√ Desain Taman Minimalis Yang Sangat Waauuu!!!

Taman minimalis – Memiliki taman yang hijau dan asri adalah impian setiap pemilik rumah. Selain menimbulkan keindahan di sekitar rumah, bisa juga mendatangkan udara segar, melihat dedaunan hijau yang juga baik untuk mata yang setiap hari selalu memandang monitor komputer.

Sekarang tak perlu berkecil hati dan alasan lagi jika luas halaman mu terbatas. Dengan sedikit imajinasi dan kreativitas siapa pun bisa memiliki taman yang di impikan. Desain taman-taman minimalis berikut ini bisa kamu jadikan inspirasi dan sekaligus bukti kalo rumah kecil juga bisa memiliki taman minimalis yang nyaman!

Untuk itu, yuk lihat inspirasi taman-taman berikut sebagai salah satu area yang bisa memberikan pemandangan indah di rumah kamu, dan juga bisa menjadi area yang dimanfaatkan untuk bersantai dengan keluarga.

Desain Taman Minimalis di Lahan yang Terbatas

1. Menonjolkan area hijau

buatlagi.com
dekoruma.com

Area hijau di lahan yang terbatas sebaiknya diberi pembatas supaya tidak menghalangi jalan setapak (umum). Namun area hijau ini juga tetap harus tampak menonjol, agar berfungsi sebagai penghias rumah. Bisa dengan menempatkan atau menyusun pot-pot beton yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah, sperti pada gambar ini.

Dengan begitu, bisa membuat halaman rumah yang sangat terbatas lebih terasa hidup dan lebih menarik tentunya. Perlu diingat bahwa miniatur taman memerlukan perawatan khusus!

2. Tempat berteduh

buatlagi.com
halimtaman.com

Selain tempat area hijau kita juga harus sediakan tempat untuk bersantai bersama keluarga, menikmati kuliner, seperti minuman khas, makanan khas atau makanan laiinnya.

Dalam gambar ini pergola kayu berfungsi sebagai tempat untuk bersantai, sembari menikmati suara keindahan taman. Sekaligus menjadi elemen yang bisa mempercantik taman itu sendiri.

3. Tanaman rambat

buatlagi.com
dekorumah.com

Tanaman jenis ini (rambat) tidak membutuhkan lahan yang luas untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, tanaman ini tidak memerlukan penanganan khusus dalam perawatan-nya.

4. Furnitur yang serasi

buatlagi.com
dekorumah.com

Agar taman kecil kita semakin enak dipandang, berikanlah beberapa furnitur di sekelilingnya. Pilihlah beberapa furnitur yang akan memaksimalkan fungsi taman sesuai dengan keinginan mu.

5. Barisan tanaman

buatlagi.com
buatlagi.com

Salah satu cara memanfaatkan lahan yang panjang namun sempit. Salah satunya adalah tanam satu jenis tanaman dengan jarak yang berdekatan untuk menghadirkan nuansa hijau di halaman samping rumah.

6. Tanaman bunga di dekat dinding

buatlagi.com
dekoruma.com

Dinding mu terlihat kaku dan sempit?, Bisa disamarkan dengan menanam sekelompok tanaman bunga dan semak di sepanjang dinding agar tak terlihat kaku.

Saat kamu mendesain, lakukanlah dengan sepenuh hati sehingga kamu menghasilkan desain terbaik, yang dapat membuat orang berkata ‘wow’ saat mereka melihat hasil desainmu.

7. Kombinasi sejumlah bahan

buatlagi.com
dekorumah.com

Dalam gambar di atas kita dapat melihat ada perpaduan beberapa elemen, diantaranya yaitu tanaman, batu dan kayu. Putuskan dimana kamu akan elemen-elemen ini ditempatkan. Apa bila kamu bisa menata tersebut, maka taman kecil nan-mempesona bisa menjadi milik anda.

8. Taman minimalis vertikal

buatlagi.com
buatlagi.com

Tanaman vertikal adalah bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan. Bisa juga dengan menempatkan beberapa pot bunga di dinding belakang rumah, jika anda tak ada waktu untuk membuat media tanam sendiri.

9. Memperluas area taman

buatlagi.com
buatlagi.com

Anda memiliki teras atau halaman yang jarang digunakan? Manfaatkan area ini untuk memperluas lahan taman kecil anda. Caranya mudah kok!, bisa dengan membongkar lantai dan menanami beberapa bunga. Atau menutup lantai dengan batu-batu kecil, lalu menghiasinya dengan tanaman dalam pot bunga.

10. Tata lampu taman minimalis

buatlagi.com
buatlagi.com

Jangan pernah kamu meremehkan efek cahaya lampu taman di malam hari ya. Dengan pengaturan yang seksama, taman belakang anda akan lebih memikat dan menimbulkan suasana yang lebih romantis tentunya.

11. Tetapkan titik pusat taman minimalis

buatlagi.com
buatlagi.com

Dengan menentukan titik pusat taman, kita bisa memutuskan elemen alin yang tepat untuk ditambahkan. Titik pusat bisa berupa objek atau yang sekiranya bisa membuat kita nyaman ketika berada di tempat tersebut. Nah, jika dalam gambar diatas ini titik pusat taman adalah pohon besar yang berada di bagian tengah.

12. Memanfaatkan kayu 

buatlagi.com
buatlagi.com

Kayu selalu yang disusun akan selalu berhasil membuat taman jadi lebih menarik. Sekelompok elemen kayu yang ditata berkelompok bisa membuat wajah taman lebih natural.

13. Merah di tengah hijau

buatlagi.com
ndikhome.com

Halaman rumah akan lebih menarik dan terlihat hidup apabila ada tanaman dengan sentuhan warna-warni sekelompok bunga. Dalam gambar ini tanaman berwarna merah ada dibagian tengah dan tepi tanaman.

14. Bermain kombinasi

buatlagi.com
dekorumah.com

Lahan sempit akan lebih menarik apabila ditata dengan komposisi yang yang seimbang. Seperti gambar diatas, sebidang tanah yang terlihat sempit dibagi menjadi tiga bagian, dan bagian kanan kiri ditanami rumput. Sisa lahan digunakan untuk menata batu-batuan sesuai warna dan ukurannya.

15. Taman minimalis di sudut halaman

buatlagi.com
www.rumah.com

Bagian sudut adalah bagian paling mudah untuk direkayasa. Perhatikan baik-baik bagian sudut halaman sebelum memutuskan apa yang akan anda letakkan dibagian sudut tersebut. Menata tanaman dengan beberapa lajur yang berbeda akan membuat sudut halaman lebih menyenangkan untuk dipandang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: