Pegalaman Ikut LKS SMK Sampai Tingkat Nasional

Hai.. Kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang lomba kompetensi siswa atau jika disingkat menjadi LKS. Apa sih LKS SMK itu??? Menurut wikipedia, lomba kompetensi siswa adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian, yang diajarkan pada SMK perserta.

LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skiils International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia).

Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi, karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Lomba kompetensi siswa ini diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seleuruh indonesia, yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetensi masing-masing, dan akan diikut sertakan pada kompetensi keahlian tingkat internasional.

 

Permulaan..

www.pexels.com

Permulaan sebelum saya mengikuti lomba kompetensi siswa. Ini berawal saat pertama kali saya memasuki sekolah tingkat SMK tahun 2008-2009 di salah satu sekolah di daerah cibinong, kota Bogor.

Saya memilih jurusan multimedia, yaitu salah satu jurusan IT (Informasi dan Teknologi). Dijurusan itu saya menyukai salah satu pelajarannya yaitu membuat animasi, ya walaupun semua pelajaran dipelajari seperti desain, program dan lain-lain. Tapi saya lebih tertarik kepada membuat animasi.

Ternyata apa yang saya pikirkan sebelumnya, yaitu saat pendaftaran dijelaskan jurusan multimedia itu salah satunya mempelajari membuat animasi. Yang saya pikirkan waktu itu “apa benar nanti saya bisa membuat video animasi kartun seperti film animasi Tom and Jerry”.

Dan ternyata benar terjadi, hanya saja kualitas yang hasilkan atau yang dipelajari belum sebagus film animasi yang sudah tayang di tv-tv.

Nah mulailah dari situ, saat pelajaran animasi saya merasa senang mengerjakannya. Dan saya juga ingin menekuninya. Ya mulai dengan melatih menggambar. Dan itu lah untuk kali pertama saya mengetahui bagaimana cara membuat video animasi.

Aplikasi yang saya gunakan waktu itu adalah Macromedia Flash. Macromedia flash adalah sebuah program multimedia dan animasi yang keberadaannya ditunjukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat aplikasi-aplikasi unik, animasi-animasi interaktif pada halaman web, film animasi kartun, presentasi bisnis maupun kegiatan.

Awal-awal Membuat Animasi

Animasi pertama yang saya buat adalah gambar karakter kartun seperti boneka, dengan gerakan jalan dari tampak samping.

Sangat basic sekali memang tapi ini lah yang awal-awal yang dipelajari disekolah waktu itu. Gambar karakternya pun bukan hasil menggambar sendiri, melainkan hasil download dari internet. Hehehe.

Setelah mengikuti intruksi dari guru saya, akhirnya saya bisa juga membuat animasi yang sederhana. Yaitu gerakan jalan sebuah karakter kartun. Ternyata tidak terlalu sulit membuat ini jika kita tahu kegunaan dari aplikasi tersebut, dan tahu untuk penempatan dari pergerakan gambar.

“Yeeyyy.. animasi pertama saya jadi.. “

Perasaan senang dan sedikit bangga pun ada. Hehe. Tapi rasa penasaran saya membuat saya ingin lebih mendalami dan membuat animasi lebih bagus lagi. Hehe. Ternyata seperti itu ya, rasanya menuangkan hasil imazinasi kita kedalam bentuk video animasi.

Hasil animasi pertama itu juga membuat saya termotivasi untuk membuat video kartun animasi lebih bagus dan manarik lagi.

Ikut Latihan Membuat Animasi

www.pexels.com

Setelah beberapa kali belajar membuat animasi disekolah, saya dan teman-teman sekalas mendapat tugas untuk membuat video animasi singkat. Karena tugas yang saya buat ini lah, saya di ikut sertakan di jam setelah sekolah untuk ikut serta dalam latihan membuat animasi.

Dipelatihan itu ada 7 orang, 3 diantaranya adalah teman sekelas saya. Dan 3 orang lagi adalah kakak kelas saya. Ya kita berkumpul untuk latihan animasi, yang nantinya dipilih yang terbagus dari karyanya. Dan akan di ikut lombakan dalam LKS tingakat Kabupaten.

Setelah beberapa minggu latihan, ternyata saya adalah termasuk yang progres pembuatan animasinya lebih baik dari sebelumnya. Dan sayapun terpilih sebagai kandidat untuk ikut lomba nanntinya.

Seleksi Untuk Ikut Lomba

www.pexels.com

Hari demi hari.. semakin dekat dengan hari LKS tingkat kabupaten. seleksi calon peserta pun dilakukan. Dipilihlah beberapa orang untuk disertakan dalam lomba tersebut.

Hari penentuan siapa yang akan ikut lomba pun tiba.

“deng deng deng”…. Suara detak jantung.. hehehe

Akhirnya pengumuman tiba, ternyata saya masuk dalam peserta untuk lomba beserta 2 orang lainnya. 2 minggu setelah pengumuman itu saya latihan lebih giat lagi. Karena dalam lomba nanti waktu untuk pembuatan video animasi tersebut dibatasi hanya 20 jam saja, di bagi menjadi 2 hari.

Dalam lomba LKS tingkat kabupaten ini, saya dan 2 teman saya mewakili dari sekolah kami, dan kebetulan juga untuk LKS tingkat kabupaten Bogor, berlokasi disekolah tempat saya belajar.

Ya suatu keberuntungan untuk kami bertiga, kami tidak perlu lagi beradptasi dengan lingkungan lomba tersebut, karena rungan yang dipakai untuk lomba itu ruangan yang biasa kami pakai untuk belajar.

Dari Tingkat Kabupaten ke Nasional

www.pexels.com

Lomba demi lomba saya lewati, dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional. Ya alhamdulillah di tingkat kabupaten saya mendapat juara 1 lomba animasi, maka akan di ikut sertakan untuk lomba animasi tingkat Provinsi.

Saya mewakili kota bogor dari cabang lomba animasi untuk ke tingkat provinsi. Lokasinya untuk lomba tersebut adalah di kota Bandung, disebuah sekolah SMK.

Perasaan takut, khawatir pastinya saya rasakan. Hehe tapi ada guru sekaligus pembimbing saya yang selalu memotivasi dan memberi semangat serta arahan kepada saya.

Setelah beberapa minggu dari LKS tingkat kabupaten, LKS provinsi pun dimulai. Waktu itu di adakan di bandung, tepatnya di salah satu sekolah SMK di Bandung.

Kami para peserta dari berbagai kabupaten dan kota berkumpul untuk ikut berbagai bidang lomba. Dan saya pastinya ikut lomba di bidang animasi. Segala fasilatas diberikan kepada kami, seperti hotel, makan 3 kali sehari, bus antar jemput dari hotel ke lokasi lomba, dan tentunya fasilatas untuk kami melakukan lomba.

Dan alhamdulillah.. untuk bidang lomba animasi di tingkat provinsi ini saya juara 1 juga hehehe..

Dan saya pun kan melaju ke tingkat nasional. Ternyata untuk tingkat nasional pun diadakannya di provinsi Jawa Barat, lebih tepatnya di kota Bandung juga. Lokasinya di Gedung Sasana Budaya Ganesha.

Yap saya balik lagi ke kota ini untuk melakukan lomba yang sama dengan sebelumnya, tapi dengan tingkatan yang lebih tinggi. Dimana para peserta yang berkumpul disana adalah siswa-siswi perwakilan dari provinsi-provinsi yang ada di Indonesia.

Wooowww.. jangan tanya berapa banyak siswa-siswi yang berkumpul disana ya. Pokoknya banyak dah hahaha..

Tapi sangat disayangkan, untuk kali ini ternyata saya tidak juara seperti tingkat sebelum-sebelumnya. hehehe ya jujur saat itu saya sedih.. sedih banget dah.. sampe nangis dikit hehe,

Yaa,, itu aja kali ya,, hehe

Dan saya mau bilang untuk guru saya yang telah membimbing saya waktu itu,, hmm Terima kasih banyak. Maaf saya tidak dapat memberikan hasil yang terbaik saat LKS di tingkat Nasioal. Hehe.. mental saya jujur sudah down duluan.. sebelum memulai lomba, jadi saat lomba dimulai saya kurang maksimal dalam mengerjakannya..

LKS Tingkat Provinsi di Bandung

Leave a Comment

%d bloggers like this: