Pengertian Jenis Ciri Sebab Dampak dan Solusi Menanggulangi Pencemaran Tanah

Pengertian Jenis Ciri Sebab Dampak dan Solusi Menanggulangi Pencemaran TanahPencemaran lingkungan dibagi menjadi banyak macam, salah satunya lingkungan tanah.  Keadaan dimana tanah yang dahulunya alami kini berubah bercampur dengan kimiawi akibat ulah manusia, itulah arti sederhana pencemaran tanah.

Ketika tanah bersih dari segala hal atau murni alami akan menjadi berbahaya akibat tercemari oleh banyak hal penyebab. Biasanya diakibatkan oleh proses industri manusia sendiri. Seperti Pembuangan sampah smebarangan, pembuanagan limbah dan akibat fasilitas komersial kimia industrial.

Pencemaran tanah juga bisa disebut polusi tanah yang merupakan pengendapan limbah padat maupun cairan di permukaan tanah atau di dalam tanah hingga membuat tanah terganggu kestabilannya. Bila pH stabil tanah berubah otomatis tanah telah dalam kondisi berbeda hingga tahap berbahaya karena terkotori.

Penyebab Pencemaran Tanah

pencemaran tanah

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tanah menjadi kotor, terutama bahan kimia yang mencampurinya. Baik dilakukan sengaja maupun tidak disengaja dalam volume besar maupun kecil.

Dalam penggunaan pestisida, secara tidak langsung petani juga mencemari air dan tanah. Denagn ikutnya pestisida terhadap aliran air di sekeliling saluran sawah otomatis akan terhenti di suatu tanah hingga terjadi endapan yang membuat tanah tercemar.

Adapun faktor lain yang disebabkan dengan kesengajaan. Yakni pembuangan limbah secara sembarangan. Limbah pabrik maupun limbah industri bila tidak diolah terlebih dahulu sebelum dibuang otomatis sangat berbahaya untuk lingkungan hidup dan terutama masyarakat yang hidup di sekitarannnya.

Untuk itu bila mendapati sebuah industri kecil ataupun besar sudah selayaknya didirikan atas dasar perizinan yang disepakati bersama agar tidak merugikan pihak lain.

Jenis Pencemaran  Tanah

tanah tercemar

Berikut beberapa macam limbah yang membuah pencemaran tanah di lingkunagan kita.

Limbah Cair

Merupakan limbah hasil pembuangan dari industri yang berbentuk cair. Contohnya seperti sisa dari pengolahan industri kimia yang membuang sebagian sisanya dalam bentuk cairan. Limbah cair yang cepat mencemari tanah karena lebih cepat diserap dan bercampur dengan zat apapun.

Limbah pertanian

Pencemaran tanah oleh pelaku/pemilik sendiri yakni petani kepada sawahnya. Karena pemakaian bahan kimia untuk bercocok tanam.

Contoh kecil Dengan penggunaan pupuk  pestisida yang berlebihan pada proyek pembibitan kelapa kopyor dan tanaman-tanaman lain sejenisnya oleh kelompok tani damainesia.

Hal tersebut akan dapat merusak tanaman & tanah itu sendiri secara tidak snegaja. Bila menggunakan bahan kimia sebagai pupuk dan pestisida untuk tanaman juga sangat memberi dampak buruk baginya.

Eits, namun hal tersebut tidak dilakukan oleh kelompok tani damainesia. Mereka melakukan pembibitan secara alami tanpa bahan kimia sehingga tanaman, tanah dan hasil bibit terjamin keunggulannnya.

Dari sini kami juga menghimbau bagi Anda para petani. Mulailah sejak dini untuk menggunakan pupuk organik dan selalu memperhatikan hal sepele agar proyek cocok tanam Anda menguntungkan di masa depan.

Limbah Padat

Merupakan limbah buangan yang berbentuk padat sisa hasil industri pabrik yang sudah tak terpakai. Misal limbah dari pabrik gula, pengawet buah, ikan, daging, kertas, rayon, pulp,  plywood dan lainnya.

Pembuangan limbah padat sering dilakukan oleh banyak orang, baik personal maupun kelompok. Baik industri kecil maupun besar karena semua orang memakai barang yang akan menjadi limbah sampah ini.

Limbah anorganik

Merupakan jenis limbah yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme sehingga berpotensi permanen bersama tanah hingga tanah terkotori. Contoh dari limbah anorganik ini misalnya adalah limbah plastik, kaleng bekas, botol minuman dan bekas botol air.

Biasanya muncul karena suatu industri yang tidak memiliki alat pengolahan limbahnya sehingga membuangnya pada suatu tempat hingga mencemari tanah di tempat tersebut.

Padahal limbah anorganik rumahan dapat digunakan sebagai bahan dasar berkreasi, seperti kerajinan tangan barang bekas untuk diri sendiri maupun orang lain sekitar.

Limbah organik

Merupakan limbah yang paling ramah dibanding yang lainny,.Hal ini terjadi karena limbah organik mampu diuraikan kembali oleh mikroorganisme di dalam tanah sehingga tidak begitu berbahaya bagi tanah itu sendiri.

Contoh sederhana, tinja atau feses, oli, cat, sampah rumah tangga yang dari tumbuhan. Namun bila sudah lama tak dapat diurai oleh mikroorganisme limbah organik ini juga mencemari lingkunagn sekitar. Oleh karena itu kita harus selalu ijak dan sigap menghadapi limbah.

Dampak Akibat Pencemaran Tanah

merawat tanah agar tak tercemar lingkungannya

Setelah mengetahui penyebab dari pencemaran tanah, kemudian anda juga perlu untuk mengetahui apa saja dampak dari pencemaran tanah. ada beberapa bentuk dari dampak pencemaran tanah, diantaranya adalah berikut ini:

Dampak Pada Kesehatan

Dengan adanya pencemaran tanah, secara tidak langung tubuh akan merespon keadaan lingkungan kita. Terutama mata, mata akan terlihat bosan dan tidak enak memandang bila ada suatu tumpukan limbah yang mengotori tempat.

Kedua , hidung. Menghirup polusi berupa cemaran akibat polutan bercampur dengan tanah akan sangat cepat menyengat dibanding pencemaran air dan udara karena endapan dalam tanah akan lama proses tercemarnya sehingga efeknya pun juga besar.

Semakin sering tubuh merasakan gangguan akibat tercemarnya tanah, tubuhpun dapat melemah dan merasakan sedikit efek buruk berupa penyakit ringan seperti:

  • Sakit kepala
  • Sakit sesak
  • Batuk
  • Mual dan muntah
  • Kelelahan
  • Kulit gatal
  • Iritasi mata
  • Dan lainnya

Tak hanya sampai disitu terkadang bila terlalu sering dapat berefek menimbulkan penyakit serius seperti penyakit berikut ini :

  • Kanker, akibat leukimia yang disebabkan kontak tubuh dengan tanah yang tercemar kimia seperti benena, benzin, Klorin dan Timbale.
  • Kerusakan Hati dan Ginjal, yang disebabkan oleh zat kimia merkuri pada organ tubuh manusia.
  • Kerusakan Saraf, yang dirasakan secara bertahap sedikit-sedikit akibat cairan timbal pada tanah dan berpengaruh pada anak-anak kecil.
  • Penyumbatan dan Rusaknya Neuromuskular, depresan yang bersumber dari pusat saraf yang rusak akibat pencemaran tanah.

Dampak Pada Ekosistem

Tak hanya pada kesehatan saja. Pencemaran tanah juga membuat efek serius pada suatu ekosistem. Rusaknya ekosistem hidup juga disebabkan oleh kimia yang mencemari tanah untuk makhluk hidup tinggal.

Sebuah ekosistem hewan yang terdiri dari beberapa populasi akan punah bila didapati salah satu dari rantai makanan hidup tersebut tercemar zat berbahaya akibat tanah yang di tempati satu dari rantai makanan tersebut.

Contoh : Tanah yang tercemar di tanamkan diatasnya sebuah pohon, lalu diatas pohon hidup berpasangan burung-burung. Secara tidak langsung ekosistem akan rusak akibat tanah yang di tempati pojon tersebut rusak dan tercemar. Hal tersebut memberi efekkebada burung itu sendiri ataupun keturunannya.

Untuk itu perlu berhati-hatilah dalam membuang limbah, terutama kimia. Jangan sampai membuangnya di sembarang tempat hingga membuat lingkungan tercemar.

Dampak pada pertanian

Dampak pencemaran tanah pada pertanian akan dapat terlihat langsung dari adanya penurunan hasil pertanian itu sendiri. Pencemaran tanah ini juga berpotensi mebuat tanah erosi lebih cepat.

Untuk itu bijaksanalah dapat merawat tanah, terutama tanah pertanian untuk merawat hasil tani Anda.

Solusi Penanggulangan Penecemaran Lingkungan

penyebab pencemaran tanah

Dalam mencegah pencemaran sangat perlu kecermatan dalam menjalankan kegiatan apapun. Meski pola hidup yang salah meski kecil akan membuat dampak pada tercemarnya tanah.

Untuk itu tindakan pencegahan sangat perlu diterapkan sejak dini. Adapun beberapa tahapan untuk mencegah pencemaran lingkungan hidup :

Pertama, membedakan sampah organik dan anorganik. Pilahlah kedua sampah tersebut setiap kali membuang sampah Anda. Untuk sampah organik bisa Anda timbun lansung di dalam tanah agar dimakan mikroorganisme.

Sedangkan sampah anorganik silahkan bakar, atau daur ulang agar mengurangi tercemarnya tanah di sekitar Anda.

Kedua, untuk sampah kimawi cair, harus ada pengolahan khusus agar kadar kimianya dapat menurun sampai tingkat murni tidak berbahaya, sehingga mengurangi resiko tercemar nya tanah secara cepat.

Hal ini juga sudah diatur dalam undang-undang perindustrian produksi supaya pengelolahan limbah sampah aman dan tidak membuat lingkungan rusak.

Ketiga, untuk para petani. Mulailah dari diri Anda sendiri lalu ajaklah teman lainnya agar menggunakan pupuk organik dan menurunkan kadar kimia pestisida agar tanah tetap terjaga dari pencemaran dini.

Pemerintahpun juga sudah mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan penyuluhan kepada petani supaya menggunakan kadar pestisida yang sesuai dan aman.

Terkahir. Untuk para keluarga, ibu teutamanya, bila sedang membersihkan apapun yang ada di dalam rumah. Sebaiknya membuang segala sesuatunya sesuai tempatnya.

Guna menghimbau dan memberikan perhatian sejak dini tentang tertibnya berkehidupan sehat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Selanjutnya himbauan agar memberikan pendidikan kepada anak sejak dini mengenai bahaya membuang sampah sembarangan dan akibat dari padanya. Tanamkan pula pada diri anak-anak tentang cinta terhadapa masa depan lingkungan.

Pelajarilah pola dan cara mengelola limbah baik kimia, organik maupun anorganik  yang baik dan benar supaya anda membuang sampah limbah secara baik dan benar.

Tanah Tidak Tercemar

 tanah longsor fenomena alam

Bagaimana sih membedakan tanah baik dan buruk. Anda perlu blajar membedakannya. Berikut ini adalah ciri-ciri dari tanah yang tidak tercemar dan masih murni bersih dari kimawi berbahaya :

  • Tanahnya subur dan lebih terlihat segar
  • pH tanah normal tidak terlalu asam dan basa standart ph 6 dan 8 saja tidak kurang dan tidak lebih.
  • Tanah tidak berbau busuk
  • Tanah tidak kering, gempal dan gembur yang normal
  • Paling utama adalah tidak mengandung berbagai logam berat dan zat lain
  • Tanah tidak mengandung sampah anorganik yang tidak mampu diuraikan oleh mikroorganisme tanah yang alami

***

Demikian artikel terkait pencemaran lingkungan dalam lingkup tanah yang dapat kami ulaskan, semoga bermmanfaat. Jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih sampai jumpa di artikel lain.

Leave a Comment

%d bloggers like this: