Pertama Kalinya Menggunakan Komputer

www.pexels.com

Apa sih yang ada dipikiran kalian, saat pertama kali melihat sesuatu yang belum pernah kita jumpai sebelumnya. Atau hanya melihat dari kejauhan saja??? Atau melihat dari dekat tapi tidak berani menyentuhnya??? Haha. Apa lagi menyentuh barang yang bisa dibilang, barang itu tidak murah.

Atau memcoba menggunakan sesuatu untuk pertama kalinya???

Apa lagi yang tidak biasa dengan barang elektronik ya (Gaptek). Hehe pasti memiliki kesulitan-kesulitan tertentu ya.

Nah artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya, pertama kalinya menggunakan komputer. Waktu itu saya kelas 5 SD. Dan komputer yang saya gunakan adalah milik kakak saya. Ada beberapa hal yang terjadi saat pertama kali menggunakannya. Apa itu rasa takut mencoba, tidak mengerti fungsi tombol-tombolnya untuk apa, aplikasi pertama kali saya coba, dan lain sebagainya.

Takut Salah Tekan Tombol

www.pexels.com

Perasaan takut salah pasti ada saat kita mau menghadapi sesuatu yang baru. Begitu juga saat pertama kali ingin menggunakan komputer, takut salah tekan tombol saat menggunkannya maupun saat mengaktifkannya.

Apalagi yang agak gaptek atau baru pertama kali liat komputer dari dekat, pasti untuk menekan tombol powernya saja bisa-bisa sampai berkeringat.

Begitupun dengan saya, waktu pertama kali ada komputer dirumah, saya Cuma berani melihat saja. Karena kakak melarang saya untuk menyentuh komputernya. Ya mungkin karena waktu itu saya juga belum tahu fungsinya digunakan untuk apa dan bagaimana cara menggunakannya.

beberapa hari melihat kakak menggunakan komputer, saya pun minta izin kepada kakak untuk mencobanya. Ya rasa takut salah tekan tombol itu pun terjadi dengan saya.

Setelah agak terbiasa dengan tampilan komputer, perasaan takut salah tekan pun akhirnya hilang. Dan saya pun menjadi terbiasa sampai sekarang. Ya ternyata menggunakan komputer tidak terlalu sulit dan akan sangat mudah jika sudah terbiasa.

Tidak Tau Cara Mematikannya

thinking man

Setelah mencoba dan menggunakan komputer untuk pertama kalinya, saya waktu itu tidak tahu cara mematikannya. Pastinya dengan cara yang benar ya, bukan dengan cara yang salah. Kalau hanya mencabut aliran listriknya saja, itu adalah cara yang salah.

Bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat komputer, dan bisa jadi tidak bisa digunakan nantinya. Pada saat itu saya lebih baik meminta tolong kepada kakak saya untuk mematikannya. Sekaligus saya juga memperhatikan kakak saya, agar tahu cara mematikannya.

Ya setelah memperhatikan kakak saya dalam hal mematikan komputer, ya akhirnya saya juga mencoba sendiri mematikan setelah selesai menggunakannya lagi. Ternyata itu bukanlah hal yang sulit, jika kita tahu caranya.

Asalkan kita tahu caranya dan keberanian untuk mencoba sendiri. Apapun bisa kita lakukan. hehe

Mendengarkan Musik

www.pexels.com

Inilah hal pertama yang lakukan waktu itu. Karena beberapa kali saya melihat kakak saya menggunakan aplikasi untuk mendengarkan musik, yaitu aplikasi winamp.

Bukan hanya musik, aplikasi winamp juga bisa menampilkan sebuah video.

Aplikasi ini pernah populer dulu, tapi akhir-akhir ini sepertinya aplikasi tersebut agak jarang digunakan dan mulai ditinggalkan.

Menurut informasi yang saya baca di internet, bahwa pada tanggal 20 november 2013, pembuat aplikasi tersebut mengumumkan bahwa winamp akan ditutup dan aplikasi tersebut akan tidak lagi tersedia untuk diunduh.

Hmm.. Mungkin karena banyaknya aplikasi serupa yang lebih bagus kali ya. Jadinya aplikasi ini jarang yang memakainya dan ditinggalkan.

Ya memang dalam hal apapun pasti ada persaingan. Berbagai macam aplikasi ingin memberikan yang terbaik, dari segi tampilan, fungsi, kenyamanan, ataupun kemudahan.

Main Game

www.pexels.com

Setelah mulai terbiasa dengan komputer, sudah mulai berani klik ini dan klik itu. Pastinya hal yang dicari-cari dikomputer tersebut adalah mencari aplikasi game yang terinstal. Hehe karena kakak juga kadang-kadang main game dikomputer, maka saya pun ingin juga bermain game dikomputer.

Ada beberapa game yang saya mainkan waktu itu, seperti Zuma, Tetris, Finding Fish dan lain-lain. Karena sudah tahu dikomputer ada aplikasi game, kemungkinan besar saat mengaktifkan komputer lagi, pasti yang pertama kali dicari adalah game. Hehe.

Ya berhubung saya juga masih kecil waktu itu, melihat sesuatu yang menyenangkan pasti akan membuat saya mengulanginya lagi. Tapi sampai sekarangpun main game juga masih suka sih. Hehe.

Hanya saja lebih diatur lagi waktunya, tidak hanya dihabiskan waktunya hanya untuk main game saja. Akan tetapi jangan lupa juga dengan kewajiban kita, seperti sholat bagi yang muslim, atau saat sedang kerja, ya utamakanlah pekerjaannya, dari pada hanya main game saja.

 

Belajar Ngetik di Ms. Word

www.pexels.com

Belajar ngetik kata-kata menggunakan aplikasi Microsoft word adalah salah satu hal, yang saya lakukan saat pertama kali menggunakan komputer. Dengan melihat buku bacaan, lalu saya mencoba ketik ulang di aplikasi tersebut.

Sambil melatih mengetik, dan juga melatih jari-jari agar terbiasa dengan keyboard. Nah untuk kalian yang ingin bisa mengetik kata-kata dengan cepat menggunakan komputer. Bisa dengan cara ini, sambil melihat buku atau majalah, lalu mulai mengetiknya.

Tapi terlebih dahulu harus tahu posisi huruf itu di tempatkan. Karena huruf yang tertera di keyboard tidak berurutan dari A sampai Z. Maka dari itu kita harus hafal posisi dari masing-masing huruf tersebut.

Lama kelamaan juga pasti akan terbiasa dengan salah satu perangkat komputer ini. Sehingga bisa mengetik kata dengan cepat, bahkan tanpa melihat ke arah keyboard sekalipun.

 

Menggambar dengan Paint

www.pexels.com

Setelah beberapa hari saya menggunakan komputer, dan belajar dari dasar sekali. Dari tahap menyalakan, belajar menggetik menggunakan aplikasi microsoft word, mendengarkan musik, dan mematikan komputer. Akhirnya saya juga dikenalkan dengan aplikasi Microsoft Paint.

Microsoft paint ini adalah aplikasi untuk menggambar dan juga bisa untuk mewarnai.

Pemandangan dua gunung dan matahari di tengahnya adalah gambar pertama, yang saya lakukan menggunakan komputer. Ya karena saya juga masih kecil waktu itu, jadi itulah yang saya gambar. Hehe

Saya pikir aplikasi untuk menggambar tersebut, hanya bisa menghasilkan gambar yang biasa saja, ternyata hanya dengan aplikasi itu saja seseorang bisa membuat gambar yang menurut saya menakjubkan.

Ya jujur saya juga terkesima dengan karya tersebut.

Kamu tau lukisan lukisan “Monalisa” Karya Leonardo Davinci?? Pasti tau lah ya.. terkenal banget ko. Nah seseorang yang pernah saya lihat videonya di youtube, menggambar ulang dengan aplikasi Microsoft paint. Dan hasilnya sangat-sangat mengesankan.

Ya saya pun tidak akan percaya jika tidak melihat videonya langsung. Tapi hal itu memang benar. Ternyata ada orang dengan kemampuan menggambarnya dan hanya menggunakan aplikasi tersebut, tapi karya yang dihasilkan sangat bagus.

Nah tulisan di atas ini adalah segelintir pengalaman saya saat pertama kalinya mengenal dan menggunakan komputer. Hehe karena saya tidak biasa dengan barang elektronik seperti perangkat komputer ini, jadi muncul rasa takut untuk menggunakannya pun ada. Tapi hal itu telah hilang, karena sekarang saya sudah terbiasa dengan komputer.

Oke sekian dulu ya dari saya.. terima kasih bagi kamu yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca. Bye..

 

 

 

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: