk tumbuhan yang memilki struktur batangnya yang tinggi. buah mangga merupakan termasuk kedalam kelompok arboreus. Yaitu tumbuhan berkayu yang memiliki tinggi pada batangnya yang bisa mencapai 5 meter. Dan pohon mangga sendiri bisa mencapai tinggi antara 10 sampai 40 meter.

Sebutan mangga berasal bahasa malayalam maanga. Kata ini merupakan kata yang dibawa oleh orang-orang portugis ke eropa. Lalu kata tersebut berubah menjadi manga dalam bahasa Portugis. Dan sebutan mango pada bahasa inggri.

Mangga berasal dari daerah sekitar perbatasan antara India dan Burma. Dan mangga terseber ke Asia Tenggara kurang lebih sekitar 1500 tahun yang lalu. Buah ini terkenal didaerah-daerah dengan sebutan seperti pelem atau poh.

Tentang Keindahan Gunung Salak

gunung salak
www.pendakigunung.top

Gunung salak, gunung yang terletak didaerah kota Bogor ini memang memiliki banyak keindahan. Akan banyak juga yang menjuluki gunugn ini dengan julukan gunung yang pebuh mistis. Tetapi bagaimanapun juga gunung salak merupakan salah saut icon kebanggaanwarga kota Bogor.

Gunung dengan vetasi hutan yang lebat ini memiliki banyak sumber air, sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali ditemukan curug-curug atau yang biasa disebut juga dengan air terjun. Dan curug tersebut terdapat di lerengnya.

Selain memiliki banyak keindahan, ada hal yang unik pada gunung ini. Yaitu kawahnya pada gunung ini tidak terletak pada puncaknya. Melainkan kawah tersebut terletak ada di tengah-tengah gunung. Dan kawah tersebut cukup terkenal dengan sebutan Kawah Ratu.

Sebagai warga kota Bogor, rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi gunung dan kawah tersebut. Pastinya dengan keindahan yang dimiliki gunung tersebut akan membuat penasaran bagi orang yang ingin mengunjunginya. Tapi bagi kamu yang ingin mengunjungi kawah tersebut, haruslah utamakan keselamatan kalian ya. (Subjektif)

Tentang Gunung Salak Bogor

tentang gunung salak
www.wisatagunung.com

Gunung salak ialah salah satu gunung berapi yang terletak di Selatan Jakarta, pada pulau Jawa. Kawasan gunung tersebut merupakan termasuk kedalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, di Jawa barat. Pengelolaan kawasan hutannya dulunya berada di bawah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor.

Tetapi sejak 2003 pengelolaan tersebut berpindah menjadi wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun. Dan dikelola sebagai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Gunung salak saat ini sudah berusia relatif tua, sehingga hal tersebut membuat gunung salak memiliki beberapa puncak.

Dan yang perlu diketahui adalah nama gunung salak, bukan berarti pada gunung tersebut terdapat banyak buah salak. Akan tetapi nama salak itu berasal dari bahasa Sanskerta, yang disebut dengan Salaka yang memiliki arti yaitu Perak.(Objektif)

Tentang Keindahan Pantai

keindahan pantai
riautrust.com

Sebagai negara yang memiliki banyak pulau, Indonesia merupakan negara mempunyai banyak pantai indah yang tersebar diseluruh penjuru nusantara. Suasana pantai yang menenangkan bisa membantu menghilangkan rasa jenuh bagi anda yang membutuhkan liburan.

Di Indonesia pantai bukan saja menjadi tempat untuk menenagkan pikiran saja. Akan tetapi juga menjadi tempat rekreasi keluarga. Banyak dari orang yang datang ke sebuah pantai hanya untuk sekedar mengajak anaknya bermain. Karena memang selain susana yang tenang jika berada di sebuah pantai.

Banyak yang bisa dilakukan disebuah pantai, misalnya bermain pasir, bermain air dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali pantai. Dan salah satu yang terkenal adalah Pantai Kuta yang berada di Provinsi bali. Bahkan pantai kuta ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja. Melainkan juga terkenal sampai mancanegara.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi. Tentu dikarenakan sebuah keindahannya yang dimiliki pantai tersebut. Keindahannya lah yang mengundang untuk datang dan merasakannya juga. Tidak hanya indah, pantai tersebut juga tentunya sangat nyaman untuk menjadi tempat rekreasi. Tetapi hal itu bisa terjadi karena kawasan pantai tersebut pastinya dijaga dan dirawat oleh penduduk sekitar.

Maka dari itu, agar pantai tetap terjaga sebuah keindahannya. Kita sebagai manusia baik yang tinggal didaerah sekitar maupun sebagai pengunjung pantai tersebut. Haruslah tetap menjaga kebersihan. Agar keindahan pantai itu tetap terjaga dan nyaman.

Karena kenyaman yang kita rasakan juga akan berdampak baik juga untuk kita selaku pengunjung pantai ataupun warga yang tinggal didekat pantai.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya jabarkan pada pembahasan tentang paragraf deskripsi ini. apabila ada pertanyaan, bisa kalian tanyakan pada bagian komentar. Sekian terima kasih bagi yang sudah membaca artikel ini.

Leave a Comment

%d bloggers like this: