7+ Tempat Wisata di Cianjur yang Menarik dan Memiliki Keindahan Alam

Beberapa Wisata Di Cianjur yang Menarik dan Memiliki Keindahan Alam

Tempat Wisata Di Cianjur –¬†Assalamu’alaikum. Kembali lagi bersama saya Admin yang berasal dari kota tauco. hehe. Mungkin sebagian kamu udah ada yang tau dong sebutan yang saya tulis tadi “Kota Tauco”.

Yaps, kota Cianjur. Saya lahir disana dan dalam kesempatan ini saya terpikir untuk menulis beberapa tempat wisata di Cianjur yang sangat sangat rekomended banget buat kamu kunjungi.

Perlu kalian ketahui Cianjur adalah kota yang banyak dikelilingi sawah, perbukitan, pohon-pohon yang masih rindang dan daerah lain yang belum terekploitasi.

Kalian pasti tau Puncak? Cibodas? Gunung Gede? Nah itulah salah satu contohnya. Nanti akan saya jabarkan dibawah ini secara detail tantang tempat wisata di Cianjur ini.

Tidak hanya di wiliyah pedesaan saja akan tetapi tempat wisata di Cianjur kota juga saya akan bahas. Misalnya seperti kolam tenang yang rekomended dan tempat bermain lain.

Berikut Ini Ada Beberapa Tempat Wisata yang terdapat Di Daerah Cianjur

1. Danau Jangari

Tempat yang sering dijadikan refresing seperti mancing ikan, makan ikan bakar, naik perahu (Bargas), dan rekreasi lainnya saya rekomendasikan untuk datang ke Jangari.

Terletak di sebuah Desa Bobojong Kecamatan Mande. Jika dari kota Cianjur berjarak 18 KM. Lokasi ini terkenal dengan Bendungan (Waduk) yang banyak dijadikan budidaya ikan sampai tempat makan di atas danau.

Cocok sekali bagi kamu yang senang dalam rekreasi mancing khususnya atau suka makan ikan Nila, danau Jangari sangat menjadi tempat pilihan utama di Kota Cianjur.

Oiya untuk masalah tiket masuk kamu tinggal membayar 5000 rupiah jika memakai mobil.

2. Kota Bunga Cipanas

Sebuah lokasi pariwisata yang sangat cocok bagi anda dan keluarga tercinta. Terletak di sebuah kawasan Villa Kota Bunga, lebih tepatnya di Pundak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Tamn Bunga Cipanas Cianjur menjadi salah satu info wisata yang menarik banyak orang. Pengunjung akan dimanjakan dengan taman berbagai bunga yang indah dan bervariatif.

Sangat cocok bagi kamu untuk berlibur ke tempat ini. Taman Bunga Cipanas menjadi salah satu tempat wisata di Cianjur yang setiap tahunnya banyak dikunjungi dari berbagai daerah terutama dari Jakarta, Bekasi, Bandung dan lain-lain.

3. The Jhon’s Cianjur

Sebuah tempat pariwisata yang jaraknya cukup dekat dari pusat kota. Bahkan bisa saya bilang tempat ini tergabung ke daerah kota Cianjur. Untuk fasilitas dan keuinikan yang dimiliki tempat wisata ini adalah berupa kolam renang beserta permainan untuk anak-anak, taman wisata, penakaran hewan, danau, out bond dan lain-lain.

Pokonya buat kamu yang tidak ingin terlalu jauh-jauh pergi berwisata dari pusat kota Cianjur, sebaiknya bisa berkunjung ke tempat ini.

2. Gunung Padang

Hampir setiap harinya sekarang lokasi Gunung Padang di Cianjur banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari lokal maupun luar daerah Cianjur.

Terletak dikawasan Desa Karyamukti, Cempaka, Cianjur. Memiliki peninggalan bersejarah berupa candi kuno dengan batu megalitikum yang unik. Untuk bisa melihat pemandangan alam yang indah disana, kamu harus mendaki dengan berjalan menggunakan tangga yang sangat panjang.

Lumayan, bisa kamu anggap olahraga fisik supaya tidak rematik, hehe. OIya disana juga kamu dapat menemukan sebuah batu yang bisa mengeluarkan suara yang bernada yaitu DOREMIPASOLASI.

5. Gunung Gede

Nah sekarang buat kamu yang hobi, demen banget sama hiking. Bisa berkunjung ke tempat ini yaitu Gunung Gede Pangrango.

Sebuah lokasi yang sering dijadikan tempat memanjat gunung dikawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Memberikan sebuah keindahan alam yang menakjubkan. Apalagi jka sudah masuh di agi hari saat matahari terbit.

Momen itu bisa kamu jadikan untuk berfoto dan mengambil gambar keindahan alam yang bagus dengan sensional dari sinar matahari.

Ketinggian yang dimiliki gunung Gede ini mencapai 1000 sampai 3000 mdpl.

6. Air Terjun Cibeureum

Wisata yang berada di Cianjur selanjutnya adalah Air Terjun Curug Cibeureum, merupakan salah satu wisata alam yang berada di sebuah gunung, yaitu di bawah kaki Gunung Gede Pangrongo.

Dan Air terjun ini masih masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Curug Cibereum ini adalah salah satu objek dengan wisata alam favorit dari pengunjung wisata Cibodas.

Nah, Jika kalian akan mendaki gunung pangrango yang melalui jalur Cibodas, pasti akan melalui jalur yang mengarah pada curug ini.

Bagian yang menarik pada curug cibeureum ini selain keindahan air terjunnya. Selama perjalanan air terjun itupun dilengkapi dengan pemandangan-pemandangan alam yang indah disekelilingnya.

Tidak jarang para pengunjung disaat perjalanan tersebut, kadang menemukan berbagai jenis binatang seperti kera maupun seekor burung.

Namun bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Ketika akan menuju air terjun tersebutpun, kita bisa bisa menjumpai sebuah sebuah telaga biru dan rawa penyangcangan. Yang bisa dinikmati keindahannya selama perjalanan.

Ada juga jembatan yang cukup panjang terbuat dari batu buatan yang mana sering dijadikan sebagai tempat untuk berfoto ria oleh para pengunjung.

7. Taman Bunga Nusantara

Tempat wisata manarik lainnya yang berada di daerah Cianjur adalah Taman Bunga Nusantara. Salah satu wisata yang cukup dengan kota jakarta ini, cukup banyak dikunjungi pada hari libur sekolah atau pada akhir pekan.

Sesuai dengan namanya, di tempat ini para pengunjung bisa menikmati keindahan taman yang berisi dengan bunga-bunga indah yang cukup luas.

Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Gunung Gede, menjadikan udaranya disekitar taman ini menjadi segar. Dan suasana seperti ini sangat cocok sekali untuk refresing atau hanya untuk melepas penat sehabis melakukan pekerjaan selama seminggu.

Sedikit sejarah dari Taman Bunga Nusantara ini, yaitu didirikan atas prakarsa oleh ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992.

Beliau yang saat itu merupakan ketua dari Yayasan Bunga Nusantara, dan menjadikan taman ini sebagai area agrowisata. Namun, secara resminya taman ini didirikan oleh Bapak Presiden Soeharto tahun 1995.

Meskipun taman ini lebih diketahui oleh pengunjung sebagai Taman Bungan Nusantara Bogor, taman bunga Cipanas, taman bunga puncak.

Akan tetapi sebenernya secara tataletak taman ini berada di wilayah kabupaten Cianjur. Dan Lebih tepatnya berada di jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur.

Di Taman Bungan Nusantara ini, banyak yang bisa dijumpai, dan tempat-tempat menarik lainnya. Seperti Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Labirin, Taman Bali, Taman Palem, Taman Jepang, Rumah Kaca, Menara Pandang, dan Wahana Alam Imajinasi.

8. Curug Citambur

Tempat indah yang berlokasi di Cianjur lainnya adalah Curug Citambur. Curug ini selain mempunyai keindahan alam yang mempesona, juga mempunyai keunikan.

Yang menjadikan unik pada curug ini ialah debit airnya yang sangat deras, sehingga memunculkan uap air yang nampak layaknya sebuah kabut tipis.

Curug yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini. Mempunyai pemandangan alam hijau yang bisa menarik para pengunjung. Waktu yang tepat jika ingin berkunjung ke lokasi ini, ialah ketika musim penghujan. Karena dengan debit air yang cukup deras akan menambah keindahan dari curug tersebut.

Keunikan lainnya yang bisa di temukan pada curug ini adalah panorama alam yang indah dan juga hijau.

Karena banyaknya pepohonan dan rerumputan yang tumbuh di sekitarnya, membuat area sekitar curug tersebut seperti dilapisi oleh sebuah karpet.

Namun, berbeda dengan curug lainnya yang berada di daerah Jawa Barat ini. Curug citambur tidak bisa digunakan untuk mandi atau sekedar bermain air di bawah air terjunnya.

Hal itu disebabkan lokasi air terjun yang dikelilingi oleh tebing yang curam serta cukup berbahaya. Akan tetapi, pengunjung tetap bisa merasakan bagaimana dinginnya air terjun tersebut. Dengan cara turun ke bawah melawati bagian persawahan.

9. Pantai Jayanti

Tempat wisata yang terakhir adalah Pantai Jayanti. Pantai ini bisa dikatakan merupakan tempat wisata di cianjur terindah yang bisa dikunjungi.

Bagi sebagian wisatawan luar kota, mungkin pantai ini agak terdengar asing dengan namanya. Karena memang saat ini belum terlalu terkenal seperti pantai-pantai lainnya yang sudah lebih dulu dikenal banyak orang dalam maupun luar kota.

Pantai ini yang berlokasi tidak terlalu dari kota Jakarta, dijamin tidak akan mengecewakan. Karena keindahan yang dimiliki oleh pantai ini, bisa menghilangkan stress dan juga kepenatan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Nah, mungkin itulah beberapa info wisata menarik yang berada di wilayah cianjur ini. Bagi kalian yang ingin menggunakan waktu luangnya untuk berlibur. Tempat wisata di cianjur ini, sangat mungkin untuk menjadi salah satu tujuan yang bisa dikunjungi.

Leave a Comment

%d bloggers like this: