Pengertian Pencemaran Lingkungan Beserta Penyebab dan Dampaknya

Pencemaran Lingkungan – merupakan salah satu masalah yang utama pada jaman sekarang. Karena banyaknya pencemaran tersebut dapat mempengaruhi terhadap keadaan bumi itu sendiri. Kenapa demikian?  Karena pengaruh dari pencemaran tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan bumi, dan bahkan kelangsungan makhluk hidup yang ada di bumi.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali pencemaran yang bisa kita temui, diantaranya adalah pencemaran udara, air, tanah. Tentu hal tersebut bisa terjadi karena adanya beberapa sebab. Dan penyebab dari terjadinya sebuah pencemaran diantaranya seperti proses yang terjadi pada alam, manusia yang tidak bertanggung jawab, dan banyak penyebab lainnya.

Dari banyaknya terjadi pencemaran itu tentu disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Kurangnya rasa perduli terhadap sesama manusia dan alam, menyebabkankan kerusakan terjadi pada alam.

Salah satunya banyak pencemaran saat ini yaitu banyaknya perindustrian yang sulit dikendalikan. Utamanya dalam menjaga lingkungan hidup. Karena sulit dikendalikan tersebut banyak pabrik yang dibangun menyebabkan adanya berbagai macam polusi atau pencemaran.

Maka dari itu banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi adanya pencemaran ini. Yang bisa dimulai dari sendiri yaitu dengan tidak membuang sampah pada sungai. Karena salah satu penyebab terjadinya pencemaran lingkungan adalah banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke dalam sungai. Hal tersebut tentu menyebabkan terjadi pencemaran , yaitu pencemaran air.

Namun pada kesempatan ini, saya sedikit mengulas terkait dari pencemaran lingkungan. Di awali dengan pengertian dari pencemaran itu sendiri, lalu di sertai dengan macam-macam pencemaran, penyebabnya, apa saja dampak dari pencemaran tersebut, dan masih banyak lagi. Untuk kalian yang ingin membaca, silahkan disimak ya. Selamat membaca.

Pengertian Pencemaran Lingkungan      

Pencemaran atau bisa disebut juga dengan polusi, adalah masuknya atau menyatunya makhluk hidup, zat energi, atau komponen lain kedalam sebuah lingkungan. Atau berubahnya tatanan suatu keadaan lingkungan disebabkan oleh kegiatan manusia.

Namun bukan hanya manusia saja yang menjadi penyebab utaman dari sebuah pencemaran lingkungan. Bisa juga disebabkan oleh terjadinya salah satu proses alam yang menyebabkan lingkungan menjadi kurangnya berfungsi sesuai peruntukannya.

Adanya suatu pencemaran merupakan sebagai akibat kegiatan yang dilakukan oleh manusia atau oleh alam seperti gunung meletus, kebakaran, gas alam dan lain sebagainya. Akan tetapi yang terdapat pada ilmu lingkungan, biasanya membahas suatu pencemaran yang diakibatkan oleh aktivitas manusia yang dapat dicegah dan dikendalikan.

Karena pada dasarnya, kegiatan manusia lah menyebabkan terjadinya pencemaran pada lingkungan. Akan tetapi pencemaran tersebut tidak bisa dihindari. Yang bisa dilakukan adalah hanya mengurangi, mengendalikan, dan meningkatkan akan kesadaran manusia terhadap bahayanya pencemaran pada sebuah lingkungan.

Salah satu yang harus dilakukan oleh manusia selain yang telah disebutkan di atas adalah meningkat rasa perduli terhadap bumi ini, terutama pada lingkungan. Karena keselamatan bumi tentunya akan sangat mempengengaruhi juga keselamatan manusia dan makhluk lainnya.

Adapun zat-zat atau bahan yang dapat menyebabkan terjadinya sebuah pencemaran disebut dengan polutan. Dan syarat-syarat suatu zat bisa disebut sebagai polutan apabila keberadaannya bisa mengakibatkan kerugian ataupun kerusakan terhadap makhluk hidup. Misalnya seperti karbon dioksida dengan kadar yang dimilikinya lebih dari 0,033 %, maka hal itu bisa memberikan efek merusak.

Leave a Comment

%d bloggers like this: