Ternyata Buah Ini Banyak Manfaatnya.

www.pexels.com

Halo.. bertemu lagi dengan saya.. ya sekarang saya akan membahas tentang buah-buah yang dulu waktu saya kecil, saya memakannya dengan teman-teman.. dan setelah sekarang saya tahu.. buah-buahan yang saya makan itu ternyata mempunyai manfaat yang banyak sekali..

Karena dulu lingkungan rumah masih banyak pepohonan.. dan buah-buah itu pun sangat mudah di dapat… nahh.. saya akan memberikan informasi.. buah apa saja dan juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita..

Pastinya kamu ingin sehatkan.. sehat itu nikmat yang wajib kita syukuri loh teman-teman.. alangkah baiknya kalau kita menjaga kesehatan juga, sebagai wujud syukur dan terima kasih kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Oke.. mari kita bahas buah apa saja kah itu… :

vebma.com

Buah Rambutan

Pasti kalian tidak asing ya dengan buah ini… Hehe ya bagi yang rumahnya bukan di daerah perkotaan, pasti mudah menemukan buah dan pohon ini. Buah yang bentuknya agak bulat dan mempunyai rambut-rambut di sekujur tubuhnya, ternyata mempunyai banyak manfaat.

Buah rambutan sebenarnya tidak semua memiliki warna merah, ada buah rambutan yang memiliki perpaduan warna merah dengan kuning. Terlepas dari warna yang dimiliki buah rambutan, buah tropis ini termasuk buah musiman. Buah rambutan memiliki perpaduan rasa antara rasa manis, rasa asam, dan rasa kecut.

Dan diantara manfaatnya, buah rambutan memiliki kandungan karbohidrat sehingga dapat menjadi buah pemberi sumber energi. Dan juga memiliki kandungan protein sehingga dapat mengganti kerusakan sel yang rusak dan sel mati menajdi sel-sel yang baru.

Tidak hanya itu saja, buah rambutan juga memiliki vitamin A sehingga dapat menyehatkan mata, dan juga vitamin C yang akan memberikan antioksidan bagi tubuh.

Wow… tidak menyangkakan, ternyata buah rambutan banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, dan masih banyak lagi manfaat yang terdapat pada buah rambutan.

 

khasiat.co.id

Buah Kecapi

Ada yang masih ingat dengan buah ini…??? Ingat pasti yaa… hehe. ya nama buah ini adalah buah kecapi tapi bukan termasuk salah satu alat musik ya.. hehe.. buah ini dulu sangat mudah ditemukan. tapi sepertinya sekarang agak mulai langka ya.. ada yang tahu kenapa?? Mungkin pohonya kali ya yang sudah mulai jarang.

Buah ini memiliki kulit tebal dan bewarna cokelat, bentuknya mirip buah duku namun ukurannya sedikit lebih besar. Daging buahnya menyerupai buah Manggis yang tersusun dari beberapa bagian dengan warna putih yang bisa dinikmati langsung, atau diolah menjadi manisan lebih dulu. Buah Kecapi masak umumnya manis dengan sedikit asam.

Buah kecapi ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. karena mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, menyehatkan jantung dan otak. Dan juga menyembuhkan berbagai problem kesehatan antara lain menurunkan kolesterol tinggi dan menghambat perkembangan sel kanker.

Gimana nih manfaat buah kecapinya banyak juga kan, pasti kaget ya haha.. kalau tahu dari dulu mungkin bakal sering-sering juga makanan buah ini ya.. hehe

 

manfaatonline.com

Buah Manggis

Nah.. Selanjutnya adalah buah maggis, buah ini sangat mudah ya dijumpai. Ya sekitar rumah saya juga masih banyak pohonnya, dan di tempat penjual buah juga masih banyak terlihat. Tapi buah ini musiman ya, artinya tidak setiap saat selalu ada.

Buah manggis itu mempunyai bentuk bulat seperti tomat, kulit yang tebal dengan permukaan keras mengkilat sedangkan bagian dalamnya lunak. Warna kulit buah manggis itu hijau tapi kalau sudah matang akan berubah menjadi ungu kehitaman. Daging buahnya tersusun dalam bentuk beberapa bagian seperti buah jeruk, warnanya putih susu. Rasa buah manggis manis asam menyegarkan.

Manfaat buah manggis itu banyak ya, sampai saat ini membuat manggis mendapatkan julukan ratu buah. Sebab khasiatnya yang dimilikinya tak diragukan lagi. Hasil penelitian yang dilakukan, mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya mempunyai 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat bermanfaat di dunia.

Tidak hanya itu manggis juga memiliki kandungan polikasanida, cathechins, dan polyphenols yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Perlu diketahui Xanthones adalah salah satu komponen aktif yang utama dari buah manggis.

Ternyata Manfaatnya bagus juga ya buat kesehatan kita.. Hmm ini saja sudah bagus banget loh.. Ya pokoknya ada lebih banyak lagi deh manfaatnya.. Hehehe..

 

Khasiat.co.id

Buah Kersen

Hmmm.. Buah kersen..?? mungkin bagi sebagian orang kurang mengenal dengan nama buah ini, ya termasuk saya hehe.. Karena saya lebih mengenal buah ini dengan sebutan buah ceri. Yap.. buah dan pohon kersen sangat mudah juga dijumpai, tapi buah ini diabaikan oleh sebagian orang. Mungkin mereka yang mengabaikan itu belum tahu manfaatnya kali ya.

Buah kersen ini bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi daunnya pun juga bermanfaat. hanya saja daunnya tidak bisa dimakan langsung seperti buahnya ya, mungkin bisa dengan di rebus terlebih dahulu untuk daunnya. Pohon kersen sendiri dapat tumbuh di mana saja, sehingga disebut tanaman atau pohon liar. Namun meskipun liar, di dalam buahnya tersimpan manfaat yang luar biasa.

Buah ini bentuknya kecil berwarna hijau, dan akan berubah warna menjadi merah jika sudah matang. Untuk manfaatnya sendiri, buah ini tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi bisa juga untuk kecantikan.. Nah untuk yang pengen cantik dan tampan secara alami, bisa nih makan buah ini. hehe…

oke jadi ini ya manfaatnya dari buah kersen itu, untuk meningkatkan kesehatan mata, karena tingginya kandungan vitamin A dan betakaroten. Bisa juga nih untuk mengurangi penyakit asam urat.

Dan ternyata bisa juga loh untuk menurunkan berat badan, dan untuk mencegah serta menghilangkan jerawat, kalau dikomsumsi secara rutin ya. Nah selain buahnya, daun kersen juga bersifat antiseptik yang mampu membunuh mikroba yang berbahaya bagi tubuh loh.. Dan masih banyak lagi.

waduuhh.. kecil-kecil ternyata banyak manfaatnya ya..

 

arthosuchak.com

Buah Kedondong

apakah kamu penggemar rujak, manisan, atau asinan??? Pasti kenal banget ya sama buah ini hehe.. yaa buah ini seringkali digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat makanan tersebut, rasanya yang asam, manis dan segar ini memang sangat pas ya. Hehe..

tapi bukan itu ya yang saya mau bahas disini. hehe.. Buah kedondong ini berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi warna kuning jika sudah matang. kalau untuk dirujak sih ya enakan yang masih muda ya.

Ternyata buah ini juga mempunyai manfaat juga loh untuk kesehatan tubuh kita, selain karena banyak memiliki kandungan nutrisi. Bisa untuk sumber energi, penurunan demam, memperlancar pencernaan, sebagai imun tubuh dan penyakit jantung.

tapi perhatikan juga ya, mengkonsumsinya jangan terlalu banyak juga untuk kamu yang memiliki gejala penyakit typus. Nah.. ternyata gitu deh manfaatnya.. Hehe..

Leave a Comment

%d bloggers like this: