Pencemaran Air Beserta Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Solusinya

Pencemaran Air – Dalam kehidupan ini, pastinya semua mahluk membutuhkan yang namanya air. Tanpa adanya air di muka bumi ini, maka bisa dipastikan tidak akan ada kehidupan di dalamnya. Karena air adalah sumber bagi kehidupan dan tentu merupakan suatu yang penting yang mungkin tidak akan tergantikan.

Banyak sekali kegunaan air bagi kehidupan, khususnya bagi manusia. Dari hal kebutuhan khusus seperti minum, mandi, mencuci, dan untuk kebutuhan tumbuhan dan lain-lain. Namun air yang gunakan tersebut haruslah air yang bersih dan tidak menimbulkan bau. Akan tetapi ironisnya saat ini, dimana pertumbuahan pada penduduk yang semakin pesat dan banyaknya sektor perindustrian membuat air yang tersedia tercemar oleh polutan.

Tercemarnya air merupakan salah satu masalah besar, yang bisa menyebabkan terganggunya siklus kehidupan. Karena air yang sudah tercemar bisa mengakibatkan manusia, hewan dan tumbuhan tidak akan mampu bertahan hidup.

Sebab air yang sudah tercemar, maka akan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, dan bisa menyebabkan suatu kematian apabila dikonsumsi maupun digunakan oleh manusia dan mahluk hidup lainnya.

Banyaknya sesuatu hal yang menyebabkan terjadinya pencemaran air ini, berawal dari proses alam hingga dari manusia itu sendiri. Namun banyaknya pencemaran yang terjadi di dominasi oleh perbuatan manusia itu sendiri. Dan sebuah pencemaran bisa disebut dengan polusi dan penyebab dari polusi itu sendiri disebut dengan polutan.

Oleh karena itu, adanya banyak polutan yang di hasilkan oleh aktivitas manusia dan menyebabkan terjadinya pencemaran air ada beberapa macam. Ddiantaranya seperti limbah yang berasal dari aktivitas rumah tangga, dan bahkan limbah dari sebuah pabrik. Yang mana limbah tersebut dapat menyebabkan tercemarnya air bersih yang berada dekat dengan sekelilingnya.     

Pengertian Pencemaran Air       

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan yang berawal dari akibat aktivitas manusia pada suatu tempat penampungan air, seperti sebuah danau, air tanah, sungai, dan lautan. Yang mana sebuah danau, lautan, sungai dan air tanah tersebut merupakan salah satu bagian yang penting  kehidupan manusia.

Banyak manfaat dari tempat penampungan tersebut, selain suatu bagian yang penting pada kehidupan manusia. Tempat penampungan itu juga merupakan bagian sari salah satu siklus hidrologi. Dan bukan hanya mengalirkan saja kegunaannya, tetapi juga mengalirkan sedimen dan polutan.

Pada umumnya fungsi sebuah tempat penampungan tersebut sangat banyak sekali manfaatnya. Dan tentu manfaat tersebut sangat membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari. Seperti banyak yang memanfaatkan sungai, danau, air tanah, maupun air lautan untuk sebuah irigasi pertanian, dan bahkan menjadi bahan baku untuk minum.

Meskipun suatu fenomena alam seperti gunung berapi, gempa bumi, badai dan peristiwa lainnya, itu bisa juga mengakibatkan terjadinya sebuah perubahan yang besar pada kualitas air. Namun hal tersebut tidaklah dianggap sebagai pencemaran.

Pencemaran air sendiri merupakan sebuah masalah global yang utama, dan membutuhkan adanya evaluasi dan pembenaran dari kebijakan sumber daya air yang ada (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi ataupun sumur).

Bahkan menurut sebuah data yang diperoleh dari penelitian, dikatakan bahwa polusi atau pencemaran air merupakan penyebab terkemuka di dunia pada kematian dan suatu penyakit, dan dari data tersebut tercatat telah terjadi kematian atas peristiwa tersebut sebanyak lebih dari 14.000 orang setiap harinya. Dari data terseebut tentu menunjukan bahwa hal itu merupakan suatu yang di perhatikan dan perlu adanya penangan agar berkurangnya angka kematian akibat pencemaran air.

Namun tercemarnya sebuah air tidak melulu disebabkan oleh manusia saja, melainkan bisa juga disebabkan oleh adanya fenomena alam seperti gunung berapi, ledakan alga, badai, kebinasaan ikan, dan gemba bumi. Akan tetapi hal tersebut kemungkinan hanya menyebabkan terjadinya perubahan besar pada kualitas air dan ekologi air.

Penyebab Pencemaran Air                         

Sebagian pencemaran pada air tidak bermula pada air itu sendiri. Namun lebih banyak diakibatkan oleh aktivitas manusia. Dan bahkan hampir semua aktivitas manusia bisa mempengaruhi pada kualitas lingkungan air yang ada. Seperti petani misalnya, saat bercocok tanam di sebuah sawah, mereka menyemprotkan tanamannya menggunakan bahan kimia. Dan bahan kimia itu terkena air hujan atau aliran air didekatnya, sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran.

Berbicara bahan kimia, saat ini banyak sekali aktivitas manusia yang menyebabkan timbulnya suatu zat yang tentu saja itu merupakan bahan kimia. Seperti bahan kimia yang dikeluarkan oleh cerobong asap, tentu hal tersebut bukan hanya pencemaran air saja yang di timbulkan, akan tetapi juga sebuah pencemaran udara.

Dan kenapa dari asap yang keluar dari cerobong itu bisa menjadi tercemarnya sebuah air. Hal itu di sebabkan asap yang keluar tersebut masuk ke atmosfer dan kemudian turun kembali ke bumi, namun tidak lagi berupa sebuah asap. Melainkan sudah berupa seperti air, misalnya hujan, yang bisa masuk kelaut, sungai dan danau. Sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya suatu pencemaran air.

Berikut ini ada beberapa macam pencemaran

Leave a Comment

%d bloggers like this: